Pantai Grand Watu Dodol

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp15.000 Adventure Level

Deskripsi Singkat Pantai Grand Watudodol

Banyuwangi sepertinya memang benar-benar berkonsentrasi untuk memajukan pariwisatanya. Terbukti pada tahun 2017 lalu, kota yang mendapatkan julukan sebagai The Sunrise of Java ini menyabet gelar pulau terbersih versi ASEAN Tourism Standard Awards. Untuk Pantai Grand Watu Dodol.

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang pariwisata untuk tingkat Asia Tenggara.

Ini merupakan prestasi yang sangat besar lantaran sebelumnya destinasi wisata ini hampir tak pernah mendapatkan perhatian dari wisatawan.

Hal tersebut dikarenakan meski pantai ini berlokasi di dekat kawasan industri dan pelabuhan, pengunjung tetap akan menemukan suasana pantai yang bersih, nyaman, aman dan asri.

Kebersihan pantai ini tidak hanya dikarenakan pengelolaan pantai yang baik, tetapi juga karena masyarakat sekitar dan wisatawan yang peduli pada kebersihan pantai.

Ombak Pantai Watu Dodol ini juga cukup tenang, sehingga  memungkinkan pengunjung dan keluarga bermain di pesisir pantai.

Tapi meskipun aman, saat berkunjung, kamu tetaplah harus menjaga keselamatan mu dan keluarga, tetap awasi juga anak-anak saat bermain di pantai.

 

Sejarah Pantai Grand Watu Dodol

Pantai Grand Watudodol ini sebenarnya merupakan kawasan wisata pantai yang baru, bahkan hingga saat ini fasilitas di pantai ini masih terus dilakukan pembangunan.

Tapi, meskipun begitu, pantai ini merupakan salah satu bukti bahwa Banyuwangi memang benar-benar berkonsentrasi untuk memajukan pariwisatanya.

Bahkan pada tahun 2017 lalu, pantai Grand Watu Dodol ini mendapat gelar sebagai pantai terbersih versi ASEAN Tourism Standard Awards.

Dan penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang pariwisata untuk tingkat Asia Tenggara.

Bahkan angka yang didapat dalam penilaian tidak main-main, dari dari 108 kriteria, Grand Watu Dodol ini mendapatkan nilai 87,04 persen.

Penilaiannya ini sendiri tak hanya dalam hal kebersihan namun aspek lain yang ditujukan untuk kenyamanan para pengunjung.

Ini merupakan prestasi yang sangat besar lantaran sebelumnya destinasi wisata ini hampir tak pernah mendapatkan perhatian dari wisatawan.

Penghargaan tersebut sudah diberikan pada bulan Januari tahun 2017 dalam acara ASEAN Tourism Forum yang dilaksanakan di Thailand.

Tentu saja penghargaan yang sangat membanggakan itu akan jadi motivasi untuk meningkatkan berbagai kualitas program pariwisata, khususnya di Banyuwangi.

Lokasi Pantai Grand Watu Dodol

Tidak hanya memiliki pantai yang bersih, Grand Watu Dodol ini lokasinya dekat dengan Pelabuhan Ketapang.

Lokasi tepatnya berada di Dusun Paras Putih, Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi. Ini termasuk lokasi wisata baru tapi sudah mendapatkan banyak perhatian.

Bahkan sampai saat ini terus dilakukan pemugaran dan dipercantik untuk membuat para pengunjung betah.

Untuk akses menuju ke Pantai Grand Watu Dodol ini, jika kamu menaiki kendaraan pribadi dari arah Surabaya menuju Banyuwangi, maka kamu akan melewati Pantai Grand Watu Dodol ini.

Tapi jika kamu datang ke Banyuwangi menaiki kereta api, maka kamu harus berhenti di Stasiun Banyuwangi Baru, kemudian dari stasiun naik angkot (biaya angkot Rp 5.000) ke Terminal Sritanjung.

Setelah sampai di terminal lanjut naik angkutan desa (biaya angkot Rp 5.000) menuju ke utara, lalu berhenti di Pantai Grand Watu Dodol.

Begitu juga jika kamu datang ke Banyuwangi menaiki kapal ferry, maka rutenya akan sama dengan kereta api, karena Stasiun Banyuwangi Baru dan Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang berada di satu desa.

Atau untuk lebih mudah, kamu bisa menggunakan layanan ojek online, yang saat ini juga sudah tersedia hingga area tersebut.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Grand Watu Dodol

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, Minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kabupaten Banyuwangi. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Watu Dodol adalah Rp5,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Watu Dodol adalah Rp7,000.00.

Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin - Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Fasilitas di Pantai Grand Watu Dodol

Karena pengelolaan yang sudah cukup baik, kamu sudah bisa menemukan beberapa fasilitas umum yang biasa kamu temukan di kawasan wisata.

Seperti tersedianya kamar mandi dan kamar bilas untuk membasuh tubuh mu setelah bermain di pantai.

Kamu juga akan menemukan area parkir Pantai Grand Watudodol yang cukup luas, area parkir ini mampu menampung sekitar 20 bus pariwisata.

Area parkir bus dan mobil juga dibedakan dengan area parkir motor, sehingga pengunjung akan mudah dalam mengatur dan kelak mencari posisi kendaraannya.

Kemudian di sini juga tersedia tempat istirahat, gazebo, pendopo, kafe, warung, hingga rumah makan bisa kamu temukan di sini. Semua fasilitas tersebut tertata dengan rapi di Pantai Grand Watu Dodol.

Sehingga kamu tidak perlu repot membawa bekal dari rumah, karena makanan dan minuman yang dijual di kawasan Pantai Grand Watu Dodol ini rasanya enak dan harganya juga terjangkau.

Sebagai pengembangan fasilitas di Pantai ini akan dibangun Dermaga Jetty dan Amphitheater

Seperti yang dijelaskan sebelum - sebelumnya, Grand Watu Dodol ini sampai sekarang masih melakukan berbagai pemugaran dan penambahan fasilitas.

Fasilitas yang saat ini tengah digarap antara lain Dermaga Jetty dan Amphitheater yang membuatnya semakin terkesan mewah, namun dengan harga murah meriah.

Selain itu, Pantai Grand Watudodol ini juga berlokasi dekat dengan wisata lainnya. Kamu bisa mengunjungi Rumah Apung Penangkaran Hiu, menyeberang ke Pulau Tabuhan, bahkan menyeberang ke Pulau Menjangan.

 

Aktivitas di Pantai Grand Watu Dodol

Bermain di pinggir pantai

Pantai Grand Watudodol ini memiliki ombak pantai yang cukup tenang, sehingga memungkinkan pengunjung dan keluarga bermain di pesisir pantai.

Kamu bisa menikmati suasana pantai ini dengan bermain di pinggir pantai, menunggu ombak datang sambil menikmati sepoi anginnya pantai yang berhembus.

Tapi, meskipun ombak pantai ini tergolong aman, saat bermain dan menikmati pantai Grand Watu Dodol ini, kamu tetap harus menjaga keamanan dan keselamatan ya.

Apalagi untuk orang tua yang membawa anak-anak, kamu harus tetap mengawasi mereka saat bermain di pinggir pantai.

Berburu foto di spot foto menarik

Pantai memang daya tarik utama yang disuguhkan oleh Grand Watu Dodol. Tapi guna menarik perhatian para pengunjung untuk datang, banyak dibuat spot foto yang menarik di sini.

Contohnya saja ada banyak gazebo, ayunan, Jembatan Dek, ataupun juga latar belakang foto pohon kelapa yang cantik nan memikat hati. Tentunya ini akan semakin memperkaya koleksi foto-fotomu ya.

Snorkeling dan Diving Murah Meriah

Satu lagi yang membuat Pantai Grand Watudodol ini tak bisa ditolak pesonanya. Jika biasanya snorkeling ataupun diving selalu mahal, di sini tidak.

Dengan hanya mengeluarkan uang Rp 25,000 saja kamu sudah bisa menikmati biota bawah laut dan kehidupannya. Sangat murah sekali, kan?

Jam Operasional Pantai Grand Watudodol

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Watu Dodol.

Hari Jam Kerja
Senin 07.00-17.00 WIB
Selasa 07.00-17.00 WIB
Rabu 07.00-17.00 WIB
Kamis 07.00-17.00 WIB
Jumat 07.00-17.00 WIB
Sabtu 07.00-17.00 WIB
Minggu 07.00-17.00 WIB

Pantai Grand Watu Dodol ini merupakan salah satu pantai dengan wisata yang cukup lengkap, ditambah lagi dengan lokasi yang berada di pinggir jalan.

Tentunya menjadi sebuah keunggulan yang patut di banggakan karena pengunjung tidak akan kesusahan mencari dan mengunjungi Pantai Grand Watu Dodol ini.

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk mengunjungi Pantai Grand Watudodol ini, datanglah di pagi hari. Karena saat pagi hari kamu yang ingin melakukan aktivitas snorkeling bisa mendapatkan pemandangan yang lebih jernih dan jelas.

Selain itu juga saat pagi hari, panas terik di pantai ini tidak akan menyakitkan, malah terhitung menyehatkan.

Na, itu dia ulasan lengkap mengenai informasi dan keseruan yang bisa kamu lakukan di Pantai Grand Watudodol Banyuwangi.

Bagaimana, sangat perlu diagendakan untuk menjelajah Pantai Grand Watudodol ini bukan? Jadi, tunggu apalagi? Kemasi barangmu dan segera berlibur ke Pantai Grand Watudodol ini. Selamat berlibur.

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi