Merencanakan liburan tentunya harus disesuaikan dengan siapa yang akan berliburnya. Merencanakan liburan untuk keluarga tentu berbeda jika kita berlibur dengan kawan-kawan kita. Dan kali ini Labiru Tour akan memberikan beberapa tips liburan keluarga untuk kamu semua agar liburan bareng keluarga kamu makin seru. Karena liburan keluarga ini perpaduan antara orang dewasa dan anak-anak. Dimana baik orang tua maupun anak-anak harus sama-sama senang ketika berlibur. Berikut beberapa tipsnya.

Pilih Destinasi Wisata Yang Tepat

Tips liburan keluarga yang pertama adalah perhatikan pemilihan destinasi wisata. Dimana ini merupakan hal paling penting jika kita ingin merencanakan liburan bersama keluarga. Karena tidak mungkin kita memilih destinasi wisata seperti Patpong, Bangkok. Yang mana wisata itu hanya khusus untuk orang dewasa. Walaupun beberapa destinasi wisata populer juga belum tentu cocok untuk wisata keluarga. Dan juga sebaliknya, jika kita memilih destinasi wisata yang khusus hanya untuk anak-anak. Para orang tua bisa mati gaya ketika berlibur karena nantinya akan hanya jadi penonton.

Tips Liburan Keluarga

Liburan ke Pantai Bersama Keluarga

Pilihlah destinasi wisata dimana anak-anak dan orang tua bisa menikmatinya. Seperti wisata di Jakarta seperti Dufan, naik bianglala bisa jadi pilihan yang tepat karena orang tua dan anak-anak bisa sama-sama menikmati. Jika di Jogja, Kamu bisa pilih wisata Goa Pindul. Dimana orang tua dan anak-anak bisa menikmati cave tubing dengan rasa aman dan seru. Atau jika kamu berlibur ke Bunaken. Bisa mencoba naik perahu yang bawahnya dilapisi kaca. Ini juga destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh orang tua maupun anak-anak.

Sesuaikan Minat Anak dan Orang Tua | Tips Liburan Keluarga Biar Keluarga Makin Kompak

Tips liburan keluarga yang kedua ini bikin keluarga makin kompak lho. Jadi setiap orang punya minat tersendiri ketika berlibur. Coba definisikan minat dari masing-masing orang tua dan anak agar nanti bisa disesuaikan dengan itinerary liburan. Jika kita sudah mengetahui minat dari masing-masing, maka kita akan mudah menyusun itinerary ketika liburan nanti. Contoh, jika nanti keluarga banyak berminat pada wisata yang berbau petualangan. Cave tubing di Goa Pindul atau rafting di Sungai Elo. 2 Wisata itu cocok untuk keluarga dan juga ada sensasi petualangannya. Atau jika keluarga memiliki minat wisata sejarah, bisa mengunjungi Candi Prambanan atau Candi Borobudur. Penyesuaian ini bisa diatur ketika kita menyusun itinerary liburan keluarga kita.

Perhatikan Faktor Anak

Tips liburan keluarga selanjutnya perhatikan faktor Anak. Orang dewasa lebih mudah menyesuaikan diri daripada anak-anak. Maka dalam menyusun liburan keluarga, sebaiknya kita lebih mementingkan faktor anak. Mulai dari minat si anak, stamina, serta persiapan jika si anak kelelahan. Peralatan P3K serta obat-obatan untuk si anak harus benar-benar dipersiapkan sebelum berangkat liburan.

Utamakan Interaksi Dan Komunikasi

Ketika berlibur bersama keluarga, utamakan interaksi antara si anak dan orang tua. Mungkin jika orang dewasa senang berlibur ke objek wisata seperti museum, dimana mereka bisa melihat sejarah masa lalu. Tapi mungkin si anak tidak peduli akan hal itu, lebih baik rencanakan liburan dengan sedikit aktivitas dan ada interaksi dan komunikasinya.

Misal, berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta. Dimana sang anak bisa mencoba berbagai permainan ilmiah. Dan nantinya akan ada interaksi antara si anak dan orang tua. Tips liburan keluarga ini punya manfaat supaya orang tua dan anak bisa saling mengenal karakteristik lebih dalam.

Libatkan Semua Orang

Didalam liburan keluarga tidak boleh ada yang pasif. Dimana setiap keluarga mulai dari anak, ibu, dan ayah harus berperan serta aktif dalam liburan. kegiatan seperti outbound di alam bebas serta camping bisa menjadi alternatif menarik untuk liburan keluarga. Dimana setiap keluarga bisa berperan aktif dalam kegiatan liburan.

Itulah beberapa tips untuk merencanakan liburan keluarga yang seru. Rencanakan dengan baik liburan kamu, karena ini faktor penting sebelum kamu pergi berlibur. Jangan sampai budget / biaya yang sudah kamu anggarkan dan kumpulkan hilang begitu saja tanpa ada bekas atau kenangan indah dalam liburan kamu nantinya. Jika kamu tidak ingin repot merencanakan liburan keluarga kamu, kami dari Labiru Tour siap membantu untuk memberikan dan merencanakan liburan terbaik untuk keluarga. Jangan sungkan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi tentang liburan Anda. Hubungi segera CS kami di 0813-2689-4433 🙂

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali