Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara dikenal memiliki keindahan bahari yang sangat cantik. Gugusan pulau di Kepulauan wakatobi mempunyai keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah pulau Hoga.

Labiru punya ulasannya nih cuma untuk kamu. Yuk simak yaaa…

 

Deskripsi Pulau Hoga

Pulau Hoga adalah salah satu pulau cantik yang menjadi bagian dari wilayah Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara atau biasa dikenal dengan sebutan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi.

Pulau Hoga Sumber Ketenangan dari Kepulauan Wakatobi

Pulau ini memiliki luas sekitar 1.390.000 hektar. Yang merupakan gabungan dengan beberapa pulau lainnya. Pulau ini berlokasi persis di sebelah timur Pulau Kaledupa.

Selain Pulau Kaledupa, di sekitar pulau ini juga ada beberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Tomia, Pulau Wangi-Wangi, Pulau Binongko dan juga Pulau Kapota.

 

Rute ke Pulau Hoga

Kalau kamu ingin kesini, kamu bisa memulainya dari kota Kendari atau kota Bau-Bau terlebih dahulu, kemudian baru menyeberang menuju Pulau Hoga.

Kamu juga bisa menyewa boat dari dermaga di daerah Wanci, Kabupaten Wakatobi dengan biaya sewa sekitar Rp 150.000,00 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam lamanya.

 

Salah Satu Destinasi Favorit di SulTeng

Pulau ini adalah salah satu destinasi favorit para turis yang berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi. Di pulau ini kamu bakal merasakan suasana pulau yang tenang, jauh dari keramaian kota.  Dengan perpaduan jejeran pohon kelapa dan pasir putihnya yang lembut menyelimuti pantainya.

 

Pulau ini sangat pas dinikmati untuk kamu yang ingin menjauh dari kejenuhan kota. Sambil ditemani hembusan lembut angin laut dan deburan ombak yang tak terlalu besar.

Karena suasananya yang super tenang itu, tak sedikit para turis yang menghabiskan waktunya untuk sekedar bersantai ria bersama keluarga ataupun dengan teman seperjalanan seusai melakukan aktivitas diving.

 

Spot Untuk Pencinta Diving

Kalau kamu pencinta diving dan kegiatan bawah laut lainnya, di pulau ini terdapat 29 titik penyelaman yang tersebar disekitarnya. Antara lain Pinnacle, Karang Kaledupa di Pulau Kaledupa dengan khas table coral (karang berbentuk meja) dengan ukuran mencapai 2-3 meter dan Karang Mari Mabuk di Pulau Tomia.

snorkeling

Bahkan bila tidak ingin melakukan kegiatan diving ataupun snorkeling, kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut di Pulau Hoga tanpa harus menyelam lebih jauh ke dalam.

Pulau ini memiliki 750 spesies koral dari sekitar 850  yang ada di dunia, keren kaaan ?

 

Keunikan Pulau Hoga

Selain terumbu karang dengan segala bentuk keunikannya, kamu juga bisa menjumpai aneka jenis ikan bahkan kuda laut dengan ukuran sangat kecil. Setidaknya di pulau ini terdapat sekitar 83 jenis ikan warna-warni yang bakal kamu temui di pulau ini.

Keunikan Pulau Hoga

Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi Pulau Hoga adalah pada bulan April hingga Juni atau pada bulan Oktober sampai Desember setiap tahunnya. Kalau kamu beruntung datang pada saat yang tepat, kamu bisa melihat atraksi penyu bertelur di tepi pantainya.

 

Fasilitas di Pulau

Kalau kamu berencana untuk menginap di Pulau ini jangan khawatir. Karena disini terdapat banyak jenis penginapan ataupun homestay yang sangat nyaman. Dan tentunya bisa menyesuaikan budgetmu.

homestay pulau hoga

Biaya penginapan di Pulau Hoga berkisar mulai dari harga Rp 150.000,00 per malamnya. Hampir semua jenis penginapannya terbuat dari bahan dasar kayu. Ini semakin menambah suasana rumah khas kawasan pantai.

Di samping itu, Pulau Hoga juga terkenal dengan kecantikan kombinasi warna jingganya ketika senja datang, sungguh menggoda untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelamnya.

.

Bagaimana, apakah kamu siap untuk segera mengepal barang dan pergi ke pulau Hoga ?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda