Pulau Dewata sudah sejak lama identik dengan sebutan surganya lokasi wisata. Bayangkan wisata di Pulau Bali itu all-in, semuanya ada. Mau ke pantai? Banyak. Mau ke gunung? Ada. Mau wisata sejarah? Bisa. Mau wisata budaya? Ini apalagi, bisa banget. Liburan ke Bali tidak bisa hanya sekali atau dua kali saja, tiap kabupaten memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Labiru Tour merangkum sepuluh destinasi yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Pulau Bali, yuk mari.

1. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di sebelah selatan Bali, lebih tepatnya di Desa Kutuh, Kuta Selatan. Pantai ini memiliki ombak yang cukup keras, sehingga digemari oleh para peselancar. Pantai yang dikelilingi bukit kapur ini juga memiliki spot foto cantik di patung-patung Pandawa Lima yang terdapat di bukit kapur tersebut. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan petani rumput laut dan berkano-ria di sebelah barat pantai yang lebih tenang airnya.

2. Bali Bird Park

Kabupaten Gianyar memiliki taman burung yang indah, bernama Bali Bird Park. Taman ini mengoleksi ribuan burung dari ratusan spesies di dunia. Banyak interaksi menarik di sini, seperti memberi makan burung, berfoto bersama burung-burung dengan warna eksotis, menyaksikan pertunjukan kepiawaian burung-burung cantik ini, serta mempelajari perilaku burung yang unik lewat papan info yang sangat informatif.

3. Bukit Tjampuhan

Bukit Tjampuhan baru-baru ini menjadi lokasi wisata yang cukup digemari, terlebih bagi para pecinta fotografi. Kontur bukit yang bergelombang, memiliki banyak tanaman ilalang, tidak jarang juga bertemu dengan banyak kupu-kupu di sini. Jalur setapak yang telah ada memudahkan kita untuk melakukan trekking dan bersepeda. Baik dikunjungi ketika pagi hari, pas masih cerah dan udaranya dingin segar.

4. Gunung Agung

Gunung Agung yang terletak di Karangasem bisa menjadi alternatif wisata yang adventurous. Dengan ditemani oleh pemandu lokal, Anda dapat melakukan hiking di gunung tertinggi di Bali ini. Gunung Agung menjulang 3.142 meter di atas permukaan laut, pemandangan yang bisa didapatkan adalah Pura Besakih, kawah gunung api yang lebarnya 500 meter, dan pemandangan spektakuler dari puncak, dari sini Anda dapat melihat Gunung Batur dan Gunung Rinjani nampak dari kejauhan.

5. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan walau tidak berpenghuni namun banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini memiliki pura cantik, jalur trekking yang menyenangkan, dan juga titik-titik diving yang menawan. Sesuai dengan namanya, temukan rusa-rusa liar bergerombol di pulau indah ini.

6. Tenganan Pengrisingan

Ingin mengetahui kultur budaya Bali asli? Tenganan Pengrisingan adalah tempatnya. Desa wisata ini adalah satu dari tiga desa Bali Aga yang dipercaya sebagai masyarakat pertama di Bali. Beberapa ritual unik dilakukan di desa ini seperti ritual penghormatan kepada dewa perang dan tarian adat yang dilakukan oleh para gadis desa ini. Para warga desa Tenganan juga memproduksi beberapa cenderamata cantik berupa telur hias, anyaman rotan, dan kain tenun.

7. Pulau Nusa Penida

Jangan sampai melewatkan pulau cantik di Selat Badung ini. Tidak kalah dengan pantai-pantai di pesisir pulau Bali, pantai di Nusa Penida ini sangat cantik, pulau ini juga merupakan rumah konservasi bagi burung dan penyu. Apabila Anda tertarik untuk melakukan diving, petualangan bersama ikan-ikan besar seperti hiu manta bisa Anda dapatkan di sini.

8. Museum Antonio Blanco

Antonio Blanco adalah seorang pelukis dunia yang jatuh cinta dengan Bali. Rumah tinggalnya di Ubud kini dijadikan galeri, restoran, museum, dan lokasi budidaya burung kakaktua. Di museum ini pengunjung akan menjelajahi kehidupan Blanco yang unik, lukisan-lukisannya yang mengusung tema nude painting tak ternilai harganya. Keindahan bukan hanya pada lukisannya saja, namun keindahan bentuk bangunan dan taman yang artsy membuat pengunjung betah di museum ini.

9. Telaga Waja

Olahraga air rafting atau arum jeram makin seru saja apabila dilakukan di Telaga Waja, Denpasar Selatan. Air jernih serta pemandangan variatif menjadi nilai tambah di spot rafting ini. Keberadaan Telaga Waja ini mengukuhkan Bali sebagai lokasi wisata apa-saja-ada.

10. Pantai Timbis

Pantai Timbis terletak di kawasan Bukit Peninsula, Uluwatu yang bertebing terjal menjadi lokasi ideal bagi pecinta olahraga paralayang. Bagi penggemar olahraga adrenalin dan ekstrim, sangat wajib berkunjung ke lokasi ini. Pantai Timbis tersohor sebagai lokasi olahraga paralayang sampai ke mancanegara, pantai ini pun sempat menjadi tuan rumah bagi kejuaraan internasional, Asian Beach Games di tahun 2008.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda