Pulau Menjangan

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp25.000 Adventure Level

Deskripsi Singkat Pulau Menjangan

Pulau Menjangan, pulau yang terletak di bagian barat Pulau Bali ini telah memukau begitu banyak wisatawan. Pulau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat.

Di Pulau ini kamu dapat melakukan berbagai macam olah raga air, antara lain: diving dan snorkeling. Selain itu, Pulau Menjangan terkenal dengan wall-diving terbaik di Bali.

Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut.

Tebing bawah laut di Pulau ini memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih. Mengasyikkan bukan?

Meskipun terkenal dengan wall diving terbaiknya. Pulau ini memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter.

Kamu akan menemukan banyak ikan jenis Gorgonial fanfish di sini. Kondisi perairan di sini cukup tenang sehingga jarak pandang kamu bisa mencapai 50 meter di kondisi cuaca tertentu.

 

Sejarah Pulau Menjangan

Pulau Menjangan terletak pada koordinat 8o03’– 8o07’ LS dan 114o 25’–114o 35’ BT. Secara administratif pulai ini termasuk wilayah Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Namun, secara pengelolaan kawasan ini lebih diserahkan kepada pihak TNBB (Taman Nasional Bali Barat).

Secara geologi Pulau ini dibagi atas beberapa batuan penyusun. Sebagaimana penelitian Purbo- Hadiwidjoyo (1972), dari muda ke tua batuan tersebut dalam stratigrafi regional adalah: Endapan Aluvium, Formasi Palasari dan Batuan Gunung api Formasi Buyan Bratan dan Batur, Batuan Gunung api Jembrana, Formasi Asah dan Formasi Prapatagung, dan Formasi Selatan.

Di Pulau Menjangan terdapat banyak biota-biota laut nan indah. Terumbu-terumbu karang di laut tersingkap hingga ke permukaan.

Diperkirakan outcrop batuan karbonat yang tersingkap di pulau ini adalah hasil dari aktivitas tektonik yang berperan dalam pembentukan Pulau Menjangan pada periode Miosen-Tersier.

Dari hasil analisis seismik pantul dangkal saluran tunggal, ditemukan carbonate buildup dan beberapa sesar aktif di pulau ini hingga Tanjung Pasir Putih.

Hal ini tentu akan menjadi kajian penting dalam pembangunan tempat wisata di Bali Utara. Di pulau ini hingga perairan Selat Bali juga terdapat banyak kandungan titanium.

Informasi ini diperoleh dari hasil analisis mineral yang pernah dilakukan oleh Tim Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) pada 1990.

Hewan Aslinya Sudah Punah

Kata Menjangan diambil dari nama hewan yang dulunya hidup sejahtera di pulau ini. Menjangan adalah hewan yang mirip kijang dengan nama ilmiah Cervustimorensis.

Kijang di Pulau ini hilang atau punah akibat perburuan besar-besaran oleh manusia. Namun, untuk mempertahankan nama serta identitas pulau ini, pada 1980 dilepaskan sekitar 22 ekor ekor kijang oleh pengelola setempat.

Kijang-kijang ini dilindungi oleh Pemerintah sehingga berkembang biak dan jumlahnya sekarang sudah semakin banyak.

Selain Menjangan, di pulau ini juga dapat dijumpai ikan Nemo yang juga sering disebut ikan badut, pada saat kita melakukan snorkeling atau diving.

Lokasi Pulau Menjangan

Alamat Pulau Menjangan sendiri berada di dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), yaitu di Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155.

Lokasinya berada di sebelah timur laut TN Bali Barat, dan jika dari arah jantung pariwisata Bali seperti Tempat Wisata di Kuta dan Tempat Wisata di Seminyak lumayan jauh,

Dimana kamu untuk mengakses lokasinya harus menempuh waktu berkendara tidak kurang dari 3 jam waktu perjalan, itu pun baru mencapai tempat penyeberangan ke Pulau ini.

Cara dan Transportasi Menuju Ke Objek Wisata Pulau Menjangan Bali

Kamu bisa mengakses Pulau ini dari Surabaya dan Bali karena letaknya di bagian barat. Dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kamu dapat naik bus DAMRI ke Terminal Bungurasih lalu melanjutkan perjalanan dengan bus umum atau travel jurusan Denpasar dan berhenti di Pelabuhan Gilimanuk.

Sementara dari Bandara Bali, Kamu bisa sewa mobil atau taksi langsung ke Pelabuhan Gilimanuk. Jika ingin berhemat, Kamu dapat terlebih dahulu menuju ke Terminal Ubung di Denpasar lalu naik bus umum atau travel jurusan Surabaya / Banyuwangi dan berhenti di Pelabuhan Gilimanuk.

Dari Gilimanuk, perjalanan berlanjut menuju Pelabuhan Menjangan selama 15-20 menit dengan angkutan umum.

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil yang terpisah dengan daratan pulau bali, oleh karenanya cara satu – satunya saat ini untuk mengaksesnya dengan menyeberang naik perahu.

Saat ini banyak wisatawan yang mau liburan mengunjungi Pulau Menjangan, menjadikan daerah Labuan lalang dan Pemuteran menjadi lokasi tempat penyeberangan menuju ke Pulau Menjangan.

Labuan Lalang yang merupakan tempat penyeberangan menuju ke pulau menjangan, lokasinya berada di desa Sumber Kelampok, Kecamatan Gerokgak Buleleng Bali.

Lokasi Lanuan Lalang sendiri terletak sekitar 50 kilometer dari tempat wisata Pantai Lovina dan 10 Kilometer dari Pemuteran.

waktu tempuh dari labuan lalang dengan naik perahu menuju ke Pulau Menjangan adalah sekitar 30 menit perjalanan.

 

Harga Tiket Masuk Pulau Menjangan

Untuk harga tiket masuk ke Pulau Mejangan ini sendiri setiap pengungjung lokal atau domestik yang akan melihat dan menikmati pesona keindahan alam bawah laut di pulau ini akan dikenakan tarif Rp.2.500/orang dan Asuransi Rp.4.000.

Sedangkan untuk tiket masuk pulau menjangan bagi pengunjung aal mancaegara (Wisman) dikenakan tarif Rp.400.000/orang.

Harga Sewa Kapal/Perahu Bermotor untuk sekali penyeberangan dari Labuan Lalang menuju Objek Wisata Pulau Menjangan Bali adalah mulai dari Rp.300.000 – Rp.400.000.

Untuk peralatan snorkeling per orang adalah Rp. 40.000,- sampai Rp. 50.000,-. Harga tiket masuk Rp. 2.500,- per orang, sedangkan untuk asuransi, setiap orang dikenakan biaya Rp. 4.000,-.

Jika ingin menggunakan jasa pemandu, Kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100.000,- per kelompok. Sewa kapal bisa lebih murah jika kamu menyewa gabungan dengan wisatawan lain.

Catatan : untuk biaya naik perahu ke pulau menjangan di atas, tarifnya temporer, dimana anda bisa melakukan tawar menawar dengan sopir boatnya.

Fasilitas di Pulau Menjangan

Sebagai salah satu spot diving dan snorkeling terbaik di dunia, sudah tentu tempat wisata pulau menjangan bali juga sudah tersedia banyak fasilitasnya.

Dan salah satu fasilitas dan akomodasi wisata yang paling penting untuk anda ketahui adalah tempat penginapan yang bisa anda tempati selama liburan di Pulau Menjangan Bali.

Berikut adalah daftar penginapan di sekitar dan dekat pulau menjangan yang sangat rekomended anda tinggali, dengan tarif atau sewa kamar terbaik dan murah.

Penginapan Murah di Pulau Menjangan Mulai 100 Ribuan

  1. Mami In Homestay, inilah penginapan murah di kawasan objek wisata pulau menjangan, dengan harga sewa kamar permalam mulai Rp.100.000
  2. Exotic Menjangan,  dengan tarif sewa kamar permalam mulai Rp.150.000
  3. Banyuwedang Homestay,  dengan tarif sewa kamar permalam mulai Rp.180.000
  4. The Barari Villas, idengan tarif permalam Rp.360.000

Itulah daftar hotel, Villa, Homestay murah di sekitar pulau menjangan yang bisa anda tinggali selama liburan di sana.

 

Aktivitas di Pulau Menjangan

Scuba diving dan Snorkeling

Seperti sudah disinggung oleh kang dian di atas, bahwa Kawasan Pulau Menjangan adalah merupakan surga wisata bahari bagi para penyelam.

Oleh karenanya, aktifitas wisata terpopuler dan paling banyak dilakukan oleh wisatawan di pulau ini adalah kegiatan Scuba Diving dan Snorkeling.

Berikut adalah titik atau spot menarik keindahan bawah laut di pulau ini yang menjadi favorit para penyuka kegiatan menyelam ;

1. Dekat Dermaga

Tempat pertama yang menjadi favorit kegiatan scuba diving maupun snorkeling di pulau ini adalah di dekat dermaga.

Dengan sedikit saja anda berenang di sekitar tepian sungai, maka seketika itu juga kita sudah bisa melihat beraneka ragam jenis ikan yang lalu lalang di air.

jika kemudian kita berenang lebih ke tengah lautan, maka kita mulai akan menemukan kawasan terumbu karang dengan berbagai jenis ikan berwarna – warni yang lebih banyak lagi.

2. Dekat Tebing

Spot selanjutnya yang bagus untuk scuba diving dan snorkeling di objek wisata pulau menjangan bali berada di dekat tebing.

Serunya, jika kita berada di spot ini, sebelum kita meceburkan diri ke air untuk menyelam, maka keindahan terumbu karang dengan satwa laut yang ada di sekitarnya sudah terlihat.

Airnya yang sangat jernih serta lokasinya yang berbatasan dekat dengan palung laut, menjadikan spot ini menjadi surganya kehidupan laut di pulau ini.

Nah untuk itulah spot kedua ini menjadi favorit wisatawan yang tertarik untuk melihat keindahan bawah laut di pulau ini, namun tidak dengan menyelam.

Bali Odyssey Submarine

Jika kamu bertanya adakah cara yang tepat jika anda ingin melihat dan menikmati keindahan kehidupan bawah laut bali bersama keluarga tanpa harus menyelam?

Jawabannya ada, karena saat ini sudah ada jasa layanan mengekplorasi pesona surga wisata bahari alam bawah laut bali dengan naik Kapal Selam Odyssey. Yaitu Bali Odyssey Submarine.

Bali Odyssey Submarine saat ini adalah satu – satunya penyedia layanan wisata kapal selam di pulau Bali.

Saat ini wisata kapal selam odyssey submarine hanya beroperasi di dua tempat di dunia, yaitu di Amuk Bay Bali dan Perairan Maui Hawai, Amerika Serikat.

Untuk bisa menikmati pesona keindahan bawah laut di Amuk Bay Pulau dewata dengan menggunakan kapal selam odyssey, tersedia beberapa paket pilihan harga.

HARGA PAKET ODYSSEY SUBMARINE BALI USIA 12 – 70 TAHUN

Paket Submarine Rp.650.000/orang

Paket Submarine Family Package Rp.1.980.000

HARGA PAKET ODYSSEY SUBMARINE BALI USIA 5 – 12 TAHUN

Paket Usia 5 – 12 Tahun Rp.450.000

Paket 0 – 5 Tahun Rp.110.000

Jam Operasional Pulau Menjangan

Waktu operasional objek wisata pulau menjangan bali sendiri adalah setiap hari, senin hingga minggu selama 24 jam.

Pulau Menjangan yang dikenal oleh para diver sebagai tempatnya wall diving terbaik di Bali bahkan di dunia ini memiliki taman bawah laut yang sangat berwarna dan penuh dengan berbagai jenis ikan sekaligus kaya biota laut.

Pulau yang indah di Bali Utara ini dikelilingi terumbu karang dengan drop off sedalam 60 meter dan formasi batuan.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Mejangan ini, harus benar-benar mencari informasi dengan detail terlebih dahulu.

Agar kamu tidak kerepotan saat sudah sampai di lokasi wisata ini. namun, Jika kamu tidak mau bersusah payah untuk mengurusi semuanya.

Saat ini sudah banyak travel agent yang menawarkan paket wisata ke Pulau Mejangan ini. Sehingga kamu hanya tinggal berangkat tanpa harus susah mengurusi persiapan tour.

Semakin mudah bukan, untuk bisa mengunjungi Pulau dengan sejuta peson di selat Bali ini? jadi, tunggu apa lagi? Pulau Mejangan sudah menanti. Selamat berlibur