Bali yang di anugerahi bentang alam yang mempersona mempunyai satu tempat yang populer di kalangan turis, yaitu Pura Tanah Lot. Tak hanya turis lokal, Pura ini juga populer di kalangan turis mancanegara. Banyak turis yang memasukkan puri Tanah Lot sebagai daftar kunjungan wajib ketika mereka berkunjung ke tempat ini. Selain tempatnya yang unik, di Pura ini kamu juga menikmati sunset yang indah saat sore hari. Seindah apa sih Pura Tanah Lot Bali ini sehingga menjadi primadona di kalangan turis ? Berikut ulasan tentang Pura Tanah Lot Bali.

Lokasi pura Tanah Lot Bali

Lokasi Pura Tanah Lot Bali

Lokasi Pura Tanah Lot Bali, berada di nomer 1.

Lokasi dari pura Tanah Lot ini yaitu di desa Beraban daerah Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Terdapat 2 pura yang letaknya tepat di pantai tanah Lot. Pura ini benar-benar unik, sebab letaknya tepat berada di atas dari bongkahan batu karang dan langsung menjorok ke arah laut. Anda dapat melihat laut di kejauhan dari puncak pura Tanah Lot ini. Bagi yang gemar narsis maka tempat ini juga merupakan tempat yang tepat.

Sejarah pura Tanah Lot Bali

Objek wisata yang satu ini juga memiliki sejarah sendiri. Berdasarkan legenda, Pura Tanah Lot dibangun seorang brahmana yang tengah mengembara dari pulau Jawa. Brahmana tersebut tak lain adalah Danghyang Nirartha, dan karena itu sudah berhasil memperkuat kepercayaan dari penduduk Bali atas ajaran Hindu serta membangun Sad Kahyangan itu di abad – 16.

Panorma Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot yang berada di tengah laut

Cerita masih berlanjut. Ketika itu, terdapat seorang penguasa tanah Lot yang benci atau lebih tepatnya iri atas keberhasilan Danghyang Nirartha dan kemudian mengusirnya. Memang brahmana tersebut akhirnya menyetujui, namun sebelum pergi meninggalkan tanah Lot, Danghyang Nirartha menunjukkan kekuatannya terlebih dahulu, yaitu dengan memindahkan bongkahan batu menuju tengah pantai kemudian membangun pura di tempat itu. Juga, beliau mengubah selendang miliknya menjadi ular untuk menjaga pura. Di akhirnya disebutkan jika penguasa tanah Lot tersebut yang sebelumnya sempat mengusir Danghyang Nirartha akhirnya juga ikut menjadi pengikut brahmana tersebut. Dan cerita tersebut berakhir.

Hari Raya Tanah Lot Bali

Peringatan hari raya di Pura Tanah Lot

Peringatan hari raya di Pura Tanah Lot

Terdapat peringatan hari raya di Pura ini, yang diperingati per 210 hari satu kali, yang sama dengan pura lain di Bali. Hari raya ini disebut dengan Odalan, dan jatuhnya sangat dekat bersamaan dengan perayaan Kuningan dan Galungan. Ketika hari raya itu, Anda akan bisa melihat banyaknya orang yang sembahyang di sini.

Selain sakral pura ini juga mempunyai daya tarik pemandangan alam yang disajikannya. Apalagi saat sore hari siluet pura yang berada di tengah laut berpadu dengan sunset yang indah. Begitu indah dan menenangkan bukan. Yuk segera rencanakan liburan ke Bali kamu dengan Tour Advisor berpengalaman, Labiru Tour. Dan nikmati liburan seru di bali dengan suasana yang sakral dan menenangkan di Pura ini. Hubungi tim Labiru Tour di 0813-2689-4433, selamat berlibur.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda