Jika kamu memiliki rencana atau keinginan untuk berlibur menikmati keindahan alam di benua Africa, sepertinya kamu tidak perlu dulu jauh-jauh kesana. Kenapa? Karena kamu bisa menikmatinya juga di Indonesia. Taman Baluran tepatnya.

Taman Nasional Baluran atau juga lebih dikenal dengan julukan, Africa Van Java. Memiliki keindahan alam dengan segala keistimewaannya yang sama seperti di Africa.

Bisa dipastikan saat kamu mengunjungi taman ini, kamu akan lupa bahwa kamu masih berpijak di tanah Jawa.

Taman Baluran ini terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, Dan Wongsorejo, Banyuwangi.

Nah, berikut beberapa potret keindahan taman ini yang mungkin bisa membuatmu ingin mengunjunginya segera.

Daftar Keindahan Taman Baluran, Africa van Java

Kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem alami

Taman Nasional Baluran yang lebih di kenal dengan nama julukannya, Africa Van Java ini merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli.

Saat kamu mengunjungi taman nasional ini, kamu akan banyak menemukan binatang liar yang bebas hidup di alam. Mereka hidup tanpa kurungan dan dibiarkan bebas bergerak di taman nasional ini.

Begitu juga dengan tumbuhan, kamu akan banyak menemukan tumbuhan tak beraturan yang tumbuh di taman nasional ini.

Tumbuhan di sini memang dibiarkan tumbuh secara alami dan bebas, tapi siapa sangka, keasrian dari tumbuhan yang tumbuh di taman ini membuat taman ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Padang savana yang sangat luas

Saat mengunjungi Taman Nasional Baluran ini, kamu akan melihat padang savana yang sangat luas dengan keindahannya yang begitu alami.

Padang savana yang biasanya hanya bisa kamu temukan di benua Africa dan daerah timur Indonesia, kali ini bisa kamu temukan di tanah Jawa.

Padang savana di sini semakin terlihat seperti yang ada di film, karena kamu bisa menemukan banyak satwa liar yang sedang berjalan dengan bebas di sini.

Keindahan padang savana di taman baluran ini juga dilengkapi dengan adanya pegunungan di sekitar taman nasional baluran ini.

Mempercantik keindahan panorama yang disuguhkan oleh alam dari Taman Nasional Baluran. Tidak heran hamparan padang savana ini menjadi primadona.

Banyak satwa liar yang menjadi ciri khas

Keberadaan satwa liar di sini memang membuat kawasan konservasi taman baluran ini memiliki ciri khas yang belum tentu ada di taman nasional lain.

Banyak satwa liar yang menjadi ciri khas
Rusa liar di Baluran

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat kamu berkunjung di Taman Baluran ini kamu bisa dengan mudah menemukan hewan liar yang sedang berjalan bebas.

Satwa liar seperti gajah, rusa, kerbau hingga banteng, bisa kamu lihat langsung di taman nasional ini. kamu bahkan bisa melihat dan mengamati kegiatan hewan-hewan liar ini di alam yang terbuka seperti ekosistem aslinya.

Mengamati langsung kehidupan hewan liar di Taman Nasional Baluran ini, akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang bisa kamu nikmati dan syukuri di kemudian hari.

Kesejukan Evergreen Forest

Selain padang savana yang menjadi primadona, di Taman Nasional Baluran ini kamu juga menikmati keindahan dari sisi lain.

Di sini kamu juga bisa menyelami kesejukan dan keindahan Evergreen Forest yang ada di dalam Taman Nasional Baluran.

Kesejukan Evergreen Forest taman nasional baluran
Evergreen Forest dan Hewan Liarnya

Kecantikan panorama alam di kawasan hutan evergreen ini begitu menyejukkan pandangan dan perasaan. Kamu seakan dibawa ke dalam alam yang super sejuk hanya dengan melihat bagaimana hijaunya hutan ini.

Saat berjalan berkeliling hutan evergreen ini, kamu akan disuguhi dengan keindahan pemandangan yang menakjubkan, yang pasti kamu tidak akan kecewa mengunjunginya.

Di hutan evergreen ini juga kamu bisa melihat banyak satwa liar seperti ayam hutan, tupai, aneka burung, monyet, kijang hingga merak.

Keindahan pantai yang mengelilingi Taman Baluran

Tidak berhenti di situ, masih ada keindahan menantimu yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi Taman Nasional Baluran ini.

Keindahan pantai bana Taman Baluran
Pasir putih di Pantai Bama

Kali ini datang dari keindahan dari pantai-pantai yang mengelilingi Taman Nasional Baluran. Pantai-pantai yang wilayahnya masih masuk dalam taman nasional baluran memiliki keindahan yang tidak kalah menakjubkan.

Pantai Bama adalah salah satunya, pantai dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang ini, akan memberimu pengalaman menakjubkan. Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini dengan snorkeling.

Pantai ini cukup sepi pengunjung jika bukan akhir pekan, sehingga kamu seakan sedang berada di pantai pribadi milikmu sendiri.

Ada satu lagi pantai dengan keindahan tersembunyi di Taman Nasional Baluran ini, pantai Kajang namanya. Jika kamu pencinta mancing, pantai ini pasti sudah tidak asing lagi.

Pantai yang akan memanjakanmu dengan hamparan pasir yang luas dan air laut yang jernih ini, memang menjadi spot favorit para pencinta mancing.

Ada juga beberapa destinasi lain yang bisa dikunjungi

Di dalam Taman Nasional Balurannya sendiri, ada beberapa destinasi lain yang bisa kamu kunjungi, seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, dan lain-lain.

Sebuah tawaran wisata lengkap bukan jika kamu mengunjungi taman nasional kawasan konservasi baluran yang ada di Banyuwangi ini?

Banyak sekali yang bisa kamu kunjungi dan jadikan destinasi pilihan lain saat kamu di sini, yang membuatmu tidak akan bisa mengunjungi taman nasional ini hanya sekali.

Sunset yang super cantik

Setelah semua keindahan dan pesona dari Taman Baluran yang dibahas di atas, kamu masih akan mendapatkan pemandangan yang akan semakin membuatmu terkesima lagi.

Sunset super Cantik di Baluran

Seakan memberikan bonus yang menjadi penutup hari di taman baluran ini, sunset yang bisa kamu nikmati di Taman Nasional Baluran ini begitu indah dan seksi.

Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan dari matahari terbenam dengan di depannya latar dari keindahan padang savana dan tumbuhan liarnya.

Sungguh pemandangan indah yang akan membuatmu segera memasukan Taman Baluran ini, ke dalam list destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi tahun ini. Benar, kan?

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0813-2689-4433 atau email cs@labirutour.gmail.com

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda