Situs Gunung Kawi

Destinasi Bali Tiket Masuk Rp10,000 Adventure Level

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, juga menyimpan banyak harta karun sejarah menarik untuk dijelajahi, seperti Situs Gunung Kawi, kompleks candi tebing di Tampaksiring, Gianyar.

Pertama-tama, Situs Gunung Kawi merupakan destinasi wisata bagi kamu yang ingin berlibur ke Bali. Di sini, kamu tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam yang indah, tetapi juga belajar tentang sejarah dan budaya Bali. Selain itu, dengan suasananya yang tenang dan damai, kamu akan merasa betah di sini.

Lebih lanjut, bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata keluarga di Bali, Situs Gunung Kawi juga bisa jadi pilihan yang tepat. Di sini, anak-anak Anda dapat berlarian dengan bebas dan menjelajahi berbagai sudut candi. Selain itu, terdapat pula taman bermain kecil di area situs, sehingga anak-anak Anda tidak akan mudah bosan. Dengan demikian, Situs Gunung Kawi menawarkan pengalaman yang menarik dan edukatif bagi seluruh anggota keluarga.

Daya Tarik Situs Gunung Kawi

Candi Tebing

Candi-candi yang dipahat di tebing batu kapur menjadi daya tarik utama Gunung Kawi, dibangun pada abad ke-11 untuk menghormati Raja Udayana dalam bentuk pura Hindu. Keunikan lain candi ini ada pada proses pembuatannya yang rumit dan presisi, serta nilai sejarah budayanya yang tinggi.

Relief dan Arca

Di sekitar candi tebing, terdapat relief dan arca yang menceritakan kisah-kisah Hindu dan kehidupan masyarakat masa lampau. Relief dan arca ini memiliki nilai seni tinggi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kamu dapat mempelajari sejarah dan budaya Bali melalui relief dan arca disini.

Kolam Suci

Di kawasan Gunung Kawi, Tirta Empul adalah kolam suci yang diyakini memiliki air suci yang memberikan kesucian dan kesehatan bagi yang meminumnya. Kamu bisa melakukan ritual mandi di sini sebagai persembahan dan pembersihan diri.

 

Lokasi Situs Gunung Kawi

Gunung Kawi berada sekitar 30 km di sebelah timur Ubud, di daerah Tampaksiring. Akses ke situs ini melibatkan turun perbukitan dan menyeberangi jembatan yang indah melintasi sungai, menambah kesan magis tempat ini.

Tiket

Pengunjung biasanya membayar tiket masuk yang terjangkau untuk masuk ke Gunung Kawi, dengan biaya tambahan untuk parkir dan penggunaan toilet.

Fasilitas Gunung Kawi

Fasilitas di Gunung Kawi termasuk area parkir yang luas, toilet umum, dan warung makan kecil di sekitar pintu masuk. Meski sederhana, fasilitas ini mencukupi kebutuhan dasar pengunjung.

Aktivitas

Pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti menjelajahi candi-candi yang megah, mengambil foto di sekitar kompleks candi, atau mengikuti ritual keagamaan yang masih aktif di pura sekitar.

Jam Operasional

Gunung Kawi buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Disarankan datang pada pagi hari untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana yang tenang.

Lokasi Situs Gunung Kawi

Terletak di Gianyar, Bali, situs purbakala gunung kawi ini menawarkan jejak kejayaan masa lampau kerajaan Bali kuno. Perjalanan menuju Gunung Kawi akan membawamu melewati hamparan sawah hijau. Jalan menuju situs terbilang mudah dilalui, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bagi pecinta alam, bersepeda menuju Gunung Kawi bisa menjadi pilihan menarik untuk menikmati suasana pedesaan yang asri. Durasi tempuh dari pusat kota Denpasar berkisar antara 1-1,5 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

Setibanya di lokasi, kamu akan disuguhkan pemandangan tebing batu kapur yang menjulang tinggi dengan ukiran candi-candi Hindu yang megah. Candi-candi ini dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir para raja dan bangsawan kerajaan Bali kuno.

Untuk sampai di candi, kamu perlu menaiki ratusan anak tangga. Dari tempat candi, kamu juga dapat melihat panorama pedesaan Bali yang memukau. Gunung Kawi bukan hanya tentang keindahan candi dan panorama alamnya, tetapi juga tentang atmosfer magis dan cerita sejarah yang terpancar dari setiap sudutnya.

 

Harga Tiket MasukĀ 

Harga tiket masuk ke Situs Gunung Kawi cukup terjangkau. Untuk wisatawan domestik dewasa, tiketnya dibanderol Rp30.000, sedangkan untuk anak-anak Rp15.000. Sementara itu, wisatawan mancanegara dewasa dikenakan biaya Rp50.000 dan Rp25.000 untuk anak-anak.

Fasilitas

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Area istirahat
  • Toko souvenir
  • Warung makan
  • Pura
  • Kolam pemandian
  • Tempat meditasi
  • Penyewaan sarung dan selendang

 

Aktivitas di Situs Gunung Kawi

  • Menjelajahi Candi Tebing

Aktivitas ini mengajakmu untuk menyusuri kompleks Candi Gunung Kawi yang memukau. Kamu, dapat melihat dari dekat pahatan-pahatan candi yang indah di tebing batu kapur, mempelajari sejarah dan makna di balik setiap candi, dan merasakan atmosfer magis dan spiritual yang menyelimuti tempat ini.

Menjelajahi candi tebing tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang menarik, tetapi juga menambah pengetahuan tentang budaya dan sejarah Bali.

 

  • Berjalan-jalan di Taman

Situs Gunung Kawi memiliki taman yang indah dan asri, dikelilingi oleh pepohonan rindang dan pemandangan alam yang menyejukkan. Kamu dapat berjalan-jalan santai di taman ini untuk menikmati suasana yang tenang dan damai.

Taman ini juga menjadi tempat yang ideal untuk berpiknik, bersantai bersama keluarga, atau sekadar duduk dan menikmati keindahan alam.

 

  • Menyaksikan Pertunjukan Tari

Di Situs Gunung Kawi, kamu berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali yang memukau. Pertunjukan tari ini biasanya diadakan pada hari-hari tertentu, seperti hari raya Hindu atau acara budaya lainnya.

Kamu dapat menikmati keindahan gerakan tari yang diiringi musik tradisional Bali yang merdu. Menyaksikan pertunjukan tari di Situs Gunung Kawi adalah cara yang istimewa untuk merasakan budaya dan tradisi Bali yang kaya.

Jam Operasional

Sebelum menyelami keindahan Situs Gunung Kawi, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu jam operasionalnya. Situs bersejarah ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WITA hingga 18.00 WITA. Jadi, kamu punya banyak waktu untuk menjelajahi kompleks candi kuno ini, mulai dari pagi hingga sore hari.

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Bali