Tour Semarang – Mencari tempat wisata ramah anak di Semarang untuk mengisi liburan sekolah? Semarang, ibukota Jawa Tengah, menawarkan berbagai pilihan tempat wisata yang menarik dan seru untuk anak-anak.

Kota Semarang memiliki berbagai kegiatan wisata yang pas untuk orang dewasa maupun anak-anak. Wisata ramah anak di Semarang tidak hanya seru tetapi juga bisa menjadi sarana edukasi. Dalam artikel ini akan dirangkum 6 tempat wisata ramah anak di Semarang yang cocok untuk mengisi liburan sekolah.

Cimory on The Valley

Credit: semarangrentcar

Cimory on The Valley adalah salah satu wisata edukasi dan rekreasi yang cukup populer di kota Semarang. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana liburan di perkebunan dan belajar mengenai proses pengolahan susu yang ada di peternakan.

Cimory on The Valley terletak di jalan Soekarno Hatta KM 30, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini buka setiap hari dengan harga tiket sebesar Rp 15.000 per orang.

Saloka Theme Park

Credit: detik

Taman hiburan terbesar di Jawa Tengah ini menawarkan berbagai wahana seru untuk anak-anak, seperti roller coaster, bianglala, dan carousel. Saloka Theme Park terbagi menjadi beberapa zona, seperti Pesisir, Balalantara, Kamayayi, Ararya, dan Arung Jeram. Di setiap zona, terdapat berbagai wahana dengan tema yang berbeda-beda.

Harga tiket Saloka Theme Park berbeda-beda sesuai dengan hari kunjungan dan wahana yang dimainkan. Saloka Semarang buka setiap hari dari Senin-Minggu. Namun, tempat wisata ini menerapkan jam operasional yang berbeda untuk hari kerja (weekday) dan hari libur atau akhir pekan (weekend).

Baca Juga: Menyusuri Sejarah Keindahan dan Keagungan Klenteng Sam Poo Kong

Dusun Semilir Ecopark

Credit: wisatahits

Dusun Semilir Ecopark merupakan temapt wisata ramah anak di Semarang yang menawarkan berbagai wahana edukasi dan permainan. Berlokasi di Bawen, Kabupaten Semarang, Dusun Semilir Ecopark sangat mudah diakses. Dusun Semilir Ecopark memiliki berbagai wahana menarik untuk anak-anak, seperti flying fox, taman kelinci, dan rumah pohon.

Dusun Semilir Ecopark buka setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp30.000 untuk weekdays dan Rp40.000 untuk weekend. Dusun Semilir Ecopark merupakan tempat wisata yang cocok untuk mengisi liburan sekolah bersama anak-anak.

Museum Kereta Api Ambarawa

Credit: bacakoran

Salah satu destinasi wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Terletak di pusat kota Ambarawa, museum ini dulunya merupakan stasiun kereta api aktif yang kemudian dialihfungsikan menjadi museum kereta api pertama di Indonesia.

Anak-anak akan diajak berpetualang ke masa lalu dengan melihat koleksi lokomotif kuno yang berasal dari zaman Hindia Belanda hingga era pra kemerdekaan RI. Lokomotif tua tersebut masih terawat dengan baik dan menjadi saksi sejarah perkembangan transportasi kereta api di Indonesia.

Museum kereta api Ambarawa buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket sebesar Rp 20.000/orang.

Semarang Zoo

Credit: pariwisatasemarang

Semarang Zoo merupakan tempat wisata edukasi yang menarik untuk anak-anak. Semarang Zoo berada di kecamatan Ngaliyan, Semarang, kebun binatang ini memiliki koleksi satwa yang beragam, mulai dari mamalia, reptil, hingga burung. Anak-anak akan diajak untuk mengenal berbagai jenis hewan dan belajar tentang habitatnya.

Semarang Zoo juga menawarkan berbagai wahana edukasi, seperti feeding time dan animal show. Anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan hewan dan belajar tentang cara merawatnya. Semarang Zoo buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 untuk weekdays dan Rp 25.000 untuk weekend.

Kampung Taman Lele

Credit: pergiyuk

Kampung Wisata Taman Lele merupakan salah satu tempat wisata ramah anak di Semarang. Berlokasi di Jalan Walisongo KM 10, Semarang, Kampung Wisata Taman Lele menawarkan berbagai wahana edukasi dan permainan untuk anak-anak.

Di Kampung Wisata Taman Lele, anak-anak dapat belajar tentang budidaya lele, memancing lele, dan bermain berbagai permainan tradisional. Selain itu, terdapat juga berbagai spot foto menarik, seperti taman bunga dan kolam ikan. Kampung Wisata Taman Lele buka setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 15.30 WIB kecuali hari jumat.

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang