Wisata di Sragen – Sragen yang berjuluk sebagai Bumi Sukowati memiliki wilayah yang cukup luas. Wilayah kabupaten ini termasuk Situs Sangiran yang dipercaya sebagai pusat peradaban manusia purba pada zaman pra-sejarah. Sebuah tempat yang menyimpan fosil serta berbagai peralatan manusia purba dibangun di kawasan Sangiran untuk keperluan edukasi.

 

Berjarak sekitar 30 kilometer ke arah utara dari Kota Solo, Sragen merupakan sebuah kabupaten yang masuk wilayah yang sering disebut sebagai Solo Raya. Dibandingkan kabupaten lain yang masuk wilayah Solo Raya, Sragen memang relatif paling jarang didengar. Namun di Kabupaten ini kamu juga bisa menemukan berbagai Wisata di Sragen yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga kamu.

Dan berikut ini daftar 5 Wisata di Sragen dari tim Labiru

 

Museum Manusia Purba Sangiran, Wisata di Sragen

Museum Sangiran merupakan aset wisata terpenting bagi Kabupaten Sragen. Di tempat inilah kamu bisa melihat tulang belulang manusia serta binatang purba yang sering kamu pelajari di mata pelajaran Sejarah.

Museum Manusia Purba Sangiran, Wisata di Sragen

Selain fosil, kita juga bisa melihat perlengkapan berburu seperti kapak batu yang dulu digunakan oleh manusia purba untuk bertahan hidup. Buku-buku tua juga akan kamu temukan di museum ini. Lokasi museum sendiri berada di kawasan Situs Sangiran yang dipercaya sebagai salah satu pusat kehidupan manusia purba di Zaman pra-sejarah.

Lokasi Situs Sangiran berada di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Tempat ini juga bisa diakses dengan mudah dari Kota Solo. Bahkan, kalau dihitung jaraknya lebih dekat dibandingkan dari pusat kota Sragen.

 

Waduk Kedungombo, Wisata di Sragen

Aset wisata unggulan lain di Sragen selain Sangiran adalah Waduk Kedung Ombo. Lokasi waduk ini sejatinya berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Sragen, Boyolali dan Grobogan.

Waduk Kedungombo, Wisata di Sragen

Namun, lokasi pengembangan wisata di waduk ini berada di wilayah Kabupaten Sragen. Luas waduk ini sendiri mencapai 6.576 ha. Pemandangan di sekitarnya terlihat sangat indah. Yang unik dari waduk ini adalah padang rumput yang berada di bendungan. Terlihat sangat luas dan hijau.

Di kawasan wisata Waduk Kedung Ombo telah dibangun banyak sekali fasilitas. Antara lain bumi perkemahan serta pasar ikan. Berkeliling danau menggunakan perahu merupakan aktivitas yang menyenangkan di Waduk Kedung Ombo.

 

Dayu Park, Taman Air Wisata di Sragen

Di Sragen terdapat sebuah taman wisata yang cukup menarik. Namanya adalah Dayu Park. Jaraknya tak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 6 kilometer. Tempat ini semacam kawasan wisata terpadu. Ada beberapa wahana bermain bertema air yang bisa kita coba di taman ini.

Dayu Park, Taman Air Wisata di Sragen

Selain itu, ada juga wahana lain berupa outbond hingga kebun buah mini bisa kita coba. Dayu Park juga dilengkapi dengan agrowisata serta kebun binatang mini.

 

Taman Krido Anggon

Krido Anggon merupakan sebuah taman kota yang berlokasi di depan rumah dinas bupati Sragen. Lokasi taman ini berjarak sekitar 500 meter dari alun-alun kota. Sebelum dikembangkan menjadi sebuah taman, tempat ini dulu merupakan gedung KNPI.

Taman Krido Anggon

Namun, bangunan gedung kini telah dirobohkan untuk pembuatan ruang publik baru di Bumi Sukowati. Taman Krido Anggo merupakan salah satu tempat menarik untuk santai sejenak sambil menikmati suasana Kota Sragen. Keberadaan pohon-pohon rindang membuat acara nongkrong di taman ini menjadi semakin asik.

 

Alun-Alun Sragen

Alun-alun merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati suasana Kota Sragen. Datanglah pada sore hari untuk menikmati suasana yang lebih meriah. Saat sore tiba, biasanya akan mulai banyak anak-anak muda yang hangout. Kamu bisa menikmati suasana sambil menikmati jajanan murah meriah yang banyak dijajakan di sekitar alun-alun.

Alun-Alun Sragen

Alun-alun ini memiliki nama resmi Alun-Alun Sasono Langen Putro, namun sepertinya tidak banyak orang tahu soal nama itu. Tahun 2015 lalu dinas terkait setempat melakukan perombakan terhadap alun-alun ini. Beberapa fasilitas dibangun untuk membuat pengunjung semakin nyaman.

Keberadaan air mancur juga turut membuat alun-alun ini semakin menarik. Jika malam Minggu tiba, Alun-Alun Sasono Langen Putro semakin ramai oleh kunjungan manusia.

 

.

Itu tadi 5 deretan Wisata di Sragen yang bisa kamu jadikan patokan untuk liburan di kabupaten Sragen.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda