Nusantara yang merupakan negara kepulauan, memiliki lebih dari tiga belas ribu pulau. Dari belasan ribu pulau tersembut konon hanya seperempatnya saja yang telah dieksplorasi, lainnya? Masih tersembunyi, menunggu para penjelajah untuk menguak keindahannya. Keindahan pulau-pulau tersebut meliputi kontur geografi, keadaan flora-fauna, dan yang terpenting adalah pantai. Banyak dari pulau tersebut memiliki pantai, pantai-pantai Indonesia bermacam-macam jenisnya, tiap pantai juga memiliki eksotisme dan keunikannya tersendiri. Kami merangkum beberapa pulau yang menarik untuk dikunjungi, meski lokasi nya terbilang jauh dan memerlukan perjuangan untuk mencapainya, but worth it. Pulau-pulau ini sebelumnya tidak terlalu terkenal, namun kini namanya mulai berkibar di dunia pariwisata, so sekarang, berlibur ke pulau bukan hanya ke Pulau Bali, ternyata banyak lho surga-surga tersembunyi di negara kita tercinta ini:

Pulau Sempu, Jawa Timur

Pulau Sempu secara administratif terletak di Kabupaten Malang. Di peta pulau ini terkadang tidak tergambarkan karena pulau ini memang sangat kecil. Namun, siapa yang menyangka bahwa pulau mungil ini memiliki keindahan alam yang menawan. Dua setengah kilometer di sebelah selatan pulau, terdapat sebuah laguna, warga setempat menamakan Segara Anakan. Laguna ini adalah tempat yang paling sempurna berenang di laut tanpa tersapu oleh ombak. Untuk mencapai laguna ini dibutuhkan stamina lebih karena pengunjung melakukan trekking selama dua jam dengan perlengkapan trekking yang lengkap. Para warga di sana menyediakan jasa porter dan pemandu jalan. Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu adalah satu dari sedikit laguna yang ada di Indonesia. Letaknya yang tersembunyi membuatnya bagaikan kolam berenang alami pribadi.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kalimantan Timur selama ini kurang terjamah keindahan alamnya, keberadaan provinsi satu ini lebih terkenal dengan sebutan daerah tambang. Namun, di Kabupaten Berau terdapat gugusan kepulauan yang ternyata tersohor dengan keindahan alam bawah lautnya. Kepulauan ini bernama Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan terdiri dari empat pulau besar yaitu, Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Kakaban dan beberapa pulau kecil lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. Di Kepulauan Derawan ini secara langsung pengunjung akan disuguhi oleh kecantikan alam khas pulau tropis yang masih belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Kepulauan ini juga merupakan habitat asli dari beberapa spesies hewan dan tumbuhan laut seperti, lumba-lumba, barakuda, penyu, terumbu karang, dan lain-lain. Lokasi ini merupakan situs diving yang digemari oleh para divers internasional, tak heran, karena keindahan dunia bawah lautnya memang sulit digambarkan oleh kata-kata.

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat terletak di Papua Barat, lebih jelasnya di bagian kepala burung di peta Papua. Awalnya keindahan pulau ini hanya dinikmati oleh warga sekitar saja, jarang sekali ada yang berkunjung ke sini karena jauh dan sarana transportasi memang sulit. Di awal tahun 2000-an pulau ini baru dikunjungi untuk keperluan ilmiah, kini kepulauan Raja Ampat adalah surga tersembunyi yang mulai dikenal masyarakat dunia bahkan dunia. Keindahan kepulauan ini terletak pada uniknya gugusan-gugusan pulau yang apabila dilihat dari atas mirip seperti bukit-bukit hijau yang berkumpul. Ada empat pulau besar yang menjadi primadona kunjungan wisatawan yaitu Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Waigeo, dan Pulau Batanta. Kepulauan Raja Ampat adalah rumah bagi ratusan jenis karang yang merupakan terlengkap di dunia. Fauna laut di sini pun sangat beragam, pengunjung dapat merasakan bagaimana rasanya diving bersama ikan-ikan yang jumlahnya sangat banyak dan berwarna-warni unik.

Pulau Banda, Maluku

Nama Pulau Banda rasanya cukup familiar terdengar di telinga, karena pulau ini sering disebut-sebut di buku sejarah jaman sekolah dulu. Dahulu Pulau Banda merupakan salah satu pulau penghasil rempah yang menjadi komoditi jual bagi penjajah negara kita. Kini Pulau Banda lebih tersohor karena keindahan alam dan situs sejarahnya. Menyelam di Pulau Banda adalah yang paling mengesanka, airnya sangat jernih, sampai bayangan di dalam air pun bisa terlihat. Pulau Banda ini pun sangat cocok untuk Anda yang menggemari wisata dengan menggunakan kapal pesiar, karena di sekitar Pulau Banda terdapat pulau-pulau yang ukurannya lebih kecil yang juga memiliki lokasi diving yang tak kalah cantik. Bagi penikmat wisata sejarah, banyak bangunan kuno dan museum di sini. Keramahan masyarakat pun menjadi nilai tambah, pengunjung dapat menikmati buah pala yang segar baru diambil dari pohon sembari bercengkrama dengan warga sekitar.

Kepulauan Gili, Lombok

Terletak bersebelahan dengan Pulau Bali, Pulau Lombok digadang-gadang menjadi ikon pariwisata Indonesia selanjutnya yang kini mulai terangkat ke mancanegara. Pulau Lombok memiliki tetangga mungil di tengah laut yang disebut dengan nama Kepulauan Gili, nama dari masing-masing pulau tersebut adalah Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Pulau-pulau kecil ini sangat cocok bagi pengunjung yang mendambakan suasana sepi, penuh privasi, dan bersatu dengan alam. Berjemur, snorkling dan berenang adalah tiga kegiatan yang sangat recomended dilakukan di pulau-pulau ini. Keluar penginapan lalu langsung bertatapan dengan pantai, melihat sunrise dan sunset, makan sambil mendengar deburan ombak, hal ini juga yang membuat para pelancong setia mengunjungi Kepulauan Gili. Ah, surga.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda