Selama ini mungkin kamu lebih mengenal Kota Semarang sebagai kota bisnis yang sibuk. Namun bukan berarti Kota Lumpia tak memiliki destinasi wisata alam yang cocok digunakan liburan bersama keluarga. Ternyata ada banyak sekali destinasi wisata keluarga bertema alam di ibukota Jawa Tengah ini. Karena memiliki kontur kota yang berbukit, tak sulit menemukan destinasi wisata alam di Semarang yang bertema keluarga.

Apa saja sih destinasi wisata alam di Semarang yang  bertema keluarga? Yuk simak ulasan Labiru berikut ini yaaaa…

 

Umbul Sidomukti, Wisata Alam di Semarang di Kaki Gunung Ungaran

Semarang tak kalah dengan Jogja untuk urusan destinasi wisata keluarga bertema alam. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Yang pertama adalah Umbul Sidomukti, yang berada di kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang. Berlokasi di lereng Gunung Ungaran membuat Umbul Sidomukti memiliki hawa yang sejuk. Tempat ini juga memiliki aneka wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Antara lain flying fox, marine bridge, dan juga kolam alami yang sangat segar.

Umbul Sidomukti, Wisata Alam di Semarang di Kaki Gunung Ungaran

Bila keluarga anda menyukai kegiatan berbau petualangan, cobalah berkemah di Basecamp Mawar, yang terletak tak jauh dari Umbul Sidomukti. Basecamp Mawar ini adalah salah satu jalur untuk mendaki Gunung Ungaran yang merupakan landmark dari Semarang Raya.

 

Candi Gedong Songo, Wisata Alam di Semarang 

Di lereng Gunung Ungaran terdapat sebuah candi yang merupakan peninggalan agama Hindu. Candi ini bernama Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo adalah sebuah candi Hindu yang dibangun pada abad ke 9 masehi. Candi ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, tepatnya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Seperti namanya, songo yang berarti sembilan, dan gedong yang berarti bangunan, Candi Gedong Songo terdiri dari sembilan bangunan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Sayangnya dari 9 candi, yang tersisa sekarang hanya 5 candi saja. Jarak antar candi tidak terlalu jauh, anda bisa sekaligus melatih stamina seluruh anggota keluarga disini.

Candi Gedong Songo, Wisata Alam di Semarang 

Disekitar candi juga terdapat camping ground yang bisa digunakan lokasi kemah bersama keluarga. Ada juga pemandian air panas, namun untuk masuk pemandian air panas ini ada biaya masuk lagi yang harus anda keluarkan.

Candi Gedong Songo bisa dengan mudah anda tempuh dari Kota Semarang. Namun pastikan kondisi kendaraan anda sangat prima, karena kan banyak tanjakan curam yang harus anda lewati.

 

Maroon  Mangrove Edupark, Wisata Alam di Semarang

Di kawasan Kota Semarang ternyata ada juga wisata yang mengajak pengunjungnya untuk mengenal hutan mangrove. Maroon Mangrove Edupark namanya. Panorama disini menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang kesini. Selain menyaksikan rerimbunan hutan mangrove, dari sini anda juga bisa melihat lalu lalang pesawat terbang yang lepas landas maupun landing. Kok bisa ? Ya, karena Maroon Mangrove Edupark ini berada sangat dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Maroon  Mangrove Edupark, Wisata Alam di Semarang

Anda bisa mengajak keluarga untuk belajar mengenal manfaat dari tanaman mangrove yang berfungsi mencegah abrasi air laut, dan pentingnya mangrove dalam menanggulangi dampak pemanasan global. Anda bisa berjalan mengelilingi indahnya suasana alami disini, dan jangan lupa juga untuk berfoto-foto. Kalau ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, anda bisa naik ke gardu pandang setinggi 10 meter yang disediakan oleh pengelola.

 

Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening, yang terletak di daerah Ambarawa adalah destinasi wisata alam bertema keluarga selanjutnya di Semarang. Selain berfungsi sebagai sumber air bagi kawasan pertanian di wilayah Semarang dan Ambarawa, Rawa Pening juga menjadi destinasi wisata alam favorit di Kabupaten Semarang.

Danau Rawa Pening

Anda juga bisa berkunjung ke resto yang berada di tengah danau, dan juga kalau berminat bisa juga bisa menyewa perahu untuk memutari danau. Satu perahu disewakan seharga Rp 80.000 – Rp 100.000. Satu perahu bisa dinaiki hingga 8 orang.

 

Dari Danau Rawa Pening, anda bisa menyaksikan panorama yang indah dari Gunung Ungaran, Merbabu, Telomoyo, dan juga bukit kecil lainnya.

 

Goa Kreo

Goa Kreo adalah destinasi wisata yang terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang. Tempat ini dipercaya sebagai tempat untuk mencari kayu jati yang digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak. Meskipun ada mitos yang menyelimutinya, pemandangan disini sangat keren.

Goa Kreo

Selain wisata goa, anda bisa mengajak keluarga melakukan banyak hal seru lainnya, seperti naik boat, trekking,dan wisata kuliner di sekitar Goa Kreo.

 

.

Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda