Spot Sunrise di YogyakartaBisa menyaksikan keindahan sunrise atau matahari terbit merupakan kesempatan yang tidak datang tanpa perjuangan. Kamu perlu perjalanan dan perjuangan bangun lebih awal, benar bukan?

Tapi saat ini berburu sunrise menjadi kegiatan yang sering dilakukan para traveler, salah satunya di Yogyakarta. Ada banyak spot untuk menikmati keindahan sapaan mentari di pagi hari dari kota yang istimewa ini. kamu harus coba mengunjungi beberapa titik sunrise di daerah Jogja dan sekitarnya ini.

Berikut beberapa Spot Sunrise di Yogyakarta yang harus kamu coba datangi untuk menikmati sunrise nan cantik dan ciamik.

 

Puncak Suroloyo | Spot Sunrise di Yogyakarta di Bukit Menoreh

Puncak Suroloyo merupakan spot terbaik untuk melihat sunrise, atau matahari terbit di kawasan Yogyakarta. Destinasi ini merupakan destinasi paling terkenal jika kamu mencari spot terbaik untuk melihat matahari terbit.

Terletak di Kulonprogo, tepatnya di titik tertinggi deretan pegunungan Menoreh. Untuk bisa menikmati semburat jingga matahari pagi di sini kamu harus menaiki 268 anak tangga terlebih dulu. Di Puncak Suroloyo ini, kamu tidak hanya bisa mendapatkan view yang menakjubkan dari semburat jingga yang menyapa, tapi kamu juga bisa melihat pemandangan yang mempesona.

Karena puncak Suroloyo berada di titik tertinggi, kamu bisa menyaksikan dengan jelas bagaimana dua gunung kembar, Merapi dan Merbabu tertidur dengan berselimut kabut. Kamu juga bisa melihat puncak Borobudur yang masih tenggelam  dalam kabut dan awan dari titik kamu berdiri di destinasi ini.

 

Kebun Buah Mangunan | Spot Sunrise di Yogyakarta Favorit

Spot Sunrise di Yogyakarta yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini berada di Bantul. Kamu hanya butuh satu jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Kebun Buah Mangunan ini memiliki pemandangan sunrise yang sangat indah. Kamu tidak akan sia-sia merelakan matamu terjamah dan segera menuju ke sana.

Spot Sunrise di Yogyakarta

Biasanya untuk bisa masuk ke dalam kawasan kebun buah ini, kamu akan dikenakan biaya 5.000 rupiah sebagai tarif masuk. Tapi tidak jarang, kamu bisa masuk tanpa harus membayar tiket. Jika kamu datang pagi sekali untuk menunggu sapaan mentari, karena pos penjaga masih sepi.

Dari atas bukit Kebun Buah Mangunan ini, kamu dapat menikmati keindahan deretan pepohonan yang membentang hijau, begitu luas dan menawan. Saat cuaca bagus, dan kabut tidak menutupi keindahan yang alam suguhkan, kamu bisa mengabadikan dengan kamera, simpan sebagai kenangan yang tidak akan kamu lupakan.

 

Pundong Imogiri

Satu lagi Spot Sunrise di Yogyakarta yang cukup terkenal dengan keindahan sunrisenya, yaitu Pundong Imogiri. Terletak di Kecamatan Imogiri Bantul, kawasan ini memiliki keistimewaan dengan panorama sunrisenya.

Spot Sunrise di Yogyakarta

Di sini kamu bisa merasakan udara khas pedesaan, yang masih begitu bersih dan alami. Saat menunggu sunrise di sini, kamu akan dengan senang hati menikmati. Setelah matahari menyapa pagimu dengan berseri, kamu akan disuguhi hamparan sawah hijau dengan latar belakang Gunung Merapi yang menawan.

Pemandangan yang begitu menyenangkan ini menjadikan kawasan Pundong Imogiri sebagai salah satu tempat berburu sunrise yang banyak diminati di Yogyakarta.

 

Pantai Sundak

Sudah pernah mendengar nama pantai ini, di antara banyaknya pantai terkenal lainnya di sepanjang pesisir pantai Gunung Kidul? Pantai Sundak memang tergolong pantai yang kecil, dan tidak banyak orang berkunjung ke sini. Tapi siapa sangka, ternyata alasan tersebut menyembunyikan keindahan panorama terbaik dari matahari terbit?

Spot Sunrise di Yogyakarta

Pantai yang terletak di desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul ini merupakan gugusan pantai yang diapit dua batu raksasa.

Keberadaan dua batu raksasa ini menambah keindahan pemandangan yang bisa kamu dapatkan saat mentari mulai menyapa. Tidak heran pantai ini merupakan Spot Sunrise di Yogyakarta terbaik untuk melihat sunrise di pantai Jogja.

 

Puncak Punthuk Setumbu

Spot yang satu ini menawarkan keindahan guratan cahaya keemasan yang membelah dua gunung, yaitu pegunungan Menoreh di sebelah selatan, dan Gunung kembar Merapi dan Merbabu di bagian utara.

Spot Sunrise di Yogyakarta

Untuk mendaki ke puncak ini, kamu bisa melewati hotel Manohara. Jika kamu melakukan perjalanan untuk pertama kali, kamu bisa menyewa ojek atau jasa guide penduduk setempat agar tidak tersesat.

Dengan begitu kamu juga tidak akan ketinggalan momen indah sunrise yang jarang bisa kamu temui. Oh iya, Karena kawasan ini sudah dikelola oleh penduduk setempat, untuk bisa masuk ke dalam kawasan Nirwana Sunrise ini, kamu perlu mengeluarkan uang sekitar 15.000-20.000 rupiah.

.

Jadi, mau ke Spot Sunrise di Yogyakarta mana kamu untuk menyapa pagi harimu kali ini?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda