Bepergian atau liburan ke luar negeri adalah idaman setiap orang. Namun, ada hal yang mengganjal para pelancong mancanegara yaitu masalah biaya. Soal biaya inilah yang dapat mematahkan semangat para wisatawan kita, berhubung nilai mata uang negara kita memang agak jauh tertinggal dibandingkan mata uang negara lain. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang membuat kita dapat liburan ke luar negeri tanpa menguras dompet, mau tau caranya, ini dia.

Berburu tiket perjalanan murah

Sudah menjadi rahasia umum berwisata ke luar negeri karena mendapat tiket pesawat murah. Beberapa maskapai penerbangan royal menawarkan harga pesawat yang sangat murah di waktu-waktu tertentu. Dan biasanya pelaksanaan keberangkatan tersebut berbulan-bulan atau satu tahun setelah pembelian tiket membuat Anda memiiki waktu untuk mempersiapkan hati, mental, dan pikiran untuk berkelana di negara orang. Bagi pemburu tiket, gunakan fasilitas subscribe pada web maskapai untuk mendapatkan info-info terkait diskon dan promo.

cara liburan murah ke luar negeri

Memakai paket wisata

Menggunakan paket wisata adalah kiat berwisata yang cerdas, selain lengkap anda juga tidak perlu repot. Selain hemat uang paket wisata juga hemat energi, karena semua telah diurus oleh agen dan tinggal pergi saja. Agen wisata penyedia paket biasanya sudah memiliki kerjasama dengan hotel dan penyedia transportasi jadi harga yang ditawarkan bisa lebih miring. Selain itu keistimewaan memakai paket wisata juga membuat Anda tidak usah menyewa tour guide dan berbingung-bingung ria di negara tujuan.

Mengeksplorasi satu lokasi tujuan

Berlibur ke luar negeri tidak berarti harus ke beberapa negara atau beberapa kota dalam satu negara sekaligus, dengan menyiasati berfokus pada satu lokasi, Anda tidak harus membuang uang banyak pada biaya transportasi. Kebanyakan sebuah kota destinasi wisata memiliki beragam lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Puaskan eksplorasi satu lokasi dan buat rencana untuk mengunjungi yang lainnya di waktu liburan berikutnya.

Pergi ke negara bebas visa

Indonesia memiliki kerjasama bebas visa dengan beberapa negara tetangga, seperti negara-negara ASEAN (Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Filipina – kecuali Myanmar), Hongkong, Macau, Maroko, dan lain-lain. Dengan mengunjungi negara bebas visa, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya visa yang harganya agak mencekik dompet para pelancong nusantara.

Membatasi oleh-oleh dan belanja

Berlibur ke luar negeri bukan berarti harus banyak belanja. Barang di luar negeri memang unik dan cantik namun ingatlah prinsip membeli barang, apakah barang tersebut berfungsi apa tidak. Apabila nantinya barang tersebut hanya teronggok di rumah, jadi pajangan pun tidak buat apa dibeli. Selain belanja barang, pengeluaran untuk oleh-oleh pun perlu diperhitungkan dengan matang. Tidak mau kan liburan Anda terganggu dengan kewajiban membelikan barang untuk orang lain.

Memperkirakan waktu kunjungan

Berlibur tidak perlu sampai lama sekali, tiga hari mengunjungi negara seperti Singapura atau Malaysia itu sudah cukup. Dua minggu mengunjungi Eropa itu juga sudah cukup puas. Ingat bahwa jangan sampai liburan membuat Anda jatuh miskin. Dengan memperkirakan waktu kunjungan dengan bijaksana dan menerapkan melancong efektif, banyak biaya yang dapat ditekan seperti biaya akomodasi dan makan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda