Wisata dari Tana Toraja – Tana Toraja selama ini dikenal sebagai kabupaten yang kental dengan atraksi budaya dan adat istiadatnya yang kental. Kamu pasti tahu kan, upacara pemakaman dan upacara kematian yang melegenda itu. Upacara yang lebih mirip sebuah pesta daripada, memperingati kematian leluhur. 

Namun, selain memiliki tradisi nenek moyang yang kuat, Tana Toraja juga punya destinasi yang tak hanya cantik, tapi juga sangat menarik untuk dikunjungi. Labiru punya daftarnya nih, destinasi wisata dari Tana Toraja yang harus kamu kunjungi.

 

Air Terjun Talondo Tallu, Wisata dari Tana Toraja

Destinasi pertama yang harus kamu kunjungi adalah Air Terjun Talondo Tallu terletak di Dusun Buttu Pali, Lembang Balipe, Kecamatan Malimbong Balepe, Tana Toraja. Keunikan dari air terjun ini adalah percabangan dari air terjunnya yang membentuk kolam alam dengan air yang sangat jernih.

Air Terjun Talondo Tallu, Wisata dari Tana Toraja

Air terjun Talondo Tallu ini  bersumber dari dari dua anak sungai yang berbeda yang menempa tiga pancuran air terjun. Sangat unik sekali. 

 

Air Terjun Sarambu Assing, Wisata dari Tana Toraja

Air terjun Sarambu Assing adalah air terjun yang berlokasi di Desa Lembang Patongkoan, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja. Keunikan air terjun Sarambu Assing ini, kamu akan merasakan suasana seperti berada di pantai. Kok bisa ?! Ya bisalah, karena air terjun ini memiliki pancuran yang luas dan berpasir mirip pasir pantai. 

Air Terjun Sarambu Assing, Wisata dari Tana Toraja

Pasir yang ada di air terjun ini kabarnya berasal dari material berupa pasir yang dihanyutkan oleh aliran sungai. Ini membuat masyarakat Toraja banyak yang menjadikan air terjun ini sebagai destinasi liburan bersama keluarga. 

 

Batutumonga, Wisata dari Tana Toraja

Batutumonga adalah sebuah kampung yang berlokasi di lereng gunung Sesean yang memiliki ketinggian sekitar 1.300 meter dari atas permukaan air laut. Gunung Sesean adalah gunung tertinggi di Tana Toraja, sehingga menjadikan tempat ini sebagai tempat terbaik untuk menikmati Tana Toraja dari ketinggian. 

Batutumonga, Wisata dari Tana Toraja

Di Batutumonga, kamu bisa menikmati suasana pegunungan yang segar, indah, dan pastinya tanpa polusi. Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus menempuh waktu 1-2 jam perjalanan dari Rantepao menggunakan kendaraan bermotor. 

 

Agrowisata Pango-Pango

Agrowisata Pango-Pango adalah wisata kebun kopi dengan pemandangan langsung ke kota Makale dan Rantepao. Selain kebun kopi, kamu akan disuguhi pemandangan taman piknik dan gazebo serta taman bunga. Selain itu, disini kamu juga menguji nyalimu dengan bermain flying fox. 

Agrowisata Pango-Pango

Oh iya, sebelum kesini,  pastikan kamu mempersiapkan jaket, atau pakaian yang hangat karena disini kamu akan merasakan suasana alam yang lumayan dingin, ditambah kalau kabut mulai turun, bisa membuat badan makin menggigil. 

 

Wisata Ollon

Wisata Ollon, oleh masyarakat Toraja banyak disebut sebagai Bukit Teletubbies. Karena, destinasi wisata ini memiliki banyak bukit dan padang rumput, yang mirip dengan yang ada di serial anak-anak, Teletubbies. 

Wisata Ollon

Untuk bisa sampai ke Wisata Ollon ini, kamu harus menempuh perjalanan berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Makale. Meskipun agak jauh, sesampainya disini kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang menyejukkan. 

 

.

Bagaimana, Tana Toraja indah bukan ?  Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru. 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda