10387 Wisata di Aceh Tanah Serambi Mekkah, Wonderful Aceh

Wisata di Aceh – Nanggroe Aceh Darussalam, atau yang biasa dikenal sebagai Aceh adalah provinsi paling barat Indonesia. Aceh memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari laut hingga pegunungannya. Setelah dihajar konflik bertahun-tahun, dan juga disapu musibah Tsunami tahun 2004, Aceh berhasil menata kembali pariwisatanya.

Berencana liburan ke Aceh ? Ini dia panduan Destinasi Wisata di Aceh dari Labiru untukmu agar tidak bingung melangkahkan kaki disana.

 

Museum Tsunami, Wisata di Aceh

Musibah tsunami yang pernah menerjang Aceh pada tahun 2004 menyisakan duka mendalam bagi warga yang selamat. Untuk mengenang dan menghormati para korban yang meninggal, dibangunlah sebuah Museum Tsunami yang yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh pada tahun 2009.

Museum Tsunami Wisata di Aceh

Di dalam ruangan museum terdapat lorong panjang dengan suara gemuruh ombak dan gemericik air yang akan mengingatkan kamu pada bencana besar tersebut. Tempat wisata di Aceh ini banyak dikunjungi turis yang ingin melihat apa saja yang tersisa dari musibah ini. Banyak benda-benda sisa bencana yang dijadikan koleksi seperti sepeda milik korban. Selain benda sisa bencana terdapat pula foto korban tewas dan kesaksian para korban selamat.

Museum ini dibangun sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan jika musibah tsunami datang kembali. Museum sendiri buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai 10:00 sampai 17:00.

 

Masjid Baiturrahman, Wisata di Aceh

Masjid Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612.  Masjid ini telah menjadi ikon Aceh. Bangunan utama masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah semakin terasa dengan adanya kolam berukuran besar dan pancuran air di bagian depan bangunan yang mengingatkan pengunjung akan Taj Mahal di India.

Masjid Baiturrahman, Wisata di Aceh

Masjid ini menjadi tempat wisata religi di Aceh dan banyak dikagumi karena keindahannya. Situs Huffington Post memasukkan Masjid Raya Baiturrahman dalam daftar seratus masjid terindah di dunia.

Selain beribadah, kamu juga bisa berbelanja souvenir ke Aceh di pasar yang ada di belakang masjid ini.

 

Pulau Rubiah, Wisata di Aceh

Pulau Rubiah berada di dekat Pulau Weh, tepatnya di sebelah barat kota Sabang. Namanya sendiri diambil dari nama yang tertulis di sebuah batu nisan yang ada di dalam pulau.

Tempat wisata di Aceh ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitnya 14 dari 15 kekayaan laut yang dilindungi pemerintah ada di sini.

Pulau Rubiah, Wisata di Aceh

Siapkan alat selam dan snorkeling kamu lalu silakan berenang bersama aneka ikan tropis dan bermain di area terumbu karang warna-warni. Jika lupa membawa alat selam, kamu bisa menyewanya dengan harga 40.000 rupiah saja dan bisa Anda gunakan seharian.

 

Pantai Lampuuk

Tentang pantai, Aceh bisa dibilang tidak kalah dengan Bali. Salah satu pantai yang bisa diandalkan adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Kutanya  Aceh. Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang 5 kilometer dari arah  selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di pantai ini mulai selancar,  berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

Pantai Lampuuk

Satu lagi kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini adalah melihat konservasi penyu. Kamu bisa ikut melepas tukik ke laut bebas Seru, ya? Liburan sekaligus menjaga kelestarian alam.

Jika belum puas menikmati Pantai Lampuuk dalam sehari, kamu bisa menginap lho di bungalow yang ada di sekitar kawasan pantai. Selain bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini, kamu juga bisa memuaskan perut dengan aneka sajian ikan bakar di warung-warung sekitar pantai.

 

Pantai Lok Ngha

Pantai Lhoknga berlokasi tak jauh dari Pantai Lampuuk. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari ibukota Banda Aceh. Di sini, kamu bisa bersantai di bawah pepohonan rindang atau bermain voli pantai di pasirnya yang luas dan landai.

Pantai Lok Ngha

Kalau bersantai dan berjemur masih kurang bagimu,cobalah berselancar di lautnya. Dengan ombak berkisar 1,5-2 meter, pantai ini sangat menantang untuk berselancar.

Hari beranjak sore, jangan pulang dulu. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang cantik di pantai ini. Tempat ini semakin ramai pada sore hari, banyak wisatawan datang untuk melihat pemandangan matahari terbenamnya dengan duduk bersantai dan menikmati jagung bakar.

 

.

Jadi, siap ke Aceh ? Yuk, siapkan barang bawaanmu dan segera meluncur ke Aceh.

 

Artikel Lain


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/html/labirutour.com/wp-content/themes/labiru-v3/template_part/artikel-lain.php on line 13

Tinggalkan Komentar Anda