Ranca Upas merupakan kawasan wisata yang sekaligus menjadi salah satu kawasan hutan lindung yang berada di daerah Bandung.

Kawasan ini menjadi salah satu tempat yang digunakan sebagai konservasi dari berbagai macam tanaman langka. Jadi di sini kamu bisa menemukan banyak tanaman langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan hingga Kitambang.

Kamu juga bisa menemukan beberapa hewan yang dilindungi seperti burung dan juga rusa.

Ranca Upas berdiri di lahan yang memiliki luas hingga 215 hektar, dengan luas lahan tempat ini menyajikan keindahan alam yang mempesona luar biasa.

Dengan udara yang dingin bisa mencapai 17 derajat celcius, bahkan jika di malam hari bisa mencapai 0 derajat celcius, akan memberikan pengalaman luar biasa liburanmu kali ini.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, banyak fasilitas sampai oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di sini. Nah, ini dia ulasan lengkap kawasan wisata Ranca Upas kali ini.

Menikmati Fasilitas Lengkap dan Beragam yang Melengkapi Liburan dan Menguatkan Kebersamaan

Kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini memiliki banyak fasilitas mendukung, yang pastinya akan semakin memanjakanmu sebagai pengunjung.

Selain keaslian dan keasrian hutan lindung di dalamnya, ada beberapa fasilitas yang siap memanjakanmu saat menginjakkan kakimu di kawasan wisata hutan lindung ini.

Mulai dari fasilitas yang menjadi andalannya yaitu area Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure

Area berkemah yang disediakan oleh pengelola Kampung Cai Ranca Upas ini bisa kamu jadikan tempat untuk berkemah.

Area ini sangat luas, bisa menampung hingga 10.00 ribu orang. Jadi kamu akan dengan mudah berkemah di sini sambil menikmati pemandangan hutan lindung di sekitarnya.

Bisa juga memberi makan rusa langsung dari dekat tapi tidak mengganggu habitat

Memberi makan rusa Ranca Upas

Memberi makan rusa

Fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi kawasan ini adalah penangkaran rusa. Seperti yang sudah diketahui, bahwa kawasan ini menjadi salah satu habitat dari rusa yang dilindungi.

Jadi saat kamu di sini, kamu bisa melihat langsung dari dekat rusa-rusa yang dilindungi ini, apalagi di sini rusa dibiarkan untuk hidup dan berkembang biak di alam yang bebas, sesuai dengan habitas aslinya.

Kamu juga bisa langsung memberi makan kepada rusa-rusa itu sambil membelainya langsung dan merasakan bulu-bulunya yang cukup halus.

Ada juga pemandian air panas yang menjadi primadona

pemandian air panas ranca upas

pemandian air panas 

Suasana sejuk dan dingin, bahkan cuaca yang kadang ekstrim di sini membuat fasilitas pemandian air panas juga menjadi salah satu primadona.

Kamu bisa berendam dan juga mandi di kolam air panas ini, bersantai menikmati hangatnya air sambil disuguhi pemandangan alam sekitar yang luar biasa mempesona. Sepertinya akan menjadikan liburanmu semakin sempurna.

Tidak berhenti di situ saja, di Ranca Upas ini kamu juga bisa melakukan Fun Adventure

Di sini kamu akan diajak berlibur sambil melakukan outbond, kegiatan yang manantang dan menarik sekaligus.

Permainan seperti Flying Fox, Elvis Bridge, Burma V, Jembatan goyang, paintball hingga sepeda gunung dapat kamu lakukan di sini.

Saat kamu ke sini bersama keluarga besar atau rombongan, kamu juga bisa menikmati fasilitas Fun Games yang akan membuat liburan bersamamu semakin menarik dan seru.

Di area Fun Games ini kamu bisa mencoba wahana permainan perahu-perahuan yang memiliki bentuk seperti kayak. Perahu ini bisa membawamu ke area kolam dengan pemandanga eksotis Ranca Upas.

Kawasan wisata dengan tiket murah, akses ke lokasi mudah

Untuk bisa menikmati semua fasilitas itu, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah, sangat murah bukan?

Sementara untuk parkir kendaraan yang di kenai biaya terpisahpun juga masih wajar harga parkir pada umumnya. 5 ribu untuk kendaraan roda empat dan 2 ribu untuk kendaraan roda dua. Khusus untuk kamu yang datang bersama rombongan menggunakan bus, dikenakan biaya 20 ribu rupiah.

Akses jalan menuju kawasan wisata hutan Lindung Ranca Upas yang berada di Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat ini cukup mudah.

Berjarak 50 kilometer dari pusat kota Bandung, kamu akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

Bahkan sudah ada kendaraan umum yang menuju ke daerah wisata ini, tapi memang kamu harus ke terminal Bus Leuwipanjang dulu.

Tips berlibur ke Ranca Upas

Sebagai penutup, kamu yang sudah ingin segera berlibur ke sini sepertinya perlu memperhatikan beberapa hal.

Sebelum memulai liburan, siapkan perlengkapan seperti jaket atau sweater ketika kamu berlibur ke Ranca Upas, apalagi kamu yang ingin menginap aatu berkemah di sini. Kamu sudah tau bagaimana cuaca dan suhu di sini kan?

Jika kamu ingin menginap bersama teman-teman, pastikan sewa tenda sesuai budget, jangan sampai kekurangan uang, karena ATM jauh dari sini. Kamu juga perlu membawa penerangan dan sleeping bag.

Dan yang terakhir, saat kamu ingin pergi ke Ranca Upas, berangkatlah di pagi hari, jangan berangkat sore, hari karena kamu akan melewati area hutan Ciwedey yang sangat gelap dan minim penerangan jalan.

 

Semoga ulasan dan tips di atas bisa membantu dan membuat liburmu menyenangkan dan tetap aman ya. Selamat berlibur. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan ke destinasi di Bandung bersama Tim Labiru Tour dan rasakan Liburan Seru bareng Labiru. Hubungi segera tim Tour Advisor kami dengan menghubungi WA / Telp di 0823-1405-7888.

 

Artikel Lain

0    74
Explore Tiga Nusa di Bali, Inilah 7 Destinasi...

Explore Tiga Nusa di Bali, Inilah 7 Destinasi...

0    782
Buktikan Kamu Berani, Pacu Adrenali Kamu...

Kegiatan arung jeram semakin mendapat tempat di...

0    197
Pantai Kuta Bali, Pantai dengan Pemandangan...

Jika sedang berkunjung ke Bali untuk kunjungan...

Tinggalkan Komentar Anda