Wisata di Kuningan – Kabupaten Kuningan, Jawa Barat bisa menjadi alternatif bagi kamu yang menginginkan suasana berlibur dengan suasana alam yang menyegarkan. Meskipun hanya kabupaten kecil di sebelah timur Jawa Barat, Kuningan saat sini sedang berkembang dalam banyak hal, termasuk di dunia pariwisata. 

Lalu destinasi wisata di Kuningan mana saja sih yang bisa kamu datangi ketika berlibur? Yuk simak ulasan dari Labiru berikut  ya…

Bukit Panembongan, Wisata di Kuningan

Bukit panembongan adalah destinasi wisata yang sedang banyak menjadi pembicaraan di Kuningan saat ini. Oleh banyak netizen, tempat ini banyak disebut mirip dengan wisata Kalibiru yang ada di Yogyakarta. 

Bukit Panembongan, Wisata di Kuningan

Bukit panembongan berada di kawasan perbukitan dengan kemiringan yang ekstrim, namun dari puncaknya, kamu bisa melihat pemandangan yang sangat indah. 

Meskipun terhitung baru, karena baru diresmikan oleh pemerintah pada tahun 2015, bukit panembongan menjadi destinasi hits di kawasan timur Jawa Barat. 

Desa Wisata Cibuntu, Wisata di Kuningan

Desa Wisata Cibuntu adalah salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat. Desa ini pernah menjadi perwakilan Indonesia untuk berlaga menjadi desa terbaik di Asia Tenggara. 

Desa Wisata Cibuntu, Wisata di Kuningan

Desa Wisata Cibuntu berada di kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Pada tahun 2017, Desa Wisata Cibuntu terpilih sebagai juara 2 desa wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Community Tourism Board. 

Ciri khas dari desa ini adalah suasananya yang segar dan keberadaan sumber air Kahuripan, yang dipercaya sebagai peninggalan zaman dulu. 

Curug Putri, Wisata di Kuningan

Curug Putri adalah salah satu curug di Kuningan yang bersumber dari Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat. Curug Putri ini berada di dalam kawasan Bumi Perkemahan Palutungan, yang dikelola oleh Perum Perhutani. Curug ini berada di ketinggian 1.100 meter dari atas permukaan laut. 

Curug Putri, Wisata di Kuningan

Curug Putri ini, menjorok ke dalam dan dikelilingi bukit terjal serta pepohonan yang rimbun. Bahkan di dekat curug ini, terdapat satu pohon beringin besar yang teduh. Didepannya terdapat kolam air yang mampu menampung curahan air terjun. 

Tenjo Laut

Meskipun ada embel-embel laut dibelakang namanya, tempat ini bukanlah berada di pinggir laut. Tenjo laut adalah sebuah spot untuk melihat pemandangan Waduk Dharma, waduk terbesar di Kuningan. 

Tenjo Laut

Dari atas ketinggian 1000an meter dari atas permukaan laut, Tenjo laut tak hanya menjadi spot untuk menyaksikan matahari terbenam, tapi juga sudah menjadi destinasi wisata keluarga dari Kuningan. 

Cibulan

Rekomendasi wisata terakhir adalah Cibulan, sebuah pemandian air dingin. Yang unik, Cibulan adalah obyek wisata tertua dari Kuningan. Diresmikan pada 27 Agustus 1939, disini kamu bisa berenang bersama ikan-ikan dewa. 

Cibulan

Mengapa disebut ikan dewa ? Karena ikan-ikan ini konon tidak pernah bertambah atau berkurang, dan sudah berusia hingga berabad-abad. Disini ada lima kolam yang bisa kamu coba, tiga berisi ikan dewa, sedangkan dua lainnya kosong. Kamu pasti tertantang untuk berenang bersama ikan-ikan dewa ini kan ? 

.

Bagaimana, Kuningan tak kalah kan dengan wisata lain di Jawa Barat kan? Wisata di Kuningan mana nih yang akan kamu kunjungi. Selamat liburan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda