Wisata di Sekitar Malioboro – Jalan Malioboro bisa dikatakan adalah destinasi wajib bagi siapapun wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Selain dekat dengan keraton, Malioboro adalah pusat dari keramaian di Jogja. Tapi berkunjung ke Jogja akan sangat sayang bila hanya dihabiskan di Malioboro saja. Ada banyak destinasi wisata yang berada di salah satu jalan paling ikonik di Jogja ini. Mulai dari wisata pengetahuan, sampai peninggalan sejarah kraton Jogja maupun era kolonial Belanda.

Labiru punya rekomendasi destinasi Wisata di Sekitar Malioboro yang bisa kamu capai dengan berjalan kaki dari Malioboro. Penasaran ?

 

Taman Pintar, Wisata di Sekitar Malioboro

Mengenalkan sains kepada anak-anak dan membiarkan mereka mencintai sejak usia dini memang penting. Di Jogja, kita dapat mengajak anak-anak mengunjungi Taman Pintar yang letaknya tepat di belakang Benteng Vredeburg untuk mengenalkan sains dengan cara yang menyenangkan.

Taman Pintar, Wisata di Sekitar Malioboro

Di Taman Pintar ini, anak-anak dapat belajar banyak hal di wahana-wahana yang tersedia, seperti wahana bahari, desaku permai, hingga gedung planetarium. Ada pula pasir berbisik hingga dinding yang berdendang. Tentu akan membuat anak-anak senang.

 

Kompleks Toko Buku Shopping, Wisata di Sekitar Malioboro

Tempat berbelanja buku paling lengkap di Jogja ini ramai dikunjungi setiap hari. Terdapat puluhan kios buku di tempat yang dikenal dengan nama Shopping Center ini. Di sini, ribuan buku-buku baik baru maupun bekas dijual dan dibeli.

Kompleks Toko Buku Shopping, Wisata di Sekitar Malioboro

Untuk mencapai shopping dari Malioboro, kamu bisa berjalan kaki melewati jalan samping pasar Beringharjo. Atau bila kamu ingin berjalan lebih jauh sambil berjalan menikmati wajah baru Malioboro, kamu bisa lewat depan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret

 

Kraton Yogyakarta, Wisata di Sekitar Malioboro

Kraton Yogyakarta tidak hanya menjadi tempat tinggal raja, namun juga menjadi penjaga nyala kebudayaan Jawa. Di sinilah pusat nadi kebudayaan yang telah ada sejak ratusan tahun silam. Di tempat ini kamu bisa belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya tetap dilestarikan di tengah laju perkembangan dunia.

Kraton Yogyakarta

Hal inilah yang membuat Keraton Yogyakarta memberikan daya tarik tersendiri. Untuk mencapai Keraton Yogyakarta ini, kamu cukup berjalan ke arah selatan dari Malioboro, dan kamu akan menemukan alun-alun luas yang menjadi penanda kamu sedang berada di area Kraton.

 

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg yang memiliki bastion di keempat penjurunya ini memiliki koleksi foto perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Pada bulan Juni – Juli, Benteng Vredeburg biasanya dijadikan lokasi Festival Kesenian Yogyakarta.

Benteng Vredeburg

Selain mengitari benteng dan museum, di tempat ini kamu juga bisa mampir ke kafe Indische Koffie (buka pukul 09.00 – 23.00 WIB) yang menawarkan aneka menu tradisional barat maupun menu tradisional Indonesia dengan suasana klasik nan elegan. Menikmati makanan di Indische Koffie akan membuatmu merasa menjadi noni dan meneer Belanda yang sedang berwisata.

 

.

Nah itulah tadi destinasi wisata di sekitar Malioboro yang bisa kamu kunjungi hanya dengan berjalan kaki. Bagaimana ? Jangan ragu untuk segera tentukan tanggal liburanmu Jogja.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda