Wisata Di Pulau Weh – Tak selamanya Pulau Weh identik dengan titik 0 kilometer dan pantainya saja. Banyak destinasi cantik lainnya di pulau yang menjadi bagian dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini.

Berikut Labiru rekomendasikan 6 destinasi wisata di Pulau Weh.

 

Pantai Gapang, Wisata Di Pulau Weh

Kamu bisa mengawali penjelajahan wisata di Pulau Weh dari Pantai Gapang. Pantai Gapang adalah salah satu pantai yang paling menarik perhatian turis. Di pantai ini tersedia fasilitas snorkeling dan diving yang cukup lengkap, termasuk kapal-kapal yang bisa mengantar para diver menuju titik-titik penyelaman.

Pantai Gapang, Wisata Di Pulau Weh

Di pinggir pantainya, terdapat titik panas bumi yang menghasilkan gelembung-gelembung air panas di dalam air. Selain menyelam di sekitar Pantai Gapang, kamu juga bisa diantar ke perairan Pulau Weh untuk aktivitas memancing di laut dalam.

 

Pantai Iboih, Wisata Di Pulau Weh

Tak jauh dari pantai Gapang, kamu bisa menuju pantai Iboih. Di pantai ini kamu menikmati bisa pasir putih yang dan air laut yang jernih. Di pantai ini juga terdapat banyak penginapan, karena di sinilah titik terdekat menuju Pulau Rubiah.

Pantai Iboih, Wisata Di Pulau Weh

Kapal-kapal nelayan berjejer di pelabuhan menuju Pulau Rubiah. Disini kamu bisa melihat ikan macan meliuk-liuk cantik di antara kapal-kapalnya.

 

Pulau Rubiah, Wisata Di Pulau Weh

Pulau ribiah adalah pulau yang sangat cocok untuk dinikmati ketika sore hari. Untuk sampai ke pulau ini, bisa dicapai dengan menyewa kapal dari Pantai Iboih, dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Zona bawah air di sekitar pulau ini merupakan rumah bagi ikan-ikan hias dan beberapa jenis koral.

Pulau Rubiah, Wisata Di Pulau Weh

Kamu bakal mendapati banyak ikan Kakatua (parrot fish) dengan warna tubuh yang mencolok serta ukuran yang besar. Namun, kamu harus tetap berhati-hati bila snorkeling karena arus di sini cukup kuat.

 

Pantai Anoi Hitam

Tak jauh dari pelabuhan, kamu akan menemukan sebuah pantai berpasir hitam khas pasir vulkanis. Tak heran, Pulau Weh memang memiliki gunung berapi kecil yang masih aktif di tengah-tengahnya. Inilah destinasi lanjutan setelah wisatawan setelah dari pantai Pulau Tiga.

Pantai Anoi Hitam

Pantai Anoi Hitam sendiri memiliki panorama yang indah, serta beberapa benteng peninggalan Jepang yang masih terjaga kelestariannya. Benteng-benteng inilah yang dulu menjadi pusat pertahanan Jepang terhadap serangan musuh dari laut dan udara.

 

Titik Nol Kilometer Indonesia

Inilah destinasi pamungkas dalam liburan di Pulau Weh bagi para wisatawan. Berjarak sekitar sekitar 15 kilometer dari Pantai Iboih, Tugu Nol yang menjulang di sisi tebing. Tugu ini menghadap langsung Samudera Hindia sehingga Anda tak akan menemukan daratan apapun lagi sejauh mata memandang. Disini kamu bisa mendapatkan sertifikat yang berisi nomor urut pengunjung Tugu Nol Kilometer.

Titik Nol Kilometer Indonesia

Tapi yang harus kamu ketahui, sebelum tugu ini menjadi titik Kilometer nol NKRI, adalah Tugu kilometer Tujuh yang memiliki identitas tersebut. Tugu ini sekarang hanya berupa papan penanda. Sebenarnya Tugu Nol Kilometer yang asli dibangun disni, namun setelah survei geografi yang lebih baik, tugu ini akhirnya dipindakan ke tempat yang seharusnya.

.

Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda