Pantai Mustika

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp20.000 Adventure Level

Pantai Pulau merah sedang menjadi primadona di Banyuwangi, Jawa Timur. Selain Pantai Pulau Merah, ada lagi sebuah pantai yang tak kalah keren dan menawan. Pantai ini pun bakal jadi saingannya si Pulau Merah.

Tidak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat pantai yang juga tak kalah indahnya. Pantai itu adalah Pantai Mustika.

Berbeda dengan Pantai Pulau Merah yang sangat ramai oleh pengunjung, Pantai Mustika masih relatif sepi sehingga bisa dibilang masih perawan.

Pantai Mustika memiliki kontur yang sangat landai. Karakteristik gelombang pecah (ombak) di sini pun terbilang cukup aman bagi pengunjung untuk bermain di tepi pantai.

Pasirnya putih dan bersih karena belum banyak pengunjung. Selain itu pantai ini membentuk seperti setengah lingkaran. Sungguh pantai yang sangat menawan.

Kawasan sekitar pantai ini cukup rindang karena ditumbuhi oleh ratusan pohon kelapa. Kesejukan pantai bisa dirasakan begitu memasuki kawasan tersebut.

Sudah ada meja dan kursi yang tertata rapi di sini yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai menikmati keindahan Pantai Mustika.

Sejarah 

Setiap nama yang disematkan untuk suatu tempat pastinya memiliki cerita tertentu. Begitu juga dengan nama Mustika.

Berdasarkan cerita dari warga lokal, banyak yang mengatakan bahwa Pantai Mustika berkaitan erat dengan kisah Ratu Kidul.

Asal usul nama pantai Mustika berawal dari kedatangan Nyi Roro Kidul yang datang ke tempat ini. ketika hendak pulang, mustika yang dikenakannya tertinggal di pantai ini.

Kemudian ada orang yang menemukan mustika tersebut. Sadar bahwa mustika tersebut milik Nyi Roro Kidul dia pun membuang mustika tersebut ke laut dengan harapan bisa kembali kepada pemiliknya.

Itulah asal usul kenapa pantai ini dinamakan pantai Mustika. Soal kebenaran cerita tersebut, tentu kembali kepada kepercayaan masing-masing orang.

Keistimewaan dari pantai Mustika adalah pantainya masih bersih dan alami, selain itu panjang pantai hampir mencapai 2 KM membentuk setengah lingkaran dan di tengah-tengahnya ada pulau mustika.

Rencananya pantai ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu publik dan private agar semua kalangan bisa menikmati.

Hal ini dilakukan karena permintaan wisatawan menengah ke atas yang menginginkan duduk santai dan ngopi dengan suasana yang tenang.

Lokasi 

Untuk kamu yang ingin berkunjung, Pantai Mustika terletak di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Untuk mencapai ke pantai cantik ini, dari Pantai Pulau Merah bisa dengan berjalan kaki sekitar 3-4 km mengikuti ke arah barat, atau sebelum memasuki pintu masuk Pantai Pulau Merah terdapat jalan desa ke kanan.

Kemudian kamu tinggal mengikuti saja jalan tersebut, hingga nantinya kamu akan sampai di Pantai Mustika.

Jika dihitung dari kota, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan darat untuk sampai di pantai ini.

Selain itu letak pantai ini juga cukup mudah dilalui, jika kamu masih kesulitan bisa menggunakan GPS dengan mengetikkan nama Pantai Mustika.

Kemudian kamu akan otomatis mendapatkan rute petunjuk jalan yang harus kamu lalui untuk menuju dan sampai ke Pantai Mustika ini.

 

Harga Tiket Masuk 

Untuk tiket masuknya saja masih dihitung per rombongan. Jika datang dengan 1 minibus berisikan 15 orang hanya dikenai uang masuk Rp 20.000 saja.

Jadi, jika kamu datang dengan rombongan yang tidak lebih dari 15 orang, maka kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, atau gratis.

Fasilitas 

Untuk fasilitas yang tersedia di pantai ini, masih belum selengkap seperti di wisata pantai pada umumnya.

Tapi setidaknya di sini sudah tersedia area parkir yang memadai, bahkan area parkir Pantai Mustika ini cukup untuk parkir bus pariwisata.

Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan gazebo untuk tempat istirahat dan piknik, atau bisa juga kamu jadikan tempat untuk menikmati keindahan dari pantai mustika ini.

Sudah terdapat fasilitas umum seperti toilet dan musholla juga di sini, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin bermain air dan basah-basahan.

Kamu bisa membilas badan dan mengganti pakaian di toilet umum dan kamar mandi umum yang sudah disediakan.

Kemudian di sini juga sudah tersedia meja dan kursi di pesisir pantai untuk kamu jadikan tempat menikmati keindahan pantai ini, biasanya pengunjung menggunakannya untuk menunggu momen sunset di pantai ini.

Untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas snorkeling, di sini kamu juga bisa menemukan persewaan alat snorkeling. Jadi, kamu tidak perlu repot membawanya sendiri dari rumah.

Aktivitas 

Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Mustika merupakan pantai yang masih perawan, itulah mengapa pantai ini masih tergolong sepi dan juga masih begitu alami.

Saat berkunjung di sini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang masih bersih dan juga pemandangan pegunungan hijau yang berada sekitar pantai.

Karena tidak begitu ramai, kamu bisa menikmati suasana pantai ini dengan tenang, menikmati suara ombak sambil merasakan sepoi angin yang menyapa.

Bermain Air Di Tepi Pantai

Pantai Mustika ini memiliki kontur yang landai, ombaknya juga tidak begitu besar. Sehingga pantai ini sangat cocok dan juga aman untuk pengunjung bermain di pinggir pantainya.

Pasir putih bersih dengan sapuan ombak yang tidak begitu deras, akan membuatmu merasakan sebuah rayuan ketenangan, yang disuguhkan oleh alam saat berada di pinggir pantai ini.

Snorkeling dan diving

Keindahan yang diberikan Pantai Mustika ini bukan hanya tentang pemandangan alam indahnya saja, tetapi juga keindahan dalam lautnya.

Makhluk hidup di bawah laut ini sungguh begitu indah. Maka dari itu, di sini kamu juga bisa melakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving.

Terumbu karang di bawah laut yang cantik dan dapat terlihat jelas langsung dengan mata telanjang ini akan menyambutmu saat kamu melakukan snorkeling dan diving.

Terumbu karang juga sering kali dijadikan sebagai tempat berkumpulnya habitat dari ular laut. Tapi jangan khawatir, karena ular laut ini aman.

Tidak pernah ada kejadian ular tersebut menggigit pengunjung yang berenang. makan dari itu kamu juga lebih baik menjaga semua binatang yang ada, maka mereka juga tidak akan mengganggumu.

Hunting Foto

Saat kamu datang ke sini, jangan lupa untuk membawa kamera. Karena pesona dan pemandangan yang disuguhkan oleh Pantai Mustika ini akan sangat sayang jika tidak kamu abadikan.

Banyak sekali pengunjung yang datang ke sini juga bertujuan untuk mengambil gambar dengan latar belakang laut yang luas.

Karena selain berwisata, para pengunjung yang datang kesini memang sudah berniat untuk hunting foto.

Banyak sekali komunitas pencinta fotografi datang ke sini, untuk mengambil dan mengabadikan keindahan Pantai Mustika ini dari berbagai sudut.

Jam Operasional 

Untuk jam buka di Pantai Mustika ini sebenarnya tidak ada ketentuan ditutup jam berapa. Hanya saja banyak sekali pengunjung yang meninggalkan lokasi wisata saat hari sudah gelap.

Biasanya pengunjung yang datang ke pantai ini menikmati dan berwisata di pantai ini saat pagi hari hingga sore hari.

Pengunjung biasanya meninggalkan pantai ini setelah melihat matahari terbenam. Karena di sini sangat tepat jika kamu menunggu momen sunset.

Pemandangan sunset di sini sangat indah, maka dari itu wisatawan tidak pernah melewatkan momen ini.

 

Kesimpulan

Pantai Mustika ini merupakan pantai yang cukup nyaman dan tenang untuk yang sedang mencari sedikit kedamaian saat berlibur.

Apalagi di sini kamu bisa menikmati pantai hingga menunggu momen matahari terbenam. Dengan demikian liburan seharianmu di pantai ini bisa ditutup dengan pemandangan yang menenangkan.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai keindahan dan pesona dari Pantai Mustika yang ada di Banyuwangi ini.

Semoga bisa bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna untuk kamu yang berencana untuk menjelajahi Pantai Mustika ini.

Bisa dijamin kamu tidak akan menyesal dengan keindahan dan keseruan yang bisa kamu rasakan saat mengunjungi pantai ini. Jadi, jangan ragu-ragu untuk berkunjung ke sini ya. Selamat berlibur.

 

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi