Surga Di Ujung negeri – Wilayah Indonesia sangat luas. Bentangan negeri yang melewati tiga zona waktu sudah menunjukkan bahwa negeri kita bukanlah negara yang kecil. Karena itu, Indonesia memiliki berbagai destinasi unik. Salah satunya adalah objek wisata yang berada di perbatasan.  Berada di daerah yang terpencil, tempat-tempat berikut ini adalah surga di ujung negeri.

Lalu mana saja sih surga di ujung negeri itu ? Berikut Labiru paparkan hanya untukmu

 

Atambua, Surga Di Ujung negeri  Perbatasan Timor Leste

Atambua adalah daerah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste, negara yang dulu pernah menjadi bagian dari Indonesia, namun memilih memisahkan diri. Tidak banyak yang tahu bahwa Atambua menyimpan destinasi yang indah dan cantik.

Beberapa destinasi yang bisa kamu datangi saat berada di Atambua adalah Fulan Fehan, air terjun Mauhalek, Teluk Gurita,  Kolam Susuk yang menjadi inspirasi lagu Koes Plus, Benteng 7 Lapis dan Pantai Atapupu. Fulan Fehan merupakan sebuah padang rumput yang sangat hijau dan luas. Hamparan rerumputan berwarna hijau membuat betah berlama-lama disini karena suasananya sangat tenang. Di sini juga terdapat kuda-kuda yang dilepas liarkan  sedang merumput. Pemandangan epik yang susah ditemukan ditempat lain.

Atambua, Surga Di Ujung negeri  Perbatasan Timor Leste

Lain hal dengan air terjun Mauhalek yang tak hanya jadi destinasi perbatasan Indonesia, namun juga bukti betapa cintanya Tuhan pada negeri ini. Di tengah kegersangan Atambua, air terjun Mauhalek yang deras mengalir  menjadi surga yang menyegarkan dan begitu indah. Juga destinasi lain di Atambua yang tak kalah indah dan penuh dengan misterinya sendiri.

 

Entikong, Surga Di Ujung negeri Kalimantan Barat

Entikong merupakan desa terakhir di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Tebedu, Sarawak, Malaysia.  Desa ini masih asri dan kehidupannya begitu tradisional. Udaranya sejuk dan masih sangat jauh dengan kata polusi. Letaknya yang  berada di kawasan lembah membuat Entikong memiliki cuaca sejuk.

Entikong, Surga Di Ujung negeri Kalimantan Barat -

Di Entikong terdapat sebuah Tugu Pancasila yang menjadi tanda kegagahan Republik Indonesia Meski demikian, tak dapat dipungkiri bahwa perbedaan antara Entikong dan Tebedu sangatlah jauh. Dapat terlihat dari fasilitas publik seperti papan petunjuk dan jalanan pun sangat berbeda.

 

 

Pulau Sara, Surga Di Ujung Negeri Perbatasan Indonesia-Filipina

Pulau Sara merupakan pulau tak berpenghuni dan memiliki hamparan pasir putih yang memukau. Pulau ini masuk dalam kawasan Kepulauan Talaud di Sulawesi Utara. Jika pergi berlibur ke Pulau Sara ini, sudah disiapkan fasilitas penginapan dan prasarana air bersih. Pesona kecantikan Pulau Sara sering disebut dengan Bumi Porodisa yang berarti paradise atau kepingan surga.

Pulau Sara, Surga Di Ujung Negeri Perbatasan Indonesia-Filipina

Pulau Sara juga menjadi pulau terluar indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan Filipina. Maka tak heran jika banyak juga wisatawan dari negara tetangga tersebut. Selain Pulau Sara, yang juga sederet destinasi perbatasan Indonesia di Kepulauan Talaud. Misalnya Pantai Pesisir Timur, Pulau Karakelang, Pantai Lobbo, Goa Weta, Air Terjun Ampadoap, dan Desa Adat Bannada.

 

Skouw, Gerbang Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Setelah mengalami suasana suram dan menyeramkan pada masa-masa beberapa tahun silam, kini perbatasan Indonesia dan PNG berubah menjadi tempat wisata foto dan belanja yang menyenangkan. Dulu mungkin ketika datang ke perbatasan ini, pengunjung bakal mendapati suasana yang mencekam, apalagi sempat ada aksi penembakan. Kini justru sebaliknya, Skouw menjadi tempat berkumpulnya ribuan warga saat hari libur tiba.

Skouw, Gerbang Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Mulai dari wisata berfoto hingga belanja bisa dilakukan di sini. Tak sedikit juga warga Papua Nugini (PNG) yang datang ke Skouw untuk ikut berwisata foto dan belanja. Uniknya, para warga PNG yang ingin belanja di Skouw juga harus menggunakan uang rupiah, bukan mata uang PNG.

 

.

Bersiaplah berpetualang ke ujung negeri kita, dan temukan surga disana. Surga mana dulu nih yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda