Wisata arung jeram semakin mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Kegiatan susur sungai berarus deras menggunakan ban karet ini seakan jadi tren baru di Indonesia. Meskipun sudah lama ada di Indonesia, olahraga arung jeram baru benar-benar menjadi tren sejak 5 tahun terakhir. Bentang alam Indonesia yang bergunung-gunung menyimpan potensi jeram-jeram yang menantang. Inilah daftar wisata arung jeram  di Indonesia yang terbaik versi Labiru: 

Sungai Alas, Nanggroe Aceh Darussalam

arung jeram terbaik di dunia

Arung Jeram Sungai Alas Aceh

Provinsi Aceh memiliki salah satu spot arung jeram yang sangat menantang bernama Sungai Alas. Aliran sungai ini membelah rimba Taman Nasional Gunung Leuser, NAD. Dengan level grade 3-4, Sungai Alas tidak hanya berarus deras, tapi juga memiliki kelokan-kelokan tajam yang memacu adrenalin.

Bila kamu merasa masih pemula, kamu bisa mengarungi Sungai Alas dimulai dari kawasan Muarasitulan di Kutacane dan finis di Kota Gelombang. Sedangkan kamu yang sudah berpengalaman bisa menjajal rute mulai dari Angusan. Di sepanjang jalur pengarungan, kamu akan disuguhi pemandangan yang asri dan alami. Bahkan bila beruntung kamu bisa berpapasan dengan satwa liar yang sedang minum di tepi sungai.

Sungai Elo, Jawa Tengah | Wisata Arung Jeram  di Indonesia Terpopuler

Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Terletak di Desa Blondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sungai Elo yang tak boleh dilewatkan kamu para penikmat rafting. Lokasinya yang dekat dengan candi Borobudur bisa kamu tempuh sekitar 40 menit menit berkendara dari Yogyakarta. Jeram di sini cukup ramah bagi pemula, tapi kamu tetap harus waspada dengan  arusnya yang terkenal deras. Arung jeram Elo ini termasuk Wisata Arung Jeram  di Indonesia yang terpopuler.

Untuk menyelesaikan rute arung jeram Sungai Elo, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan kedalaman air dan tingkat jeram yang tidak sama. Suasana alam yang sejuk ditambah arus yang menantang akan membuatmu ingin segera menjajal rafting di Sungai Elo.

Sungai Ayung, Bali | Wisata Arung Jeram  di Indonesia Terpanjang

arung jeram terbaik di dunia

Arung Jeram Sungai Ayung Bali

Sungai Ayung adalah sungai terpanjang di Bali, dengan panjang jalur arung jeram mencapai 12 kilometer. Arung jeram di sungai Ayung dimulai dari kawasan Payangan dan finis di daerah Kedewatan yang dapat ditempuh selama 2 jam. Dengan tingkat kesulitan 2 hingga3, sungai ini cocok untukmu yang pemula. Yang menarik di sini kamu bisa melihat pahatan-pahatan tebing karya seniman Ubud di beberapa titik pengarungan.

Sungai Nimanga, Sulawesi Utara | Arung Jeram Grade 5

wisata arung jeram di Indonesia dengan Grade 5

Arung Jeram Sungai Nimanga, Minahasa

Selain mengunjungi Bunaken, jangan lewatkan juga sungai Nimanga ketika berkunjung di Sulawesi Utara. Sungai yang terletak di Minahasa ini akan memberikanmu pengalaman rafting yang tak terlupakan. Untuk menuju sungai ini bisa kamu mencapainya dengan  menempuh perjalanan selama 3 jam dari kota Manado.

Jeram di sungai ini memiliki level grade 5. Sedangkan pada musim penghujan, level kesulitannya bertambah hingga mencapai grade 6. Karena itu sungai ini sangat sering dijadikan tempat latihan tim arung jeram. Untuk mengarungi sungai ini dibutuhkan waktu setidaknya 5 jam.

Sungai Lamandau | Arung Jeram Extreme

Arung Jeram Extreme

Arung Jeram Sungai Lamandau

Di Kalimantan Tengah, ada juga sungai yang pas digunakan untuk berolahraga rafting, yaitu Lamandau. Sungai Lamandau sendiri terletak di desa Riam Tinggi, kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah. Sungai yang sangat lebar ini akan membawamu menjelajah belantara Kalimantan dengan sisi kiri kanannya yang ditumbuhi pepohonan besar dan menjulang serta hutan tropis yang lebat. Yang jelas, berarung jeram di sini pasti akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda untukmu.

Sungai Citarik

arum jeram terdekat | grade arung jeram citarik

Arung Jeram Sungai Citarik

Sungai Citarik adalah bagian dari Taman Nasional Halimun Salak, Sukabumi. Sungai ini adalah salah satu spot wisata arung jeram terbaik di Indonesia, sehingga selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Ada sejumlah rute yang ditawarkan oleh sungai yang memiliki tingkat kesulitan grade 3 ini. Ada yang waktu tempuhnya satu jam sepanjang 5 kilometer, ada juga yang berjarak 17 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Tak hanya menawarkan jeram berbatu yang menantang, Sungai Citarik juga menyajikan beberapa air terjun cantik di sepanjang jalur pengarungan.

Itulah deretan wisata arung jeram di Indonesia yang terbaik versi Labiru. Sudahkah kamu mencoba salah satunya ? atau penasaran mau coba yang mana nih ?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda