Di Bali banyak sekali Pura, karena memang mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu. Bahkan pura-pura tersebut banyak yang dijadikan sebagai objek wisata, karena memang memiliki bentuk arsitektur yang unik dan menarik untuk dilihat, di mana Anda mungkin akan kesulitan menemukannya di daerah lain, kecuali di Yogyakarta. Salah satu pura yang disebut orang-orang sebagai pura tercantik di Bali adalah pura Taman Ayun, pura ini juga merupakan objek wisata yang dibuka untuk umum. Di Pura Taman Ayun ini Anda bisa menemukan pepohonan yang rindang dan kolam air mini. Mari baca info selengkapnya.

Pura tercantik di Bali

Nista Mandala – Bagian luar

Pura ini  sendiri berlokasi di daerah desa Mengwi, Kabupaten Badung, berjarak 19 km sebelah utara dari kota Denpasar ibukota Bali. Jika Anda ingin menuju ke Pura Taman Ayun ini, Anda harus melewati Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, alternatif jalan lain adalah melalui jalur Abiansemal. Di mana hanya menghabiskan waktu perjalanan sekitar 30 menit saja.

Sejarah Taman Ayun

Berdasarkan sejarahnya, Pura Taman Ayun ini dibangun raja Mengwi, yang bernama I Gusti Agung Ngurah Made Agung di tahun 1634, dan Pura ini  digunakan oleh kalangan dari keluarga kerajaan Mengwi itu sendiri. Di abad – 17, untuk Anda ketahui bahwa kerajaan Mengwi ini merupakan salah satu dari 8 kerajaan yang ada di Bali, termasuk di antaranya adalah Karangasem, Klungkung, Gianyar, Buleleng, Bangil, Tabanan, Badung, dan Jembrana. Seiring perkembangan waktu, akhirnya kerajaan Mangwi berhasil ditaklukkan kerajaan Badung. Dan ketika itu taman ini pura ini pun jatuh ke tangan kerajaan Badung. Taman ini kala itu sering dimanfaatkan untuk tempat tajen atau menyabung ayam, dan pertunjukan kebudayaan dan seni.

Bagian Pura Taman Ayun

Meru Tumpang Solas

Jika Anda menemukan sungai yang mengelilingi Pura Taman Ayun ini, Anda jangan salah, sungai tersebut bukanlah sungai alami melainkan sungai buatan yang benar-benar indah. Dan juga taman ini dilengkapi beragam jenis tanaman langka dari Bali. Penataan pura dan kolam yang ada di sekitarnya juga tertata begitu rapi, sehingga lingkungannya pun tak terasa tidak teratur, dan benar-benar asri, Anda akan betah berlama-lama dengan suasana di taman ini. Yang menjadi kabar gembira lainnya bagi Anda yaitu, tiket masuk ke Pura Taman Ayun ini benar-benar terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp. 3.000,00 saja Anda sudah menikmati fasilitas dan keindahan dari Pura Taman Ayun.

Bagian Pura Taman Ayun

Pura  ini terbagi ke dalam tiga bagian yakni:

  1. Nista Mandala – Bagian luar
  2. Madya Mandala – Bagian dalam
  3. Utama Mandala – Bagian inti

Terakhir yang membedakan Pura Taman Ayun dengan pura lainnya di Bali adalah terdapat meru tumpang solas, yakni meru dengan atap bertumpuk ke atas sebanyak 11.

 

Sekian artikel tentang pura taman Ayun, pura tercantik di Bali, semoga berkenan. Ingin Liburan ke Bali dan menikmati Indahnya pemandangan Pura yang memiliki bentuk arsitektur yang unik dan menarik ? Segera Hubungi Labiru Tour. Call CS kami di 0823-1405-7888.

Artikel Lain

0    133
Belum Jadi Anak Gaul Bali Kalo Kamu Belum...

Cafe di Bali cukup banyak, dan benar-benar cocok...

0    368
Habiskan Akhir Pekan Romantis Bersama...

Liburan romantis di Karimunjawa bersama pasangan...

0    586
Saatnya Quality Time Bersama Keluarga....

Selain memiliki alam yang cantik, lokasinya yang...

Tinggalkan Komentar Anda