Wisata Alam di Wakatobi Sulawesi– Terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi menyimpan keindahan alam yang sangat mengagummkan, ada banyak wisata alam di wakatobi yang selalu memanggil wisatawan, seakan menyuruh untuk di eksplorasi. Saya recommended nih, Wakatobi buat tujuan liburanmu.

Gimana? tertarik dengan wisata alam wakatobi ini? Mari kita intip pesona bahari yang sudah tak di ragukan lagi keindahannya. Berikut beberapa tujuan wisata alam yang mengagumkan di wakatobi sulawesi tenggara:

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Bersejarah di Pulau Bali

Goa Kontamale

wisata alam di wakatobi sulawesi

Potret aktivitas wisatawan di Goa Kontamale

Bukan hanya pantai saja yang ada di wakatobi, goa juga mendominasi wisata alam di pulau ini, salah satunya goa kontamale, goa yang memiliki genangan air di mulut goa, kini menjadi daya tarik utama wisata goa kontamele,

Selain itu di tambah kejernihan air yang sangat jernih hingga kehidupan di bawah air terlihat jelas, kalian juga bisa bermain air di goa yang terletak di pulau Wangi-wangi.

Pantai Pulau Hoga

wisata alam di wakatobi sulawesi

Panorama alam di Pantai Pulau Hoga

Berbicara tentang wisata alam di wakatobi, belum lengkap jika belum membahas pantainya. Salah satu pantai yang terkenal di wakatobi adalah Pantai Pulau Hoga pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih ini, sering jadi icaran utama para wisatawan luar kota.

Memang sih tak di ragukan lagi tengtang keindahan wisata alam pantai satu ini. Apalagi di tambah ombaknya yang bisa terbilang landai atau tidak terlalu tinggi dan daya dorongnya kecil, jadi enak buat mainan air.

Puncak Khayangan Tomia

wisata alam di wakatobi sulawesi

Suasana di puncak Khayangan Tomia

Jika pantai dan goa sudah maka sekarang bahas bukit, ada bukit di wakatobi yang memiliki julukan khayangan, ada yang tau artinya khayangan? Kalok tidak ada yang tau, khayangan itu sebutan lain dari surga, jadi dari namanya saja keliatan, indah bukit satu ini.

Daya tarik wisata alam ini adalah panorama alam nya yang menjajikan dan bikin betah nggak mau pulang, di tambah suasana alam yang sejuk dan asri, bisa untuk buang penat nih, jika kelamaan di kota.

Danau Sumbano

wisata alam di wakatobi sulawesi

Kejernihan air di Danau Sumbano

 

Nah untuk bahasan yang ke-4 kali ini merupakan sebuah danau cantik, yang di beri nama danau Sumbano, danau cantik yang terletak di tengah kawasan hutan bakau di pulau kaledupa. Nah karna letaknya yang di tengah hutan, malah menjadi daya tarik tersendiri bagi danau ini.

Selain itu daya tarik utama wisata ini adalah suasana yang sejuk dan asri, karna letaknya di tengah hutan bakau, jika di liat dari tempatnya langsung, maka kalian akan kaget akan kejernihan airnya saking jernihnya air menjadi seperti terlihat kayak kaca raksasa.

Air Terjun Moramo

wisata alam di wakatobi sulawesi

Keindahan alam di Air Terjun Moramo

Nggak terasa sudah sampai bahasan yang ke-5. Yak untuk yang kelima ini, sebuah air terjun unik dan sudah terkenal, ya namanya Air terjun moramo. Air terjun yang memiliki banyak tingkatan dan tinggi 100 meter, di sebut-sebut air terjun ini merupakan air terjun terindah di Sulawesi.

Daya tarik wisata ini adalah, tingkatan air terjun yang terbentuk secara alami, dari batuan granit yang terkikis oleh air selama bertahun-tahun.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

wisata alam di wakatobi sulawesi

Potret di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Dataran yang memiliki luas 1.050 km2, ini memiliki panorama alam yang sangat mengagumkan, di tempat ini kalian juga bisa susuri luas alamnya, dengan kondisi alam yang bagus, menjadikan tempat ini sebagai surganya flora dan fauna yang hidup di tempat itu.

Wisata ini sering di buru oleh fotografi alam, dan sering di jadikan tempat camping juga, karna suasana di tempat ini yang mendukung, jadi di rasa nyaman bercamping di tempat ini.

Desa Kulati Pulau Tomia

wisata alam di wakatobi sulawesi

Pemandangan Desa Kulati di bibir pantai

Wisata desa kecil yang terletak di sisi timur pulau tomia ini, sering di jadikan kunjungan wisata utama jika mendatangi wakatobi. Desa Kulati sendiri masih menerapkan budaya tradisonal, di desa ini terdapat beberapa bukit yang bisa di kunjungi.

Bagi kamu yang mendaki pucak bukit maka yang akan anda lihat adalah, bentangan alam indah nan eksotis, di tambah dengan tebing-tebing curam dan ombak pantai pasir putih yang memiliki air sangat jernih.

Pulau Pantai Anano

wisata alam di wakatobi sulawesi

Keindahan dari pantai anano

Pantai yang di juluki sebagai “pulau seribu penyu” ini memiliki daya tarik tersendiri, pulau kecil yang tak berpenghuni menjadi sarang penyu-penyu imut untuk bertelur atau berkembang biak.

Hutan Lindung Tindoi

wisata alam di wakatobi sulawesi

Potret Hutan Lindung Tindoi

Berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut di pulau wangi-wangi. Meski sering di kait-kaitkan dengan hal mistis, Taukah kalian wisata wakatobi menyimpan kekayaan hayati khas hutan tropis. Hutan ini juga memiliki sungai yang bersih dan alami, tidak seperti sungai-sungai di kota yang sudah tercemar.

Pemandian Alam Handaopa

wisata alam di wakatobi sulawesi

Pemandian Handaopa di Wakatobi

Berlokasi di desa wawatimo, puncak gunung tomia. Destinasi wisata di wakatobi satu ini juga tak kalah untuk di kunjungi, jika sudah berada di tempat ini kalian di suguhkan dengan pemandian di alam yang di sebut sebagai pemandian alam handaopa.

“Nah itulah beberapa tempat tujuan wisata alam di wakatobi sulawesi yang wajib kalian kunjungi”

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda