Tengkleng Gajah. Kamu sudah pernah mendengar nama kuliner satu ini? Sudah pernah mencobanya? Kalau belum, kuliner yang memiliki julukan Tengkleng ini patut kamu coba.

Tengkleng Gajah sudah terkenal di kalangan masyarakat kota Jogja. Jika kamu ke warung Tengkleng ini bisa dipastikan warung yang terletak di Dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman ini selalu ramai pembeli. Apa sih yang membuat warung tengkleng ini begitu terkenal dan selalu ramai pembeli? Mungkin beberapa keunikan dari warung tengkleng ini bisa menjawab pertanyaan di atas. Berikut rangkuman dari tim Labiru Tour.

lokasi tengkleng gajah yogyakarta

Menu di Warung Tengkleng

1. Julukan Tengkleng Gajah

Kenapa masakan tengkleng ini bisa disebut tengkleng gajah? Apa bahan olahan tengkleng ini berasal dari gajah? Bukan olahan tengkleng ini sama seperti olahan-olahan tengkleng lainnya yang terbuat dari kambing namun karena porsinya yang besar, lama kelamaan banyak konsumen yang menyebutnya dengan julukan Tengkleng Gajah. Berawal dari hal tersebut maka orang-orang lebih mengenal Warung Sari Roso Mulyo ini sebagai Warung Tengkleng Gajah.

2. Porsinya yang Besar Tengkleng Gajah

Warung yang sudah berdiri sejah tahun 2007 ini memang menyajikan Tengkleng dalam porsi yang besar. Potongan-potongan tulang kambing yang dimasak sengaja di buat dalam ukuran besar dengan daging yang masih menempel di tulang. Pastinya hal tersebut akan membuat kamu para pecinta olahan kambing akan langsung tergiur untuk melahapnya.

wisata kuliner tengkleng gajah

Pemilik warung

3. Proses Mengolahnya

Selain karena porsinya yang besar Tengkleng  di warung ini juga memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Dibutuhkan waktu selama 4 jam untuk memasak daging kambing, jeroan, dan tulang kambing dalam racikan bumbu yang khas. Hal tersebut dilakukan agar citar rasa Tengkleng di warung ini semakin nikmat ketika disantap. Selain itu kamu juga bisa melihat langsung cara mengolahnya karena dapur tempat memasaknya sengaja dibuat sedemikian rupa agar pembeli bisa melihat secara langsung cara mengolah Tengkleng dan menu lainnya.

4. Menu Unggulan

Selain Tengkleng masih ada menu-menu lain yang bisa kamu coba seperti sate goreng, kepala goreng, dan tongseng kepala. Tentunya dengan harga yang terjangkau untuk menikmati kelezatan yang sudah tidak dipertanyakan lagi. Semua masakan tersebut dapat kamu nimati dengan harga berkisar antara Rp. 15.000,- sampai Rp. 30.000,-.

Nah itu dia keunikan Warung Tengkleng ini yang patut kamu coba. Warung dengan akses dan letak yang tidak terlalu jauh dari kota serta buka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 21.00 ini patut kamu datangi. Kelezatan olahan kambing yang sudah terkenal ini patut kamu coba saat kamu berada di Jogja. Selamat mencoba.