Wisata di Riau – Apa yang ada dibenakmu bila mendengar nama provinsi riau ? Apakah kebakaran hutannya yang membuat report satu negeri itu ? Atau kebun sawit yang luasnya berhektar-hektar ? Sekarang ubahlah pandanganmu, bahwa provinsi yang beribukota di  pekanbaru ini punya destinasi wisata yang unik dan tak kalah dengan daerah wisata lainnya.

Lalu apa saja sih destinasi wisata di Riau ? Kuy simak daftarnya dari Labiru ini ya

 

Sungai Kampar, Wisata di Riau Sambil Berselancar Seru

Destinasi ini berada di teluk Meranti. Kamu bisa merasakan berselancar di sungai lho. Di sungai itu terdapat Bono (gelombang pasang surutnya ombak dengan suara yang menderu keras). Bono ini punya kecepatan 40 kilometer per jam. Lokasi sungai ini ada Desa Teluk Meranti.

Sungai Kampar, Wisata di Riau Sambil Berselancar Seru

Kalau mau ke tempat ini, lebih baik ajak temen – temen kamu biar liburanmu terasa lebih menyenangkan.

 

Pulau Jemur, Wisata di Riau 

Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri atas beberapa pulau seperti Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, serta banyak pulau-pulau kecil lainnya. Letak Pulau ini tak jauh dari kota Rokan, hanya sekitar 72 kilometer dari ibukota Bagansiapiapi, yaitu Bangansiapiapi.

Pulau Jemur, Wisata di Riau 

Nah, Pulau Jemur ini spesies penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur. Kalau Kamu beruntung bisa lihat lucunya penyu-penyu yang sedang bertelur.

 

Istana Siak Sri Indra Pura, Wisata Di Riau Bergaya Eropa

Bangunan yang mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Di sana kamu bisa melihat beberapa koleksi kerajaan patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Kasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian.

Istana Siak Sri Indra Pura, Wisata Di Riau Bergaya Eropa

 

Danau Raja

Jika datang ke Danau Raja, sebaiknya jangan sendirian ya! Kamu bisa ajak saudara atau keluarga lainnya. Dulunya danau ini adalah tempat pemandian keluarga Istana Indragiri. Konon, di dekat danau Raja, terdapat sebuah bangunan kerajaan di tengah aliran sungai Indragiri. Kamu bisa melihat sebuah bekas bangunan di tengah sungai saat debit air sungai kecil. Danau Raja ini ada di Kota Rengat, Riau.

Danau Raja, Wisata Di Riau

 

Air Terjun Lubuk Bigau

Air terjun ini sering juga disebut Air terjun Pangkalan Kapas. Lokasi destinasi wisata alam ini ada di desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kamparkiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Ternyata air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Riau lho, karena tingginya mencapai 130 meter. Selain itu air terjun ini pun masih alami.

Air Terjun Lubuk Bigau

 

Museum Sang Nila Utama 

Museum yang ada di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru ini menyimpan beragam peninggalan sejarah dan budaya di Riau. Benda-benda sejarah itu seperti pakaian adat Riau, alat musik dan masih banyak. Kamu bisa kunjungi Museum Sang Nila Utama untuk lebih mengenal budaya Riau.

Museum Sang Nila Utama 

.

Itulah beberapa objek wisata di Riau yang wajib kamu kunjungi disana. Jadi tunggu apa lagi, segera kemasi barangmu dan terbanglah ke Riau.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda