Taman Nasional Baluran

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp20.000 Adventure Level

Taman Nasional Baluran yang berada di Jawa Timur ini banyak dikatakan mirip dengan savana yang berada di benua Afrika.

Memang tidak salah lagi, karena di sini kamu bisa menemukan pemandangan yang mirip dengan yang ada di Afrika sana.

Rerumputan yang terbentang sepanjang mata memandang, pohon-pohon dengan batang yang mekar, terlihat satu dua di atas rumput.

Dan yang paling menyejukkan mata adalah background gunung Baluran yang tinggi menjulang yang terlihat mulai dari pangkal hingga pucuk gunung jika cuaca sedang cerah.

Tidak hanya pemandangannya saja yang luar biasa, Taman Nasional ini juga melindungi banyak hewan padang rumput seperti banteng, kerbau, rusa, monyet berekor panjang, dan burung pemilik ekor panjang, burung merak.

Sehingga saat kamu mengunjungi taman ini, kamu bisa melihat keberadaan mereka yang sedang merumput di tengah savana.

Bahkan, sekali-sekali, sekawanan rusa akan melintasi kendaraanmu yang sedang melewati jalan. Pemandangan yang akan membuatmu seolah-olah sedang berada di Afrika dengan situasi demikian.

 

Sejarah 

Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur merupakan sebuah taman nasional dengan luas area 25.000 hektar.

Wilayah utama wisata Baluran adalah hamparan padang rumput yang amat luas. Luas savana Baluran ini mencapai sepertiga dari luas keseluruhan taman nasional, yaitu 10.000 hektar. Savana Baluran ini adalah savana terluas yang dimiliki Pulau Jawa.

Nama Baluran diambil dari nama gunung yang menjulang tinggi di kawasan ini, yaitu Gunung Baluran.

Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi dari berbagai macam flora dan fauna beserta ekosistemnya yang terdiri dari berbagai bentang alam dan merupakan kombinasi ekosistem hutan, laut, savana hingga pegunungan.

Taman nasional ini ditetapkan oleh pemerintah sejak 6 Maret 1980 yang bertujuan untuk melindungi dan melestarikan tumbuhan serta hewan.

Hingga saat ini tumbuhan yang dilindungi terdiri dari 444 jenis tumbuhan, beberapa di antaranya termasuk dalam kategori langka seperti Wisoro Bukol, Kesambi, Ketapang, Mimbo, dan masih banyak yang lainnya.

Jenis Satwa di dalam Savana

Sedangkan untuk jenis satwa yang dilindungi sebanyak 28 jenis mamalia, 196 jenis burung ditambah reptilian dan pisces.

Beberapa binatang yang dilindungi di antaranya adalah, benteng, macan tutul, kera, lutung, merak hijau, rangkong, serta masih banyak yang lainnya.

Meski secara resmi baru ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 1980, Baluran sebenarnya sudah dijadikan sebagai suaka margasatwa sejak hampir satu abad yang lalu.

Bermula dari perhatian AH. Loedeboer, seorang berkebangsaan Belanda yang gemar berburu, mengatakan bahwa Baluran memiliki peranan yang sangat penting dalam perlindungan satwa, terutama mamalia besar.

Selanjutnya, di tahun 1930, Direktur Kebun Raya Bogor, KW. Dammerman mengusulkan agar Baluran dijadikan sebagai hutan lindung.

Akhirnya pada tahun 1937, melalui SK GB. No.9 tanggal 25 September 1937, Baluran ditetapkan menjadi Suaka Margasatwa oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda.

Kemudian penetapan Baluran sebagai kawanan Suaka Margasatwa kembali dilakukan setelah Indonesia merdeka pada 11 Mei 1962 oleh Menteri Pertanian dan Agraria.

Lalu berlanjut pada 6 Maret 1980, Menteri Pertanian menetapkan Baluran sebagai Taman Nasional.

Lokasi 

Letak Taman Nasional Baluran ini masuk di desa Wonorejo, kecamatan Banyuputih, kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Sebenarnya, kawasan Baluran ini terletak di perbatasan kabupaten Situbondo dan kabupaten Banyuwangi.

Untuk menuju ke Taman Nasional Baluran ini sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum.

Karena letak pintu masuk destinasi wisata ini berada tepat di pinggir jalan poros yang menghubungkan Banyuwangi dengan Situbondo.

Selain itu, semua kendaraan yang datang dari arah Jakarta atau Surabaya menuju Bali serta sebaliknya dengan melewati jalur Pantura akan melewati jalan ini. Sehingga akses jalan menuju ke lokasi sangat mudah.

 

Harga Tiket Masuk 

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, Minggu atau hari biasa. Berikut daftar harga tiket masuk ke area Kabupaten Banyuwangi.

Saat weekday, harga tiket masuk Taman Nasional Baluran adalah Rp15,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Taman Nasional Baluran adalah Rp150,000.00.

Harga weekday umumnya berarti hari Senin - Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu. Harga tersebut masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas 

Taman Nasional Baluran memiliki fasilitas yang cukup lengkap, terutama dari sisi akomodasi. Karena Baluran dilengkapi dengan fasilitas penginapan semacam homestay yang terdapat di dua tempat, yaitu di kawasan Bekol dan di kawasan Pantai Bama.

Fasilitas akomodasi di kedua penginapan tersebut juga dilengkapi dengan kamar mandi, musholla serta kantin yang berada di luar. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh pengunjung lain yang tidak menginap di tempat tersebut.

Untuk para backpacker tersedia camping ground area jika ingin menginap di lokasi wisata dengan mendirikan tenda dan tidur di alam terbuka.

Fasilitas lainnya yang bisa kamu temui jika kamu berkunjung ke Taman Baluran dan Pantai Bama ini adalah persewaan perahu berkapasitas 10 orang yang dapat dimanfaatkan untuk berkeliling kawasan perairan di pantai yang airnya sangat jernih.

Jadi, meskipun di kawasan sekitar objek wisata ini tidak terdapat hotel, tapi dengan adanya kedua penginapan tersebut, wisatawan tidak perlu bingung untuk mencari tempat bermalam serta menyusun itinerary selama tour dan menikmati waktu liburan di sini.

 

Aktivitas di Taman Nasional Baluran

Saat kamu berkunjung ke Taman Nasional Baluran ada beberapa pembagian tempat wilayah yang bisa kamu kunjungi, yaitu sebagai berikut:

Hutan Musim

Pertama kali Anda masuk Taman Nasional Baluran, Anda akan disambut dengan rimbunnya hutan musim. Wilayah ini dinamakan hutan musim karena tempat ini berubah sesuai musim yang ada.

Pada musim penghujan, hutan ini akan terlihat rimbun dan menghijau, namun pada musim kemarau, hijaunya dedaunan tidak akan tampak, dan berubah warna menjadi kuning bahkan rontok, sehingga hutan musim akan didominasi warna cokelat. Kawasan ini akan Anda lalui sejauh kurang lebih 5 kilometer.

Hutan Evergreen

Di kilometer 6 sampai dengan 9, Anda akan dibawa ke kawasan hutan abadi atau dikenal dengan hutan evergreen. Hutan ini akan selalu terlihat hijau di sepanjang tahun dan sepanjang musim.

Hutan evergreen terletak di atas tanah yang subur karena lapisan tanahnya yang selalu dibasahi air. Di tempat ini, terdapat aliran air atau sungai yang terus mengalir sehingga membuat kawasan evergreen ini terus tumbuh subur.

Saat kamu datang kapan pun ke tempat ini, kamu akan selalu disambut oleh warna hijaunya hutan evergreen.

Padang Rumput (Savana Bekol)

Di sinilah surga Taman Nasional Baluran berada. Padang rumput yang terbentang luas sejauh mata memandang. Hewan-hewan yang berkeliaran kesana kemari menjadi pemandangan indah tersendiri bagi pengunjung.

Kamu bisa menyaksikan padang rumput lebih jauh lagi melalui menara pandang. Menara setinggi 30 meter ini membantumu untuk melihat-lihat view dengan jarak yang lebih jauh.

Keadaan rumput di padang savana ini menyesuaikan keadaan seperti pada hutan musim. Kamu akan menjumpai rumput-rumput berwarna cokelat dan gersang di musim kering, sedangkan pada musim hujan, rumput-rumput akan tumbuh subur.

Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Destinasi terakhir dari Taman Nasional Baluran adalah Pantai Bama. Pantai Bama ini berada sejauh 3 kilometer dari lokasi padang savana bekol. Kamu dapat meneruskan perjalanan dari padang rumput, mengikuti arah jalan yang ada.

Pantai Bama memiliki pemandangan yang tak kalah seru dibanding pantai lain di Jawa Timur. Pantai ini sudah menyediakan fasilitas lengkap termasuk penginapan.

Kamu bisa melakukan aktivitas pantai seperti berenang, snorkeling, menyelam, dan menaiki perahu.

 

Jam Operasional 

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran buka jam 07.30 dan tutup jam 16.00. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.

 

Kesimpulan

Kawasan Taman Nasional Baluran menyuguhkan berbagai keindahan yang mungkin tidak akan puas jika kamu hanya menghabiskan waktu satu hari di sana.

Jadi untuk kamu yang datang dari luar kota atau provinsi atau yang berniat melakukan perjalanan backpacker ke Taman Nasional Baluran, Pantai Bama menyediakan penginapan.

Penginapan di Pantai Bama ini berlokasi di sekitar hutan mangrove. Kamu bisa menikmati suasana pantai dengan menyewa salah satu kamar di penginapan yang ada.

Penginapan di sini tidak hanya di Pantai Bama saja. Kamu juga bisa menemukan penginapan lain di kawasan padang savana bekol.

Total penginapan di taman ini ada 5 penginapan. 3 penginapan di padang rumput savana dan 2 lainnya berada di Pantai Bama. Kamu bisa memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah itu dia ulasan lengkap dari Taman Nasional Baluran serta keseruan yang bisa kamu dapatkan saat mengunjunginya. Jadi, kapan liburan ke Taman Nasional Baluran?

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi