Siapa sih yang tidak suka liburan? Apalagi kalau liburannya sama keluarga keluar kota. Pasti seru dan menyenangkan bukan? Namun bukan hanya persiapan liburannya saja, persiapan meninggalkan Rumah saat liburan juga harus di matangkan.

Tidak inginkan di tengah liburan tiba-tiba kamu mendapat kabar  bahwa terjadi sesuatu yang tak diinginkan di rumahmu, seperti kebakaran atau perampokan. Otomatis kamu akan menyesali dan menyalahkan keputusanmu untuk pergi berlibur. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut sebaiknya matangkan persiapan meninggalkan Rumah saat liburan. Berikut tips untuk mematangkan persiapan meninggalkan Rumah saat liburan yang bisa dilakukan agar kamu tenang saat pergi berlibur bersama keluarga keluar kota.

  1. Buat Check List

persiapan meninggalkan rumah sebelum liburan

Buat Check List

Check list dapat membantu kamu untuk mengingat apa saja yang harus kamu lakukan untuk persiapan meninggalkan Rumah saat liburan. Dengan check list kamu bisa memastikan hal-hal kecil yang harus kamu lakukan sebelum meninggalkan rumah tidak terlewatkan. Selain itu check list juga bisa membatumu memastikan tidak ada hal yang berubah saat kamu kembali dari liburan.

  1. Periksa Gas, Air, dan Listrik Rumah | Persiapan Meninggalkan Rumah Saat Liburan Paling Penting

cek gas, air dan api sebelum meninggalkan rumah

Langkah selanjutnya yaitu lepas kepala regulator dari tabung gas agar tidak terjadi kebocoran gas saat kamu berlibur. Matikan seluruh aliran listrik yang tidak digunakan. Pastikan tidak ada kabel yang terhubung dengan stop kontak. Selain itu pastikan kabel peralatan elektronik dalam keadaan baik. Kamu juga harus mematikan pompa air atau jaringan PAM dan pastikan pipa air dalam keadaan baik agar tidak terjadi kebocoran saat kamu pergi.

  1. Simpan Barang Berharga

Persiapan meninggalkan Rumah saat liburan selanjutnya, simpan barang berharga di tempat yang kamu anggap paling aman di rumah atau bisa juga dititipkan di bank, pegadaian, atau rumah saudara yang kamu percayai. Jangan simpan barang berharga anda di lemari pakaian.

  1. Nyalakan lampu di Beberapa Bagian Rumah agar Tidak Terkesan Kosong

Pasang lampu otomatis di teras rumah

Buatlah rumah seakan-akan tidak ditinggalkan. Kamu bisa memasang lampu otomatis yang dapat menyala saat malam hari dan mati saat pagi hari. Kamu juga bisa menaruh beberapa alas kaki di depan pintu masuk agar rumah terkesan berpenghuni. Jika perlu atur agar televis menyala di jam-jam tertentu.

  1. Rumah dalam Keadaan Bersih

Pastikan rumah dalam keadaan bersi dan rapi. Usahakan tidak ada baju kotor yang menumpuk, sisa makanan di kulkas, tempat sampah yang penuh, dan rumah yang tidak rapi. Jangan sampai saat anda kembali dari berlibur ada bau tidak enak dari barang-barang kotor yang kamu tinggalkan. Pastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi agak saat kamu kembali kamu tidak terlalu kerepotan.

  1. Titipkan Rumah pada Orang yang Kamu Percayai

Sebelum pergi berlibur usahakan beritahu orang yang anda percayai untuk sesekali memeriksa keadaan rumah kamu, kamu bisa meminta bantuan tetangga atau saudara. Jangan lupa juga untuk memberitahukan kepergian kamu kepada Kertua RT atau satuan keamanan di lingkungan tempat tinggal kamu. Beritahu waktu kepergian dan kepulangan kamu agar mereka bisa mengetahui keadaan rumahmu.

  1. Kunci Pintu dan Jendela

Kunci pintu dan jendela

Pastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan benar. Jangan sampai ada celah terbuka yang bisa digunakan oleh pencuri untuk masuk. Jika perlu kamu bisa memasang kunci ganda seperti gembok besar atau kunci putar. Bawa kunci asli dan berikan kunci cadangan kepada saudara atau tetangga yang kamu percayai. Jika perlu kamu bisa memasang kamera CCTV atau alarm.

  1. Titipkan Hewan Peiharaan Kamu

Jika kamu memiliki hewan peliharaan dan tidak memungkinkan untuk membawanya maka kamu harus menitipkannya. Kamu bisa meminta bantuan tetangga yang bersedia menjaga hewan peliharaan kamu atau menitipkannya ke tempat penitipan hewan. Hal tersebut harus kamu lakukan agar hewan peliharaanmu tetap sehat dan terawat saat kamu pergi berlibur.

  1. Stop Berlangganan Koran

Saat kamu pergi berlibur usahakan untuk menghentikan pengiriman koran ke rumah. Tumpukan koran yang setiap hari datang saat kamu pergi berlibur akan menegaskan bahwa rumah dalam keadaan kosong. Beritahu ke agen koran untuk tidak mengirim koran saat kamu sedang berlibur.

Nah itu dia 9 tips persiapan meninggalkan rumah saat liburan. Tips – tips diatas memang tidak menjamin 100% rumah akan tetap aman saat kamu pergi tapi setidaknya tips – tips tersebut bisa mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan sampai liburan kamu terbebani dengan mengkhawatirkan keadaan rumah yang kosong, karena liburan merupakan waktu yang seharusnya kamu nikmati dengan bebas. Segera konsultasikan liburan seru kamu bersama Labiru Tour, dan rasakan liburan yang mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba dan selamat berlibur.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda