Mengejar keindahan matahari yang baru saja muncul dari tempat tidur dapat memberi kesan yang mendalam bagi para penikmatnya. Fenomena matahari terbit menandai hari yang baru dengan suasana dan kisah cerita yang baru. Perpaduan warna matahari yang oranye dan kuning kontras dengan latar belakang suasana langit yang cenderung masih gelap, hal inilah yang membuat sunrise sangat menarik sehingga banyak dari para penggemar wisata memburunya. Beberapa lokasi di Indonesia menawarkan pengalaman menikmati matahari terbit yang tidak terlupakan, banyak dari antaranya adalah pegunungan, namun ternyata matahari terbit juga dapat disaksikan di dataran yang rendah seperti pantai, lokasi peninggalan sejarah, maupun pasar. Berikut lokasi menikmati sunrise terbaik menurut Labiru Tour, kami rangkumkan yang terbaik dari yang terbaik.

Gunung Bromo, Jawa Timur

Menikmati matahari terbit di Gunung Bromo sudah seharusnya ada di list teratas daftar liburan Anda. Membutuhkan perjalanan agak panjang untuk menggapai spot untuk melihat hal ini. Jam 3 pagi adalah waktu yang tepat untuk berada di pangkalan mobil Jeep di kaki gunung, mereka siap mengantar Anda ke bukit pananjakan. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit, lalu tepat jam 4 pagi Anda akan menyaksikan sang matahari perlahan-lahan muncul dari kegelapan. Di sinilah momen terbaiknya, Anda akan diliputi rasa syukur yang teramat dalam. Bawalah baju hangat tebal karena suhuh di atas bukit ini bisa mencapai minus, dan jangan lupa persiapkan kamera dengan matang.

Pantai Sanur, Bali

Nikmatnya matahari terbit tidak hanya dapat disaksikan dari atas gunung. Pantai Sanur menawarkan pengalaman sejenis namun dengan rasa yang berbeda. Sunrise di Pantai Sanur selain memukau dengan warna-warni sang matahari yang dipadupadankan dengan warna laut, angin semilir dan suara deburan ombak juga membuat hati tentram dan damai. Keindahan matahari terbit dari Pantai Sanur melengkapi liburan Anda ketika mengunjungi Pulau Bali. Mengorbankan sedikit usaha untuk bangun pagi pastinya tidak menjadi masalah. Worth it.

Bukit Sikunir, Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Sebuah daerah yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan menjadikan lokasi ini memiliki banyak lokasi yang harus kunjung hukumnya. Salah satunya ialah Bukit Sikunir yang berada di Desa Sembungan tidak jauh dari lokasi wisata Dieng Plateu. Untuk menuju ke Bukit Sikunir pengunjung perlu sedikit mendaki. Bukit ini terletak di ketinggian 2450 meter di atas permukaan laut, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Para pengunjung menamakan sang matahari terbit Golden Sunrise karena warna matahari yang terlihat memang terlihat kuning cerah dibandingkan penampakan matahari terbit di lokasi yang lain.

Puncak Gunung Semeru

Puncak Gunung Semeru bukanlah hanya milik para pendaki gunung seorang, para wisatawan biasa pun bisa mendaki gunung ini dengan bantuan para guide dan porter lokal. Salah satu tujuan penting dalam pendakian Gunung Semeru adalah menikmati sang fajar dari puncak gunung ini. Matahari yang terbit seringkali diselimuti oleh awan-awan cantik yang menyerupai kapas bulat-bulat, ditambah dengan background langit yang berwarna senja, mengagumkan. Alangkah bangganya dapat menikmati mentari pagi dari gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa ini.

Candi Borobudur, Magelang

Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, tidak banyak yang mengetahui bahwa matahari terbit dapat dinikmati di atas candi bersejarah ini. Candi Borobudur dan Hotel Manoraha yang terletak di dalam Borobudur membuat paket wisata menarik untuk menikmati matahari terbit dari atas Borobudur. Meski dibandrol dengan harga yang agak tinggi, namun atraksi ini tak ternilai harganya, didukung dengan pelayanan highclass dari Hotel Manohara, pengunjung akan merasakan jadi raja sehari.

Danau Toba, Sumatera Utara

Godaan melihat matahari terbit kali ini datang dari di ujung utara Pulau Sumatera. Ikon pariwisatanya, Danau Toba, tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lain yang menawarkan cantiknya melihat sang mentari. Matahari terbit di Danau Toba ini kesannya sangat anggun dan cantik berbalut landscape danau yang berbukit-bukit mini. Sunrise ini dapat disaksikan baik dengan menaiki Menara Tele maupun tidak. Keduanya sama-sama menawarkan kemeriahan terbitnya fajar dengan apik.

Pasar Apung, Banjarmasin

Mainlah ke Pasar Apung Muara Kuin Banjarmasin, datanglah ke sana ketika pagi buta. Ketika para penjaja sayur mayur segar sedang sibuk-sibuknya menjual barang dagangan mereka. Di tengah hiruk pikuk kegiatan jual beli, ada yang menarik yaitu terbitnya matahari pagi. Eksotisme sang matahari ini membuat suasana pasar menjadi lebih meriah. Siluet kapal-kapal penjual di tengah munculnya matahari menjadi salah satu incaran potret para wisatawan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda