Street Food di Asia – Berkunjung ke suatu tempat tanpa mencicipi kuliner itu seperti bungkus nasi goreng tanpa karet, ambyar. Beberapa kota di Asia ini punya kawasan street food yang menarik untuk dikunjungi. Lalu mana saja sih kota surga street food di Asia ?

Berikut rekomendasi Street Food di Asia dari Labiru spesial untukmu para pemburu kuliner kaki lima

 

Tokyo, Street Food di Asia dari Jepang

Cobalah mampir ke Yanaka Ginza Shotengai, di sini terkenal dengan kuliner kaki lima  Menchi Katsu yaitu aneka katsu daging yang di goreng.

Tokyo, Street Food di Asia dari Jepang

Kemudian ada Togoshi Ginza Shotengai ini terkenal dengan Okonomi Taiyaki, kalau biasanya Taiyaki berisikan isian yang manis di sini berbeda. Kamu akan menemukan Taiyaki dengan isian Okonomiyaki yang gurih nan segar. Lalu ada juga kawasan Harajuku yang berisi jajanan para hipster seperti Croquant Chou, Cheese Stick, Gindaco Takoyaki dan lainnya.

Nakamise Dory yang terkenal dengan Agemanju yaitu semacam gorengan dengan isian kacang merah lembut. Lalu juga ada Ameya Yokocho yang terkenal dengan stik buahnya dan toko aneka macam teh.

 

Hongkong, Street Food di Asia

Hong Kong, selain terkenal dengan disneyland yang sudah menjadi ikon tempat ini, juga terkenal dengan banyaknya aneka kuliner kaki lima, bahkan banyak yang sudah menyabet gelar Michelin dan masuk ke dalam Michelin Star Guide. Di pusat kota sendiri, tempat yang terkenal dengan kuliner kaki lima-nya ada di kawasan Shau Kei Wan Main Street East, Kowloon City, Tsim Sha Tsui hingga Mong Kok.

Hongkong, Street Food di Asia

Untuk kuliner kaki lima, coba cantonese egg waffle yaitu wafel yang berbentuk atas beberapa bulatan, beberapa waktu yang lalu sempat tren di Indonesia

 

Kuala Lumpur, Street Food di Asia Citarasa Melayu

Sebetulnya banyak sekali tempat untuk berburu kuliner di ibukota Malaysia ini, namun yang paling mudah dijangkau yaitu di Jalan Alor rule berada di Bukit Bintang, hanya 5-10 menit perjalanan menggunakan MRT dari pusat kota alias KL Sentral.

Kuala Lumpur, Street Food di Asia Citarasa Melayu

Letak Jalan Alor pun tidak jauh dari Stasiun MRT Bukit Bintang. Di Jalan Alor, tersedia banyak sekali penjual makanan, mulai Dari kuliner kaki lima  hingga restoran mahal semua ada.

Gambaran suasana Jalan Alor adalah sebuah gang yang semi tertutup, kemudian dijadikan tempat berjualan para penjaja makanan. Mulai dari buah buahan seperti durian, lalu aneka snack yang nagih berupa kulit ayam dan durian goreng, hingga aneka makanan berat dan khas Dari berbagai negara tersedia di sini. Jalan kaki 5 menit dari Jalan Alor, Ada Nasi Ayam Hainan Chee Meng yang cukup melegenda.

 

Bangkok Street Food

Kalau ke Bangkok, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner kaki lima-nya. Hampir segala makanan baik itu makanan ringan seperti gorengan ataupun ketan mangga, makanan berat seperti nasi dengan berbagai lauk ataupun Pad Thai yang merupakan makanan khas Thailand, selain itu juga ada aneka buah potong segar, kios minuman yang menjual Thai tea ataupun kopi, semua lengkap tersedia.

Bangkok

Untuk tempatnya sendiri, hampir di seluruh Bangkok banyak para penjual yang menjajakan jualannya di pinggir jalan. Namun ada beberapa tempat yang cukup terkenal untuk memburu hidangan pinggir jalan ini, diantaranya berada di Yaowarat Road yang biasa dikenal Chinatown atau pun istilah Indonesianya ‘Pecinan’, lalu ada Silom Road, dan juga di Sukhumvit Soi thirty eight.

 

Mumbai 

India tidak hanya terkenal dengan Taj Mahal saja, namun juga kuliner kaki lima-nya. Di Mumbai, salah satunya, terkenal dengan aneka ragam jajanan, mulai makanan ringan, makanan berat, hingga minuman. Muhammad Ali Road merupakan surga bagi para pemburu kuliner kaki lima. Di sini ada Nilli Nihari yang merupakan daging kambing ataupun domba yang diungkep dengan rempah dalam waktu lama lama disajikan dengan kuah kari kaya rasa.

Mumbai 

Malpuas, yang merupakan semacam pancake yang digoreng, lalu dicelupkan ke dalam gula cair. ada juga Phirni rule merupakan makanan pencuci mulut terbuat dari beras, susu, krim, gula dan saffron, kemudian disajikan di mangkuk tanah liat.

 

.

Dari 5 Street Food di Asia yang di rekomendasikan tadi, mana nih kota pilihan pertamamu ? Selamat berburu !

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda