Pulau Bali boleh jadi destinasi wisata terpopuler di Indonesia saat ini. Namun daerah lain juga tidak mau kalah dengan pulau dewata dalam mengembangkan sektor pariwisatanya. Seperti Wisata di Lombok yang getol mengembangkan sektor pariwisatanya.

Terletak disebelah timur Pulau Bali, Pulau Lombok menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan pulau dewata. Kalau selama ini wisatawan lebih mengenal pulau Bali sebagai pulau yang indah, saatnya anda mengenal Pulau Lombok yang tak kalah eksotis.

Berikut objek wisata di Lombok yang harus kalian kunjungi bila singgah di Pulau Lombok versi Labiru

1. Taman Nasional Gunung Rinjani | Landmark Wisata di Lombok

Hasil gambar untuk taman nasional gunung rinjani lombok

Puncak gunung Rinjani. Photo by balikpapantoday[dot]net

Ini lah Landmark Wisata di Lombok. Gunung Rinjani adalah Lombok, Lombok adalah gunung Rinjani. Ungkapan tersebut menggambarkan betapa Pulau Lombok dan gunung Rinjani tidak dapat dipisahkan. Gunung Rinjani sudah terkenal keindahannya di seantero dunia.

Untuk mendaki landmark Pulau Lombok ini, wisatawan bisa melalui dua jalur pendakian yaitu lewat pintu pendakian Senaru di Lombok Utara, dan pintu pendakian Sembalun Lawang Lombok Timur. Wisatawan harus mempersiapkan fisik dan mental yang prima untuk mendaki gunung tertinggi di kepulauan Nusa Tenggara ini, karena waktu pendakian yang bisa memakan waktu minimal 3 hari.

2. Wisata Tiga Gili ( Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan)

Wisata di Lombok Terfavorit

Wisata 3 Gili

Untuk pecinta pantai dengan segala keeksotisannya, pulau Lombok memiliki tiga gili atau pulau yang keindahannya sudah terkenal di nusantara. Apalagi kalau bukan Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiga gili tersebut memiliki keunikannya masing-masing.

Untuk kalian yang hobi diving dan olahraga underwater, datanglah ke Gili Trawangan. Keindahan bawah air Gili ini akan membuat siapa saja yang datang lupa waktu karena keindahannya yang melenakan. Kentalnya kehidupan pantai dengan pesta dan alunan musiknya membuat Gili Trawangan sebagai tujuan utama anak muda ketika datang ke Pulau lombok.

Kalau Gili Trawangan adalah tempat yang ramai, wisatawan yang merindukan suasana pantai yang tenang bisa datang ke Gili Meno karena pulau ini relatif sunyi dari kehidupan manusia. Dan untuk wisatawan yang datang bersama keluarga, Gili Air adalah tempat yang cocok untuk berwisata bersama keluarga.

3. Wisata Budaya Desa Sasak Sade | Wisata Budaya di Lombok

Wisata Budaya di Lombok

Desa Sade, Lombok

Pulau Lombok juga menawarkan wisata budaya untuk wisatawan yang ingin mempelajari kultur asli Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok. Untuk lebih mengenal budaya masyarakat, wisatawan bisa datang ke Desa Sade. Dusun Sade terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Disini wisatawan bisa mempelajari budaya sehari-hari masyarakat adat Sasak. Keunikan Dusun Sade yang paling terkenal adalah cara masyarakat setempat membersihkan rumah mereka menggunakan kotoran kerbau…… tidak percaya ? Datanglah dan buktikan sendiri.

4. Taman Narmada

Hasil gambar untuk taman narmada

Taman Narmada. Photo by ensiklopediaindonesia[dot]com

Pulau Lombok adalah pulau yang kaya akan sejarah. Hal ini bisa dibuktikan di Taman Narmada. Taman Narmada adalah tempat pemandian raja yang sekaligus juga berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat penganut agama Hindu di Pulau Lombok.

Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Dibangun pada masa Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem memerintah kerajaan Mataram Lombok. Taman akan ini ramai dipadati wisatawan lokal dan mancanegara di akhir pekan.

5. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Kalau Pulau Bali punya Kuta, Pulau Lombok punya Pantai Senggigi sebagai pantai paling terkenal di Pulau Lombok. Pantai ini wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbenam karena letaknya di pesisir barat Pulau Lombok.

Air laut yang jernih, ombak yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini favorit wisatawan untuk melakukan snorkelling. Garis pantainya yang luas dan panjang membuat wisatawan bisa bersantai melakukan aktivitas, terutama di sore hari.

 

Naah kamu jadi tidak sabar segera terbang ke Lombok yaa ? Jangan lupa kunjung 5 rekomendai wisata Lombok di atas.  Yuk rencanakan liburanmu hanya bersama Labiru Tour, Karena Merencanakan Liburan Tak Pernah Semudah Ini.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda