Pulau Nusa Pombo – Pesona Indonesia Timur seakan tak ada habisnya. Tak hanya Raja Ampat, masih banyak destinasi keren lain di kawasan timur Indonesia. Mulai dari menikmati keindahan alam Pulau Komodo, berwisata sejarah di Banda Neira, hingga menyelami surga bawah laut tercantik di dunia, Kepulauan Raja Ampat. Selain itu masih banyak destinasi wisata yang belum terekspos di Indonesia Timur. Salah satu Pulau Tersembunyi itu adalah Pulau Nusa Pombo, Maluku. 

Pulau yang tak jauh dari kota Ambon ini sangat indah dan eksotis, karena masih belum banyak terjamah oleh manusia. Pulau ini tak kalah indahnya dengan destinasi lain, seperti Raja Ampat. Penasaran seperti apa sih keindahan Pulau Nusa Pombo ? Ini ulasannya dari Labiru.

Pulau Nusa Pombo, Pulau Cantik tak Berpenghuni

Meskipun letaknya tak jauh dari Pulau Ambon, ternyata Pulau ini adalah pulau yang tak berpenghuni. Jadi, kalau akan datang ke pulau ini, kamu harus menyiapkan sendiri perbekalan dan peralatan, seperti peralatan snorkeling. 

Pulau Nusa Pombo, Pulau Cantik tak Berpenghuni

Karena pulau ini tak berpenghuni, kamu harus menginap di sekitaran kota Ambon.

Akses Ke Pulau Nusa Pombo

Untuk menuju ke ke Pulau Nusa Pombo, kamu bisa memulai perjalanan dari Kota Ambon, dan menuju ke kawasan Tulehu dengan kendaraan bermotor yang memakan waktu tempuh sekitar satu jam. 

Dari Tulehu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat, selama sekitar satu jam. Harga sewa boatnya sendiri seharga Rp 300.000-Rp 500.000. Kamu bisa sharing cost dengan wisatawan lain sehingga bisa menekan biaya. Kalau mau lebih murah, kamu bisa menyewa kapal nelayan seharga Rp 100.000.

Pulau Nusa Pombo, Habitat Asli Burung Merpati

Pulau Nusa Pombo, Habitat Asli Burung Merpati

Nama Pombo berasal dari bahasa Prancis yang berarti merpati. Jadi, Nusa Pombo berarti Pulau Merpati. Pulau ini menjadi habitat asli dari ribuan burung merpati. Burung yang banyak diidentikkan dengan cinta ini hidup bebas di pulau ini. Jangan heran ketika kamu kesini, kamu akan menyaksikan ribuna burung merpati menyambutmu. 

Sebagaimana burung lainnya, burung merpati di pulau ini gemar biji-bijian. 

Pulau Yang Cocok Untuk Bersantai

Pulau Yang Cocok Untuk Bersantai

Pulau ini memiliki memiliki ombak yang tenang, begitu juga suasana sekitar pantainya. Ketenangan inilah yang banyak dicari wisatawan ketika berlibur ke pulau Nusa Pombo. Mereka kebanyakan kesini untuk bersantai, seperti tiduran di atas kasur udara dan terhanyut oleh ombak. Dengan cara ini, kamu bisa merasakan kedamaian di Pulau ini. 

Surga Bawah Laut di Dekat Ambon

Cara lain menikmati Pulau ini adalah dengan menyelami bawah lautnya. Kondisi terumbu karang di Pulau ini masih sangat alami, karena sangat jarang terjamah tangan manusia. Itulah mengapa pulau ini menjadi destinasi yang asyik untuk snorkeling. 

Surga Bawah Laut nusa pombo

Jangan lupa untuk membawa peralatan snorkeling, seperti goggle, kaki katak, dan swimsuite. Jangan lupa pula untuk membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahan bawah laut. Jangan sekali-kali untuk memberi makan ikan disini, karena serpihan makanan yang kamu bawa bisa merusak terumbu karang yang ada di pulau ini. 

.

Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ?. 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda