Wisata di Kalimantan Timur – Sebuah mitos yang berkembang di masyarakat Kalimantan Timur mengatakan bahwa setiap orang yang datang ke Samarinda dan meminum air sungai Mahakam, suatu saat akan kembali ke Samarinda. Percaya atau tidak,Kota Samarinda memang memiliki pesonanya tersendiri. Destinasi wisata di Samarinda selalu sukses membuat siapapun yang pernah ke Samarinda, ingin kembali ke sana.

Meski tak setenar Bali, Lombok, ataupun Yogyakarta, tapi Labiru punya daftar destinasi wisata di Kalimantan Timur yang harus kamu kunjungi.

 

Pulau Kumala, Wisata di Kalimantan Timur

Di Kalimantan Timur, Pulau Kumala banyak disebut sebagai Ancolnya Samarinda. Destinasi wisata di Samarinda ini menawarkan beragam permainan seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, hingga kereta api mini untuk berkeliling pulau. Ada pula skytower yang sebuah planetarium yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat pemandangan Pulau Kumala dan Kota Tenggarong dari ketinggian.

Pulau Kumala, Wisata di Kalimantan Timur

Di area Pulau Kumala juga terdapat sebuah aquarium yang menampung ikan pesut Mahakam. Ikan Pesut ini juga banyak ditemukan di Sungai Irawady, Myanmar, dan Sungai Mekong.

Peta Pulau Kumala

 

Pulau Beras Basah, Wisata di Kalimantan Timur

Pulau Beras Basah adalah salah satu pulau di Kalimantan Timur yang menawarkan pesona keindahan bawah laut. Air laut yang jernih, ombak yang tenang, dan pasir pantainya yang putih membuat pulau ini populer sebagai destinasi snorkeling di Kalimantan Timur, selain Kepulauan Derawan tentunya. Banyak biota laut yang bisa kamu saksikan disini, seperti terumbu karang, ikan laut, dan hewan laut lainnya.

Pulau Beras Basah, Wisata di Kalimantan Timur

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Pulau  Beras Basah adalah bermain banana boat. Fasilitas yang disediakan pengelola Pulau Beras Basah juga sangat lengkap. Ada mushola, warung makan, dan toilet yang terjaga kebersihannya.

 

Mahakam River Cruise, Wisata di Kalimantan Timur

Belum lama ini, pemerintah setempat mulai menggarap wisata susur sungai menggunakan kapal, atau biasa disebut river cruise. Melalui wisata ini kamu akan diajak untuk menyusuri Sungai Mahakam. Sungai sepanjang 920 kilometer ini adalah salah satu media transportasi masyarakat Kalimantan Timur.

Mahakam River Cruise, Wisata di Kalimantan Timur

Ketika sedang mengikuti river cruise, kamu akan menemui 3 kebudayaan yang membentuk masyarakat Kalimantan Timur. Yaitu kebudayaan pesisir masyarakat Samarinda, kebudayaan kerajaan masyarakat Kutai Kartanegara, dan kebudayaan masyarakat pedalaman di Mahakam Ulu. Perjalanan ini akan memberikanmu pengalaman yang tak terlupakan, yang tentu tak ada duanya dengan daerah lain di Indonesia.

 

Kampung Tenun Samarinda, Wisata di Kalimantan Timur

Salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur adalah kain tenun Samarinda. Motif kain tenun Samarinda adalah kotak-kotak. Tempat wisata di Samarinda yang dikenal sebagai penghasil kain tenun Samarinda adalah Kampung Baqa dan Kampung Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang.

Kampung Tenun Samarinda, Wisata di Kalimantan Timur

Di Kampung Masjid dan Kampung Baqa, kamu tak hanya bisa membeli kain tenun yang sudah jadi, namun juga bisa melihat langsung proses pembuatannya. Proses pembuatan kain tenun Samarinda sendiri masih sangat tradisional dan sederhana, hanya menggunakan alat tenun manual bernama gedokan. Kamu juga bisa mencoba membuat kain tenun kamu sendiri, yang tentunya didampingi ahlinya langsung.

 

Desa Budaya Pampang

Kalau kamu tertarik mempelajari sejarah dan budaya adat Dayak, kamu bisa datang ke Desa Budaya Pampang. Destinasi wisata ini kan membuatmu belajar banyak tentang masyarakat Dayak. Desa yang dihuni oleh masyarakat Dayak Kenyah ini setiap hari Minggu akan mengadakan pertunjukkan di lamin, atau gedung pertemuan warga Dayak.

Desa Budaya Pampang

Kalau kamu ingin merasakan bagaimana menjadi warga suku Dayak, kamu juga bisa menyewa kostum adat Dayak, lalu berfoto dengan latar belakang rumah adat Dayak. Kamu juga bisa membeli souvenir khas Dayak di desa ini, yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

 

.

Nah itulah tadi destinasi wisata di Kalimantan Timur yang bisa kamu kunjungi. Bagaimana ? Jangan ragu untuk segera tentukan tanggal liburanmu di Kalimantan Timur.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda