Semarang sebagai ibukota dari Provinsi Jawa Tengah, memiliki banyak obyek menarik yang layak dikunjungi. Simpang Lima Semarang salah satunya.  Tidak kurang dari jutaan orang Setiap tiap tahunnya mengunjungi kota ini. Bagi pencinta wisata alam, sejarah, dan belanja, rupanya Semarang merupakan lokasi idola untuk mengisi waktu-waktu liburan. Khusus untuk wisata Belanja, pusat dari kegiatan menyenangkan satu ini adalah pusat perbelanjaan yang terletak di sekitar lokasi wisata populer semarang ini.

Sejarah Simpang Lima Semarang

Lapangan Simpang Lima SemarangSejarah Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang sendiri adalah sebuah area terbuka yang dijadikan sebagai pusat rekreasi dan sarana bersosialisasi oleh masyarakat Kota Semarang. Nama resminya sendiri ialah Lapangan Pancasila. Pada tahun 1960-an lapangan ini diresmikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Presiden Soekarno sebagai lokasi pusat kota. Simpang Lima sendiri merupakan titik temu dari lima buah jalan besar (protokol) di Kota Semarang.  Yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Gajahmada.

Simpang Lima Semarang dari Udara

Di seputar lapangan hijau ini berdiri puluhan bangunan tinggi yang mayoritas adalah hotel dan mall/plaza. Di sinilah letak menariknya wisata ini, dengan berjalan kaki, pengunjung dapat mengunjungi pusat perbelanjaan satu dengan yang lain. Selain itu pemandangan alun-alun kota yang cantik dan hijau menjadi nilai plus tersendiri. Beberapa pusat perbelanjaan yang terdapat di Simpang Lima ini adalah Plaza Simpang Lima, Plaza Ciputra, Ace Hardware, dan E-Plaza.

Lokasi Wisata ini dapat dikatakan merupakan pusat perekonomian utama Kota Semarang. Selain perhotelan dan lokasi belanja, di Simpang Lima ini pulalah bergantungnya kehidupan puluhan penjual oleh-oleh khas Semarang dan penjaja makanan khas Semarang. Sehingga dapat dikatakan jika mau wisata kuliner, kunjungilah destinasi ini. Banyak pilihan gaya menikmati kuliner khas Semarang. Dapat menikmati di dalam mall, di foodcourt, maupun di warung pinggir jalan ditemani pemandangan lalu-lalang kendaraan yang sibuk.

 

Aktivitas di Simpang Lima Semarang

Landmark kota satu ini sangat ramai dikunjungi pada akhir minggu, sejak pagi hingga malam hari. Di hari Minggu pagi dapat Anda saksikan para warga Semarang melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga, berjalan-jalan, banyak pula muda-mudi yang bercengkerama di lapangan ini. Alur jalan menuju Simpang Lima ditutup, sehingga wilayah ini menjadi wilayah car free, sehingga warga kota lebih leluasa menikmati kegiatan hari Minggu dengan lebih berkualias. Menjelang malam, terkadang terdapat acara-acara musik yang menambah kemeriahan kota pelabuhan ini, banyak pula komunitas-komunitas unik yang sering mengadakan acara di tempat ini.

Aktivitas di Simpang Lima Semarang

Waktu terbaik mengunjungi wisata ini ialah ketika pergantian tahun dimana banyak sekali acara yang diselenggarakan oleh pemerintah kota, acara biasanya berupa panggung musik dan kembang api. Segera ambil koper Anda dari tempat persembunyian, lihat kalender Anda, rencanakan liburan tak terlupakan di Simpang Lima Semarang.

Jangan Lupa pesan paket wisata Keliling Kota Semarang bersama Labiru, reservasi dan info paket wisatanya di 082314057888.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda