Wisata di Cilegon – Kota Cilegon. Siapa sih yang tidak kenal kota ini. Setiap tahun kamu pasti sering mendengar nama kota ini disebut ketika musim mudik tiba. Karena di kota ini terdapat pelabuhan Merak yang menghubungan pulau Jawa dengan Sumatera.

Selain itu kota Cilegon juga dikenal sebagai kota industri. Cilegon adalah sentra industri baja terbesar di Asia Tenggara. Meskipun begitu, kota ini memiliki tempat wisata ditengah geliat industri baja.

Apa saja sih tempat wisata di Cilegon ? Simak ya daftar dari Labiru berikut ini.

 

Pulau Merak Besar, Wisata di Cilegon Pulau Tak Berpenghuni

Pulau yang terletak tepat di dekat Pelabuhan Merak-Bakauheni ini memiliki luas sekitar 20 hektar. Pulau Merak Besar mempunyai beberapa fungsi, diantaranya sebagai hutan lindung, penahan gelombang ke arah Pelabuhan Merak, melindungi Terminal Terpadu Merak serta pelabuhan ferrynya.

Pulau Merak Besar, Wisata di Cilegon Pulau Tak Berpenghuni

Pulau Merak besar masih alami dan tak berpenghuni. Pulau ini pun punya kekayaan laut dan flora fauna, serta bebatuan. Ketika datang kemari kamu juga dapat menemukan adanya koral Situs tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada 1883 silam. Dari pusat Kota Cilegon dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Pulau Merak Besar.

 

Pulau Merak Kecil, Wisata di Cilegon 

Letak Pulau Merak Kecil dekat dengan Pelabuhan Merak, jaraknya kurang lebih satu kilometer.

Pulau Merak Kecil, Wisata di Cilegon 

Cukup mudah kalau kamu ingin ke pulau ini, cukup menggunakan perahu motor saja. Pulau ini termasuk dalam gugusan Pulau Merak Besar dan luasnya kurang lebih 4,62 hektar. Pulau ini mempunyai fungsi sebagai penahan ombak laut, menghalanginya masuk ke Pelabuhan Merak.

 

Pantai Anyer, Wisata di Cilegon Wisata Favorit

Inilah pantai yang termasuk wisata favorit di Banten . Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih luas dengan ombak yang tenang. Karena letaknya cukup dekat dengan Kota Cilegon, Pantai Anyer pun sering digolongkan ke dalam destinasi wisata Kota Cilegon.

Pantai Anyer, Wisata di Cilegon Wisata Favorit

Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan atau pelancong. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berlibur disini antara lain berenang, kanoing, main pasir, snorkeling, diving, jetski, sampai dengan jalan menikmati indahnya pantai. Selain itu ada beberapa area perkemahan yang bisa menjadi lokasi kempingmu di Anyer.

Sebetulnya Pantai Anyer terdiri atas beberapa pantai dengan nama yang berbeda-beda, tetapi karena lokasinya di garis pantai yang sama, orang-orang menganggap semuanya adalah kawasan Pantai Anyer.

 

Gunung Batur

Lokasi wisata Cilegon selanjutnya adalah Gunung Batur. Dari pusat Kota Cilegon jaraknya sekitar 8 Kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Gunung Batur

Tempat ini adalah salah satu tujuan wisata agro dengan orientasi pada wisata minat khusus, diantaranya paralayang, camping, hiking, mempelajari flora fauna dan lain sebagainya.

 

Waduk Krenceng 

Tempat wisata Cilegon selanjutnya adalah Waduk Krenceng. Tempat ini ketika bulan ramadhan tiba akan ramai dimanfaatkan sebagai tempat ngabuburit. Waduk yang tergolong luas ini sanggup memberi kesan tenang dan damai bagi siapapun yang memandangnya. Yang dilihat sejauh pandangan mata hanyalah waduk berbentuk lingkaran dengan air yang jernih.

Waduk Krenceng 

Waduk ini tak hanya ramai dikunjungi oleh warga sekitar saja, tetapi juga orang-orang dari luar kota Cilegon, banyak yang datang untuk melihat keindahan Waduk Krenceng. Waduk Krenceng akan ramai mulai pukul 16.00. Kamu akan disambut dengan semilir angin sepoi-sepoi yang sejuk saat tiba di lokasi waduk.

Selain itu ada banyak penjual makanan dan bermacam benda yang dapat dijumpai sepanjang tempat wisata ini, antara lain adalah penjual Es dan siomay, timun suri, stiker, sampai penjual VCD, semua ada. Bagusnya, meski banyak pengunjung yang datang tiap harinya, kebersihan lokasi wisata ini tetap terjaga dengan baik. Fungsi waduk selain sebagai tempat rekreasi, juga menjadi penampung air Sungai Rawa Dano.

 

.

Itu tadi 5 destinasi wisata di Cilegon Banten, yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke ujung Barat pulau Jawa.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda