Air Terjun Jagir

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp10.000 Adventure Level

Air Terjun Jagir, Menikmati Peson Keindahan dan Kesegaran yang Disuguhkan oleh Alam

Deskripsi Singkat Air Terjun Jagir

Kalau bicara wisata di Banyuwangi pasti langsung inget sama Ijen. Ya, Banyuwangi memang terkenal dengan kawah dan blue fire di Ijen.

Jika kamu berkunjung ke ijen, jangan lewatkan merasakan segarnya Air Terjun jagir. Terdapat 3 aliran air terjun di tempat ini.

Dua air terjun berdekatan dengan ketinggian sekitar 20 meter, sedang yang satunya berjarak sekitar 300 meter dengan ketinggian 40 meter.

Tempat ini tidak terlalu luas, tapi pemandangan alam yang asri dan air terjun yang menyegarkan dapat menjadi pilihan tempat untuk refreshing.

Tempat wisata ini memang baru terkenal di kalangan masyarakat sekitar saja, belum seterkenal Gunung Ijen yang kecantikannya sudah terdengar hingga ke mancanegara.

Namun, tempat wisata lokal seperti inlah yang perlu dilestarikan, selain dapat menjadi mata pencaharian bagi masyarakat sekitar juga dapat menambah pendapatan daerah.

Terdapat ikan-ikan kecil di bawah air terjun yang mendekat jika kita merendam kaki kita di kolam air terjun, rasanya seperti fish therapy yang ada di spa.

Menurut info, ikan-ikan tersebut akan menyedot kotoran yang ada di kaki atau tangan kita dan rasanya agak geli. Semakin banyak ikan yang mendekat berarti semakin banyak kotoran yang ada di kaki tangan kita.

Jika kamu tidak berani mencoba, jangan sedih, main air sambil berendam di bawah air terjun ini sangat segar, penat-penat akan hilang seketika.

Atau jika tidak ingin basah-basahan, menikmati pemandangan di sekitar air terjun juga cukup menyenangkan dengan pemandangan yang asri dan fasilitas yang ada di sana.

Sejarah Air Terjun Jagir

Terdapat 3 aliran air terjun di tempat ini. Dua air terjun berdekatan dengan ketinggian sekitar 20 meter, sedang yang satunya berjarak sekitar 300 meter dengan ketinggian 40 meter.

Karena itu, masyarakat setempat banyak yang menyebut tempat ini dengan air terjun three in one, air terjun kembar, air terjun saudara sampai air terjun bidadari karena airnya yang jernih dan diibaratkan seperti pemandian bidadari.

Air terjun ini berasal dari tiga mata air yang berbeda yaitu Sumber Jagir, Sumber Pawon, dan Sumber Buyut Ijah.

Lokasi Air Terjun Jagir

Air terjun ini terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sekitar 1 jam dari Gunung Ijen.

Perjalanan menuju lokasi ini memakan sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, cukup memakan waktu 15-20 menit saja.

Dari perlimaan kota Banyuwangi, lalu belok kiri mengikuti arah jalan menuju Perkebunan Kalibendo. Lokasinya berjarak sekitar 1 kilometer sebelah timur Kalibendo.

Awalnya, tak ada gambaran sajian pemandangan alam seperti apa yang akan kita dapatkan. Namun, setelah menuruni sekitar 125 anak tangga, kami disuguhi pemandangan beberapa air terjun yang indah, dengan udara yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jagir

Untuk bisa menikmati keindahan dan suasana menyejukkan di Air Terjun Jagir ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuknya yang cukup murah, yaitu hanya Rp 5.000 saja.

Dengan tiket semurah itu, kamu udah bisa menyaksikan keindahan alam dengan pohon-pohon rindang dan juga kesegaran air terjun yang mengalir deras.

Itulah yang menjadi alasan lain kawasan Air Terjun Jagir ini menjadi salah satu kawasan wisata yang banyak dikunjungi dan merupakan favorit wisatawan.

Fasilitas di Air Terjun Jagir

Jangan khawatir soal fasilitas. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti lahan parkir yang ckup luas, sehingga saat kamu ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu tidak perlu khawatir susah mencari parkir.

Kemudian kamu juga bisa menemukan beberapa toilet umum di sini, yang akan memudahkan kamu jika sewaktu-waktu kamu ingin ke toilet.

Selain toiet umum, kamu juga bisa menemukan ruang ganti yang khusus disediakan untuk bilas dan ganti pakaian. Jadi untuk kamu yang bermain air dan ingin basah-basaha, tidak perlu khawatir mencari tempat untuk mengganti pakaian.

Di sini juga disediakan mushola, untuk memudahkan pengunjung yang beragama islam untuk melaksanakan ibadah 5 waktunya. Dan bisa menikmati keindahan air terjun Jagir ini lebih lama.

Terakhir, saat kamu mengunjungi kawasan wisata ini tanpa membawa bekal makanan, kamu tidak perlu takut kelaparan. Karena di sini kamu bisa menemuka banyak warung yang menjajakan makanan.

Dari makanan ringan hingga makanan berat, bisa kamu temukan di sini, meskipun menu yang ditawarkan tidak begitu bervariasi, tapi sangat cukup untuk mengganjal perut keronconganmu setelah lelah bermain air.

Aktivitas di Air Terjun Jagir

Menikmati keindahan air terjun dan pemandangan sekitar

Dengan keindahan yang disuguhkan oleh air terjun ini, kamu bisa menikmati pemandangan yang begitu menyejukkan.

Ditambah lagi dengan pemandangan sekeliling air terjun yang rimbun dengan pepohonan dan juga tumbuh-tumbuhan liar yang begitu hijau dan asri.

Dengan berdiam diri dan hanya berada di sini tanpa melakukan hal apapun saja, sudah bisa menghilangkan penat akan rutinitas keseharian yang menumpuk di kepala.

Memandang air terjun yang dengan tanpa ragu turun menimbulkan suara air yang deras namun juga menenangkan, akan membuat pikiran kembali segar.

Berenang dan bermain air

Selain menikmati keindahan dan pemandangan yang telah disajikan secara alami oleh alam, di sini kamu juga bisa menikmati air terjun ini dengan cara lain.

Yaitu bermain air dan berenang disekitar kolam bawah air terjun. Karena air terjun ini memiliki debit ait yang turun tidak begitu deras, dan juga kolam yang ada dibawahnya aman untuk berenang, jadi kamu bisa berenang dengan aman di sini

Jika kamu tidak ingin berenang, kamu juga bisa hanya bermain air di pinggil kolam.

Mengabadikan moment dengan latar belakang air terjun yang menawan

Pemandangan yang indah dari air terjun ini menjadi sebuah bukti keindahan alam yang bisa kamu abadikan.

Dengan berdiri membelakangi air terjun, kamu bisa mejadikan pemandangan air terjun ini mejadi sebuah latar belakang foto yang akan menghasilkan portrait yang begitu menakjubkan.

Piknik bersama keluarga

Di sini, kamu tidak hanya bisa memandangi air terjun yang dikenal dengan air terjun kembar ini saja. Kamu juga bisa berpiknik bersama keluarga di sini.

Dengan membawa bekal yang sudah disiapkan dirumah, kamu bisa menyantapnya sambil dtemani dengan suara air terjun yang begitu sejuk, juga pemandangan alam yang begitu menghijau menyejukkan mata dan juga pikiran.

Jam Operasional Air Terjun Jagir

Untuk kamu yang ingin mengunjungi air terjun ini, kamu bisa mengunjunginya kapan saja. Karena Air Terjun Jagir ini tidak memiliki jam operasional yang dipatenkan.

Tapi mengingat sekitar air terjun ini yang masih sangat rimbun oleh pohon-pohon dan juga masih jarang penerangan.

Demi keamanan dan juga keselamatan, dianjurkan untuk tidak berkunjung jika hari sudah mulai gelap.

Kesimpulan

Air Terjun Jagir merupakan pilihan destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam beserta keseruan yang bisa kamu lakukan di sana saat mengunjunginya.

Ia seakan menyimpan sebuah mantra penghilang stress dan penat yang begitu ampuh untuk kebanyakan orang.

Jadi, saat kamu mengunjunginya, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan sekitar air terjun Jagir ini ya.

Nah, itu dia beberapa ulasan dan informasi mengenai Air Terjun Jagir yang bisa kamu jadikan referensi jika kamu ingin berkunjung ke sini.

Keseruan sudah pasti akan kamu dapatkan saat berkunjung langsung ke Air Terjun ini. Jadi, jangan lupa untuk berkunjung ke sini jika sedang berlibur ke Banyuwangi ya. Selamat berlibur.