Wisata Sejarah Candi di Yogyakarta– Daerah Istimewa Yogyakarta atau sering di sebut DIY ini memiliki beberapa peninggalan sejarah salah satunya candi borobudur dan candi prambanan yang sekarang menjadi tempat wisata yang menarik banyak wisatawan dalam maupun luar negri.

Borobudur maupun  Prambanan merupakan 2 warisan budaya dunia yang sudah di akui oleh UNESCO dan juga dunia, kedua candi itu memiliki sejarah yang berbeda maka dari itu saya akan memberikan beberapa perbedaan sejarah candi hingga mengapa tempat ini di jadikan tempat wisata.

PERBEDAAN

Peerbedaan yang mencolok dari 2 candi ini adalah perbedaan penganut agama, dari candi borobudur sendiri penganut agama Budha Mahayana dan candi prambanan menganut agama hindu.

Perbedaan yang lain ada dari segi bentuk dan ukuran candi, candi borobudur berbentuk enam teras bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar dan candi prambanan berbentuk Kerucut seperti pohon cemara

Ukuran candi Borobudur panjang 121,66 meter dan lebar 121,38 meter, sedangkan prambanan memiliki plataran luas 390 m2 dan ada beberapa candi kecil dengan ukuran sama yaitu luas 6 meter dan tinngi 14 meter

SEJARAH

Candi Borobudur

wisata sejarah candi di yogyakarta

Candi Borobudur

Candi ini didirikan oleh para penganut agama budha mahayana sekitar tahun kurang lebih 800an masehi pada zaman pemerintahan Wongso Syailendra dan di arsiteki oleh Gunadharma,

Nama candi borobudur berasal dari dua kata yaitu Bara dan Budur bara berarti komplek biara dan budhur berarti atas jika keduanya di gabungkan menjdai “komplek biara di atas”

Candi Prambanan

wisata sejarah candi di yogyakarta

Candi Prambana

Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 masehi candi ini di bangun untuk dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama agama hindu yaitu. Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa pemelihara), dan Siwa (dewa pemusnah)

Nama Prambanan, berasal dari nama desa tempat candi ini berdiri, diduga merupakan perubahan nama dialek bahasa Jawa dari istilah teologi Hindu Para Brahman yang bermakna “Brahman Agung” yaitu Brahman atau realitas abadi tertinggi dan teragung yang tak dapat digambarkan, yang kerap disamakan dengan konsep Tuhan dalam agama Hindu.

MENGAPA CANDI INI DI JADIKAN TEMPAT WISATA

Wisata Sejarah Candi di Yogyakarta tidak akan ada habisnya dibahas objek wisata sejarah yang sudah sangat terkenal di dunia ini bahkan mendapat pengakuan dari Unesco dan juga dunia, dari situ kedua candi di jadikan tempat wisata.

Candi prambanan maupun borobudur memiliki daya tarik yang kuat melihat dari asritektur bangunan kedua candi membuat beberapa wisatawan kepincut melihat warisan budaya dunia yang terletak di indonesia ini.

Bagi kalian yang iningn berkunjung di tempat wisata ini tapi malas memilih hotel transportasi dan kamu hanya ingin yang instan kami bisa bantu ayo berlibur bersama Labirutour di Yogyakarta

 

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda