Tari Kecak – Bagian dari wisata dan ritual Bali. Jika Anda pergi ke Bali maka Anda akan menemukan salah satu tarian yang cukup terkenal di pulau tersebut, yakni tari Kecak. Tarian ini memang merupakan tarian asli Bali. Dan bahkan sudah banyak orang mancanegara yang mengetahuinya dan mencoba mempelajarinya. Tari Kecak sendiri adalah kesenian tari yang sudah diciptakan sejak tahun 1930 an. Serta selalu dimainkan oleh laki-laki. Puluhan laki-laki akan membentuk lingkaran sembari duduk bersila, dan kemudian menyerukan “cak” sembari mengangkat kedua lengan. Di mana itu memberikan deskripsi kisah Ramayana ketika barisan kera menolong Rama dalam melawan Rahwana. Tetapi demikian, tarian ini asalnya dari ritual Sanghyang, atau tradisi tarian di mana penarinya berada di kondisi tak sadarkan diri. Dan kemudian melakukan komunikasi ke Tuhan ataupun roh leluhur. Selanjutnya menyampaikan harapan-harapannya pada masyarakat. Mari baca selengkapnya.

Perkembangan tari Kecak

Formasi melingkar Khas Tari Kecak

Formasi melingkar Khas

 

Tari Kecak sendiri tidak stagnan begitu saja, melainkan juga mengalami perkembangan. Dari tahun 1930, tarian ini sudah mengalami banyak sekali perkembangan dan perubahan. Di mana Anda bisa melihatnya dari segi pementasan dan cerita. Di mana jika dilihat dari segi ceritanya, pementasan tak hanya berpatokan ke satu bagian cerita Ramayana melainkan juga bagian cerita lainnya dari cerita Ramayana tersebut.

Selanjutnya untuk perkembangan dari segi pementasan, perkembangan tak hanya dapat Anda temukan pada satu tempat saja. Contohnya Desa Bona, Gianyar, tetapi perkembangan tari ini juga terjadi pada desa lain yang ada di pelosok pulau Bali. Karena alasan itulah, maka Anda dapat menemukan cukup banyak grup tari Kecak, dan anggota-anggotanya umumnya anggota Banjar. Aktivitas festival tari ini sering dilaksanakan di objek wisata di Bali, terutama oleh pemerintah, dan juga terkadang sekolah seni Bali. Bahkan ketika tahun 1979, pernah diadakan tari Kecak dengan jumlah penari hingga 500 orang, ketika itu cerita yang diambil adalah cerita Mahabarata.

Nama lain tari Kecak

Nama Lain tari kecak

The Monkey Dance.

Sebagai tambahan informasi untuk Anda, sebelum menonton langsung tari khas bali ini. Tari Kecak ini memiliki nama lain The Monkey Dance. Mungkin diberikan nama ini mengingat sejarah cerita Tarian ini seperti yang sudah dituliskan sebelumnya.

Tarian ini memang menarik untuk ditonton, karena sarat dengan budaya Bali yang kental. Selain itu, juga sudah didukung dengan cerita yang menarik dan musik yang mendukung. Di mana musik ini akan mengiringi gerakan penari. Dalam grup tari ini, ada satu orang yang akan menjadi pemimpin dan bertugas memberikan nada awal. Sementara itu seorang lagi bertindak menjadi penekan, dengan tugas untuk memberikan tekanan nada yang tinggi maupun rendah.

Sekian artikel tentang Tari Kecak – Bagian dari wisata dan ritual Bali, semoga kita semakin mengenal tradisi dan budaya Indonesia yang banyak ini. Jangan lupa pesan Paket Liburan Ke Bali bersama Labiru Tour. Selamat Liburan.

Artikel Lain

0    83
Rekomendasi Restoran di Bali yang Bikin...

Restoran memang merupakan pelengkap wisata Anda....

0    2140
Tak Hanya Makassar, Kumpulan Pulau Kecil...

Sulawesi Selatan memiliki banyak keindahan alam....

0    137
Pasar Seni Sukawati, Gudangnya Oleh-Oleh...

Kegiatan berwisata tak dapat dilepaskan dari kegiatan...

Tinggalkan Komentar Anda