Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi – Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memiliki banyak wisata alam yang indah. Mulai dari curug, pemandian, bumi perkemahan, hingga wisata pegunungan ada di sini. Salah satu pusat kunjungan wisata alam di Kuningan berada di Kecamatan Cigugur. Cigugur tepat berada di kaki Gunung Ciremai, yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. 

Di kawasan kaki Gunung Ciremai, banyak destinasi Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi yang keren. Apa saja ? Yuk simak ulasan Labiru dibawah ini yaa…

Bumi Perkemahan Ipukan, Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi

Ipukan merupakan salah satu bumi perkemahan dengan pemandangan yang menghadap ke kota Kuningan dan Gunung Ciremai. Ipukan adalah destinasi wisata favorit warga Kuningan untuk melakukan pengambilan foto ketika sunrise.

Bumi Perkemahan Ipukan, Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi

Selain tentunya Gunung Ciremai, Ipukan merupakan salah satu bumi perkemahan yang ada di Kuningan. Cukup membayar Rp 15.000, kamu sudah bisa berkemah di bumi perkemahan Ipukan. 

Curug Putri, Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi

Curug Putri adalah salah satu curug tertua yang dibuka untuk pariwisata di Kuningan. Curug yang memiliki ketinggian 25 meter ini mempunyai air yang jernih, langsung dari mata air di Gunung Ciremai. 

Curug Putri, Wisata di Kuningan

Di bawah curug, terdapat sebuah kolam besar yang bisa kamu gunakan untuk berendam di segarnya air terjun. Tak hanya itu, di bagian atas Curug Putri terdapat sebuah bumi perkemahan. 

Curug Landung, Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi

Curug landung punya sumber air yang sama dengan CUrug Putri, yaitu dari mata air Gunung Ciremai. Hanya saja, Curug Landung lebih tinggi dari dari Curug Putri. Ketinggian air terjun ini adalah 40 meter. Kamu bisa menyaksikan derasnya air yang jatuh disela pepohonan dan bebatuan yang masih sangat alami.

Curug Landung, Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi

Selain bermain dan berendam di air, disini kamu bisa berfoto selfie, karena pengelola air terjun sudah menyediakan spot foto yang keren. Kamu bisa berfoto diatas balon udara, atau naik karpet terbang ala Aladin. 

Taman Cisantana

Destinasi wisata di kaki gunung Ciremai lainnya adalah Taman Cisantana. Taman yang indah ini dulunya merupakan tempat penambangan batu. Namun, kini tebing-tebing bekas pahatan tambang disulap menjadi latar foto yang cantik dan artistik.

Taman Cisantana

Taman ini telah ditata sedemikian rupa dengan aneka pepohonan dan bunga seperti kaktus. Taman Cisantana telah menjadi destinasi wisata yang unik, yang cocok dijadikan tempat bersantai menikmati udara segar di Kuningan.

Sukageuri View

Sukageuri adalah sebuah gardu pandang diatas tebung kaki Gunung Ciremai. Dari sini kamu bisa memandang perbukitan dan juga Kota Kuningan yang asri dari ketinggian. Bersama Ipukan, Sukageuri View merupakan tempat favorit lain masyarakat Kuningan. 

Sukageuri View, Wisata Alam di Kaki Gunung Ciremi

Bumi Perkemahan Palutungan

Salah satu tempat menyaksikan golden sunrise di Kuningan. Bumi Perkemahan Palutungan terkenal dengan alamnya yang asri. Dengan kehidupan khas masyarakat kaki gunung yang ramah. Banyak fotografer di sekitar Kuningan yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto favorit mereka. 

Bumi Perkemahan Palutungan

Tenjo Laut 

Meskipun ada embel-embel laut dibelakang namanya, tempat ini bukanlah berada di pinggir laut. Tenjo laut adalah sebuah spot untuk melihat pemandangan Waduk Dharma, waduk terbesar di Kuningan. 

Tenjo Laut

Dari atas ketinggian 1000an meter dari atas permukaan laut, Tenjo laut tak hanya menjadi spot untuk menyaksikan matahari terbenam, tapi juga sudah menjadi destinasi wisata keluarga di Kuningan. 

.

Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru. 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda