Tips Travelling di Musim Hujan, Akhir tahun identik dengan liburan, tetapi juga identik dengan musim hujan yang melanda Indonesia. Tentu banyak yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat liburan di musim hujan. Lalu apa saja yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi musim hujan ?

Simak Tips Travelling di Musim Hujan ala Labiru berikut ini

 

Pantau Perkiraan Cuaca, Tips Travelling di Musim Hujan

Perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih bisa memudahkan kamu untuk mengecek perkiraan cuaca. Biasanya di semua smartphone sudah disematkan aplikasi bawaan untuk melihat perkiraan cuaca ini. Atau kalau kamu tidak punya aplikasinya, kamu juga bisa mencari tahu melalui google.

Pantau Perkiraan Cuaca, Tips Travelling di Musim Hujan

Memantau keadaan cuaca sangatlah penting. Dengan ini kamu bisa tahu keadaan tempat yang bakak kamu datangi. Contohnya, pada pukul sekian tempat tujuanmu akan diguyur hujan, maka kamu bisa mempersiapkan payung terlebih dahulu sebelum pergi kesana. Keuntungan lainnya ialah kamu bisa mempertimbangkan kapan saat yang tepat untuk mengunjungi tempat tersebut.

 

Membawa Perlengkapan, Tips Travelling di Musim Hujan

“Sedia payung sebelum hujan” mungkin memang ungkapan yang sangat cocok saat kamu ingin traveling di musim ini. Walaupun kamu sudah memantau ramalan cuaca, namun masih besar kemungkinan datangnya hujan yang tidak bisa ditebak.

Membawa Perlengkapan, Tips Travelling di Musim Hujan

Untuk mengantisipasinya maka kamu harus selalu siap membawa payung atau jas hujan kemana-mana. Memang terkesan ribet, tetapi bakal jauh lebih menyusahkan kalau kamu sampai terjebak hujan dan tidak membawa senjata andalan ini.

 

Gunakan Sepatu Berbahan Dasar Karet, Tips Travelling di Musim Hujan

Genangan air bisa jadi musuh utama sepatu saat musim hujan. Kalau sepatumu berbahan kanvas atau kain sudah pasti bakal mudah menyerap air jika terkena hujan. Selain membuatmu tidak nyaman, juga bisa menyebabkan bau tidak sedap. Lebih baik gunakan sepatu yang  berbahan dasar karet.

Gunakan Sepatu Berbahan Dasar Karet, Tips Travelling di Musim Hujan

Atau kamu bisa mengakalinya dengan membuat sepatumu waterproof atau anti air. Dengan bahan-bahan sederhana di sekeliling kamu seperti lilin dan pengering rambut, bisa membuat sepatumu menjadi waterproof.

 

Bawa Pakaian Ganti 

Bersiap-siap untuk hal paling buruk memang tidak ada salahnya. Kamu pasti tidak ingin liburanmu hancur karena pakaianmu basah kuyup terkena hujan. Bawalah pakaian cadangan yang sederhana dan ringan agar kamu tetap nyaman saat membawanya kemana-mana. Jangan lupa membawa kantong plastik untuk menyimpan baju yang sudah basah.

Bawa Pakaian Ganti 

Sebisa mungkin kamu juga menghindari menggunakan bahan-bahan yang berat seperti jeans saat traveling di musim hujan. Kamu bisa menggantinya dengan celana kulot berbahan ringan. Selain itu, baju ganti juga mempunyai fungsi agar kamu terhindar dari masuk angin saat kehujanan.

 

Pertimbangkan Wisata Alternatif

Pada saat musim hujan sebaiknya hindari tempat-tempat wisata outdoor.  Pilih tempat wisata yang berada di dalam ruangan, bisa ke museum misalnya. Main ke museum belum tentu membosankan, sebaliknya kamu bisa menambah banyak pengetahuan baru. Momen seperti inilah saat terbaik kamu gunakan untuk pergi ke museum atau galeri seni. Karena pada musim panas kamu cenderung akan memilih tempat-tempat wisata outdoor.

Pertimbangkan Wisata Alternatif

Terlebih jika kamu pengguna aktif media sosial yang suka mengoleksi foto-foto instagramable, museum dan galeri seni biasanya mempunyai spot-spot foto yang menarik dari ynag lain.

 

.

Nah, itu dia tips untuk membantu kamu yang ingin travelling di masa muhsin Hujan. Semoga tipsnya dapat kamu terapkan dan bisa membantu kamu dalam menikmati liburan kamu.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda