Surga Dunia dari Papua. Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahi dan jangan taku melangkah hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya. -Soe Hok Gie

Untuk mendapatkan sebuah keindahan, perjuangan bukanlah halangan, begitu juga dengan menelusuri potongan surga duniawi yang telah tersuguh di bumi pertiwi, yang akan Labiru bahas kali ini.

Tanah Papua, memendam begitu banyak keindahan alam yang mempesona, seakan memanggilmu untuk menelusurinya.

Tepat dari kabupaten Fak-Fak, Papua Barat, banyak destinasi yang harus kamu lihat, dan menjadikannya tempat wisata impian kamu selanjutnya.

Perjalanan kali ini kamu akan melihat 5 destinasi potongan surga duniawi dari kabupaten Fak-Fak Papua Barat. Selamat menikmati sajian kali ini

Air Terjun Kiti-Kiti, Surga Dunia dari Papua Primadona di Fak-Fak

Berpetualang tanpa perjuangan, seakan menceritakan garis lurus dari kehidupan. Monoton yang terus terulang dan terus kembali di ceritakan.

Melihat sisi terluar dari kabupaten Fak-Fak yang merupakan primadona kabupaten ini, menjadi pilihan destinasi pertama yang harus kamu kunjungi saat menelusuri potongan surga duniawi di sini.

Air Terjun Kiti-Kiti, Surga Dunia dari Papua Primadona di Fak-Fak
Air Terjun Kiti-Kiti, Surga Dunia dari Papua Primadona di Fak-Fak

Untuk menuju ke air terjun ini, kamu harus menggunakan jalur laut, menaiki boat kurang lebih selama tiga jam. Wah cukup lama juga ya.

Jangan khawatir, lama perjalananmu akan terbayarkan saat kamu sudah sampai di air terjun ini.

Dan inilah Surga Dunia dari Papua, Air Terjun Kiti-Kiti yang berada di kabupaten Fak-Fak Papua Barat.

Saat kamu melihat sendiri bagaimana keindahan dan keunikan air terjun ini, mungkin hanya satu kata yang bisa kamu ucapkan, amazing.

Jarang sekali kan kamu bisa menemui air terjun cantik yang jatuh langsung ke lautan lepas seperti ini?

Sebenarnya air Kiti-Kiti sendiri, merupakan sebutan masyarakat Fak-Fak untuk ruangan air terjun yang jatuh ke laut.

Lihat bagaimana warna air lautnya, bening banget. Saat kamu lihat dari dekat, kamu akan semakin melihat kecantikan dari air terjun ini, debit airnya yang turun dengan deras seakan berkelok-kelok mempesona mata. Ditambah lagi air di sini segar banget, wah paket lengkap ya.

Tapi sayangnya nih, Surga Dunia dari Papua ini masih sangat terisolasi, lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan berada diujung luar kabupaten Fak-Fak.

Setelah puas menikmati keindahan dan kesegaran di air terjun ini, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan menjelajahi potongan surga dunia selanjutnya dengan mengunjungi tempat yang tidak kalah menarik dan tidak jauh dari Air Terjun Kiti-Kiti ini, yaitu

Batu Lubang

Ini dia, Surga Dunia dari Papua lain dari kabupaten Fak-Fak, Batu Lubang. Untuk menuju ke batu lubang ini, kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan menggunakan boat selama 45 menit dari air terjun kiti-kiti.

Saat kamu akan sampai ke Surga Dunia dari Papua ini, kamu bisa melihat gradasi warna air lautnya yang mempesona, hijau muda, hijau tua, sampai biru jernih yang ada di dalam lubang atau di gua batu lubang.

Dan saat kamu melihatnya dari dekat, kamu akan melihat kejernihan air di sini, ditemani dengan keindahan dari bentuk stalaktit, dan stalagmite yang keren banget.

Batu lubang atau yang biasa di sebut karang bolong atau goa bolong ini memang indah banget, jika kamu melihatnya dari atas, kamu bisa melihat bahwa lubang di sini bukan hanya di depan saja tapi juga dari bagian atasnya.

Kedalaman air di bawah batu lubang ini belum bisa di perkirakan, jadi buat kamu yang tidak bisa renang jangan coba-coba masuk ke dalam ya.

Saat kamu masuk ke dalam batu lubang ini kamu akan melihat lebih jelas indahnya stalaktit dan stalagmite yang terbentuk alami. Sungguh indah keindahan di bumi pertiwi ini.

Setelah perjalanan menelusuri bagian terluar kabupaten Fak-Fak ini, perjalanan kamu belum berakhir nih, selanjutnya kamu bisa menikmati keindahan bawah laut kabupaten Fak-Fak ini.

Pulau Ega, Menikmati Surga Dunia dari Papua di Bawah Laut

Pesona kabupaten Fak-Fak memang kebanyakan perairan, jadi, kamu memang harus menggunakan kapal boat lagi untuk sampai ke pulau Ega ini, kurang lebih 30-45 menit dari pelabuhan kota Fak-Fak.

Pesona kabupaten Fak-Fak
Pesona kabupaten Fak-Fak

Kali ini kamu bisa menikmati keindahan Surga Dunia dari Papua di bawah laut dari pulau Ega, dan jika cuaca sedang cerah, kamu juga bisa menikmati tenggelamnya mentari dari pulau ini.

Sesampainya di sini, kamu pasti tidak akan sabar lagi untuk membuktikan keindahan laut pulau Ega ini.

Meski memang tidak banyak biota laut di sini, tapi di sini kamu bisa menikmati keindahan koral-koral yang indah, ada berbagai jenis koral yang bisa kamu temui, seperti sponge dan acropora.

Tidak hanya itu, di Surga Dunia dari Papua ini kamu juga bisa menemukan berbagai ikan-ikan kecil yang cantik, seperti berbagai jenis ikan baronang, ikan selar kuning dan masih banyak lagi.

Setelah puas menikmati keindahan bawah laut pulau Ega ini, kamu bisa menikmati keindahan tenggelamnya matahari, namun apabila cuaca sedang cerah tentunya.

Lengkap bukan hal yang bisa kamu nikmati di pulau ini?

Tapi jangan berhenti di situ dulu, karena masih ada destinasi berikutnya yang akan membuatmu semakin jatuh cinta dengan keindahan lain dari kabupaten fak-fak, papua barat ini. Apa itu? Ini dia…

Pulau Ukmair

Gusungan pasir putih di pulau yang indah ini akan menyambutmu saat setibanya kamu di sini. Saat kamu melihatnya langsung, kamu pasti akan mengagungkan keindahan ciptaan Tuhan yang satu ini.

Gusungan pasir putih

Pulau Ukmair ini adalah salah satu destinasi penting yang ada di kabupaten Fak-Fak ini, jadi saat kamu berkunjung jangan sampai terlewatkan ya.

Oiya, gusungan pasir putih ini yang ada di pulau ini tidak bisa setiap saat kamu nikmati, karena jika air pasang, maka gusungan ini akan tenggelam dengan air lautan. Jadi pastikan saat kamu ke sini, air sedang surut.

Biar kamu bisa berjemur di atas gusungan sambil belarian, dan melupakan permasalahan bahkan terik panas mataharipun akan terhiraukan.

Setelah puas dengan wisata perairan di beberapa destinasi sebelumnya, di perjalanan selanjutnya menelusuri Surga Dunia dari Papua ini, kamu akan bisa menikmati rindang dan hijaunya pepohonan. Penasaran? Ini nih tempatnya

Hutan Kota Raduria

Kabupaten Fak-Fak terletak di wilayah perbukitan, hutan-hutan akan sering kamu jumpai saat di sini, salah satunya adalah hutan Kota Raduri.

Kota Fak Fak
Kota Fak Fak

Kali ini, kamu bisa menikmati sisa liburanmu di sini dengan kerindangan dan kesejukan yang hutan ini suguhkan. 

Bisa juga sambil bersepedaan menyusuri jalan aspal di tengah hutan yang masih sepi, kamu akan merasakan ketenangan dan kesegaran dari udara di hutan ini.

Pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari bisingnya keramaian.

***

Nah, gimana? Sudah memilih destinasi Surga Dunia dari Papua mana yang paling ingin kamu kunjungi diantara lima tempat ini?

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0823-1405-7888 atau email [email protected]

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda