Pantai Pancur

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp5,000 Adventure Level

Pantai Pancur merupakan salah satu anggota dari Taman Nasional Alas Purwo. Nama Pancur berasal dari sungai kecil atau air terjun yang mengalir melalui pasir dan bermuara langsung ke laut. Pantai Pancur Banyuwangi ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang mencari ketenangan dan pemandangan yang spektakuler.

Pantai Pancur memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak sedang dan medan yang luas sehingga cocok untuk berkemah bersama keluarga. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat sungai kecil air tawar yang membentuk air terjun kecil dan mengalir ke laut. Oleh karena itu pantai ini dinamakan Pantai Pancur.

Daya Tarik Wisata Pantai Pancur

Ombak besar di Pantai Pancur Banyuwangi bukan hanya memanjakan mata, tapi juga menyenangkan telinga. Suara deburan ombak yang menakjubkan ini menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan.

Keberadaan monyet liar yang berkeliaran bebas di sekitar pantai menambah nuansa unik dan alami. Pengunjung dapat berinteraksi dengan monyet-monyet ini dengan tetap menjaga keamanan dan kebersihan.

Bagi pecinta alam, Pantai Pancur menawarkan camping ground yang dapat disewa untuk berkemah. Menikmati deburan ombak di malam hari sambil berkemah menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Di dekat pantai, terdapat batuan vulkanik yang indah dan menarik untuk dijadikan objek foto. Lumut hijau yang menyelimuti batuan menambah keasrian dan kealamian Pantai Pancur.

Tips Berkunjung

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pancur adalah pada pagi atau sore hari. Hal ini karena cuaca di pagi dan sore hari lebih sejuk dan tidak terlalu panas.

Perlu diingat bahwa ombak di Pantai Pancur tergolong besar. Oleh karena itu, berenang di pantai ini tidak disarankan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di sekitar Pantai Pancur terdapat monyet liar. Jadi, berhati-hatilah saat berkunjung ke sana. Hindari membawa makanan atau minuman yang terbuka karena dapat menarik perhatian monyet-monyet liar tersebut.

Patuhi peraturan dan norma yang berlaku di area pantai. Jagalah kebersihan dan kelestarian pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Lokasi Pantai Pancur

Lokasi Pantai Pancur terletak di Jl Brawijaya No.20 Purworejo, Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini menjadi salah satu anggota Taman Nasional Alas Purwo, dan berjarak sekitar 65 KM dari Kota Banyuwangi dengan estimasi perjalanan sekitar 1 jam 40 menit. 

 

Tiket Masuk Pantai Pancur

Tiket masuk di Pantai Pancur sebesar Rp.5.000,00 belum termasuk parkir. Harga ini cukup murah untuk menikmati suasana pantai yang penuh angin dan gemuruh ombak.

Fasilitas di Pantai Pancur

Tempat ini memiliki resort bernama Resort Pancur yang memiliki kantor petugas, toilet, kantin, tempat parkir, dsb. Jadi tidak perlu khawatir tempat ini sepi karena selalu ada petugas yang berjaga.

Tempat ini juga memiliki camping ground yang dapat disewa untuk menghabiskan malam di dekat Pantai Pancur. 

Untuk urusan makan tidak perlu khawatir karena di Pantai Pancur terdapat beberapa kios makanan yang menyediakan berbagai makanan dari snack sampai makanan berat, selain itu terdapat juga kelapa muda yang dapat dibeli untuk menyegarkan tubuh sembari menikmati suasana Pantai Pancur.

Saat menuruni jalan menuju Pantai Pancur dari Resort Pancur, terdapat aliran sungai yang jernih dan dikelilingi pohon-pohon besar, para wisatawan dapat istirahat disana sembari mencari spot foto.

Disini juga tersedia jeep tour untuk menyusuri garis pantai yang ada di sekitar Pantai Pancur. Jeep in dapat mengantarkan kalian jika ingin melanjutkan perjalan seperti ke Pantai Goa Macan.

 

Aktivitas di Pantai Pancur

Pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan ombak yang kencang sehingga dapat menenangkan pikiran. Selain itu para pengunjung juga dapat membeli beberapa makanan yang tersedia di kios-kios sekitar Pantai Pancur.

Jika ada yang hobby camping, Pantai Pancur juga menyediakan camping ground yang dapat disewa untuk menghabiskan malam bersama orang terdekat sembari menikmati suasana dekat pantai yang ramai akan suara ombak.

Para pengunjung juga dapat menyusuri sungai di dekat Pantai Pancur sembari menikmati suasana yang rindang akan pepohonan. Selain itu para pengunjung juga dapat melihat berbagai satwa liar dari Taman Nasional Alas Purwo seperti monyet dan rusa yang sering menampakan diri di wilayah Pantai Pancur.

Jam Operasional

Pantai Pancur buka setiap hari dari hari senin sampai minggu, dan untuk jam operasional Pantai Pancur buka 24 jam.

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Banyuwangi