Coban Rais

Destinasi Malang Tiket Masuk Tak Tersedia Adventure Level

Kota Batu Malang membuktikan keseriusannya dalam menggarap industri pariwisata dengan upaya yang tidak pernah berhenti untuk menggali potensi wisata yang baru, serta memaksimalkan obyek wisata yang sudah ada melalui penambahan dan peningkatan fasilitas.

Salah satu obyek wisata yang menjadi bukti adalah Coban Rais.

Kawasan ini dipermak sedemikian rupa sehingga menjadi magnet bagi para wisatawan.

Obyek wisata yang semula kurang dikenal saat ini telah menjadi idola baru para wisatawan yang berkunjung ke kota Batu, Malang.

Meskipun begitu, sampai saat ini Coban Rais masih membatasi jumlah pengunjung yang bisa mengunjungi kawasan wisata ini tiap harinya.

Alasannya adalah karena mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan wisatawan.

Jadi, jika kamu berkunjung ke Coban Rais, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu tidak akan kecewa dengan pemandangannya yang selalu bisa dinikmati, dan tidak tertutupi oleh lautan manusia.

Hamparan perbukitan hijau yang luas, dipenuhi dengan semak belukar tampak segar dipandangan mata. Ditambah lagi dengan suhu udara yang sangat sejuk.

Dijamin kamu akan sangat nyaman untuk berlama-lama di sana, karena bersantai sambil menyaksikan derasnya guyuran air terjun menjadi sebuah refreshing yang nyaman.

Sejarah Coban Rais

Dahulu obyek wisata air terjun ini lebih dikenal dengan nama Coban Sabrangan, nama tersebut diberikan karena untuk mencapai lokasi air terjun pengunjung harus terlebih dahulu menyebrangi sungai.

Tempat wisata ini berada di lereng sebelah timur Gunung atau Bukit Panderman dengan jarak sekitar 5 km di sisi barat laut kota Batu.

Air terjun ini berada pada ketinggian 1.025 meter di atas permukaan laut, dengan ketinggian sekitar 75 meter dan kemiringan hampir 90 derajat.

 

 

 

Lokasi Coban Rais

 

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Coban Rais ini, lokasi wisata ini berada di dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Saat berkunjung kamu ke Coban Rais, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi tentunya harus terlebih dahulu menuju ke Kota Batu.

Jarak lokasi wisata dengan Kota Batu hanya sekitar 7 km dengan waktu tempuh tidak lebih dari 30 menit.

Rute yang harus ditempuh untuk menuju Coban Rais ini, kamu bisa mengambil jalan TVRI desa Oro-oro Ombo Kota Batu, kemudian selanjutnya mengikuti jalan aspal hingga menuju pintu masuk wisata Coban Rais.

Sedangkan bagi kamu yang menggunakan jasa angkutan umum, perjalanan bisa dimulai dari terminal Landungsari dan nak angkot BJL yang berwarna kuning.

Jika ada sopir atau kenek yang bertanya tentang tujuanmu, katakana jika kamu mau ke Coban Rais dan jangan bilang ke Batu, karena ada angkot lain berwarna pink yang juga menuju ke terminal Batu.

Tariff angkot BJL dari terminal Landungsari menuju Desa Oro-oro Ombo hanya Rp 4.000. lama waktu tempuh yang dibutuhkan tergantu dari kecepatan angkot.

Tapi rata-rata sekitar 1 jam, karena angkot tersebut juga harus menaik turunkan penumpang yang lain.

Setelah melewati BNS, kamu harus bersiap-siap turun dan begitu sampai di pertigaan Tugu Oro-oro Ombo, minta supir untuk meghentikan kendaraannya.

Dari pertigaan tersebut terdapat petunjuk jalan menuju ke Coban Rais. Tidak jauh dari situ juga terdapat pangkalan ojek yang siap mengantar wisatawan menuju ke tempat tujuan dengan tariff Rp 10.000.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

 

Untuk bisa menikmati wisata air tejun ini cukup murah, yang cukup mahal adalah tiket masuk ke Bukit Bulunya, karena disana banyak terdapat spot selfie kece.

Untuk masuk ke Coban Rais sendiri kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dn biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Sedangkan untuk ke Bukit Bulu Batu Flower Garden, kamu harus membayar sebesar Rp 25.000 dan jasa kamera sebesar Rp 25.000.

Ditambah lagi jika ingin foto selfie, akan dikenakan harga mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 35.000 disetiap spot.

Fasilitas di Coban Rais

 

Di Coban Rais ini tersedia beberpa fasilitas umum seperti kamar mandi dan toilet, jadi kamu tidak perlu khawatir memikirkan ada tidaknya fasilitas tersebut.

Saat berkunjung ke Coban Rais ini, membawa bekal maanan merupakan suatu hal yang disarankan, apabila kamu ingin berlama-lama di sini.

Karena belum ada tempat khusus yang menjual mekanan disini, jadi disarankan untuk membawa perbekalan sendiri dan segala perlengkapan yang dibutuhkan.

Aktivitas di Coban Rais

 

Banyak aktivitas yang sebenarnya bisa kamu lakukan saat berkunjung di Coban Rais ini, dan beberapa diantaranya adalah

Menikmati keindahan air terjun

Sebagai spot utama yang disuguhkan daro pemandangan di Coban Rais ini, menikmati keindahan air terjun dan suasana yang menenangkan adalah sebuah keharusan.

Di sini kamu bisa melihat langsung segarnya air yang turun dan terjun dari sumber mata air yang berada jauh tinggi diatas sana.

Kamu juga bisa menikmati suara gemercik air tersebut sambil memejamkan mata, dan menikmati ketenangan dan kenyamanan yang bisa ditimbulkan dari kegiatan tersebut.

Menikmati keindahan air terjun ini sangat cocok untuk kamu merehatkan sejenak pikiran yang penat akan rutinitas, dan kembali dengan pikiran yang lebih segar.

Berburu spot foto menarik

Selain air terjun yang menjadi tokoh utama di kawasan wisata Coban Rais ini. Ada lagi spot yang saat ini sedang menjadi hits di sosial media.

Yaitu berbagai spot foto keren yang disediakan di sana. Khususnya di Bukit Bulu Batu Flower Garden. Di sini kamu bisa menemukan spot-spot unik untuk berburu foto.

Mulai dari spot panggung I LOVE U, ayunan, bukit flower, hammock, gardu pandang, sepeda gantung, rumah hobbit, skybike, dan masih banyak lainnya.

Spot yang disuguhkan cukup lengkap dan unik, untuk kamu yang suka berfoto, dijamin saat berkunjung ke sini, hasil foto yang dihasilkan tidak akan mengecewakan.

Bercamping

Kawasan Coban Rais ini sangat bagus untuk camping, di sana juga sudah tersedia camping ground atau bumi perkemahan.

Tidak jarang ada komunitas tertentu yang berkemah di sana. Dikarenakan suasananya yang sangat nyaman, cocok sekali untuk menikmati suguhan alam yang luar biasa.

Outbond

Kegiatan outbond menjadi sutau aktivitas yang paling asyik, apalagi untuk kamu yang setiap hari disibukkan dengan berbagai rutinitas pekerjaan di perkotaan, yang tentunya membosankan.

Melakukan kegiatan yang jarang dilakukan seperti outbond ini akan menjadi sebuah moment penghilang penat yang ampuh bersama dengan orang-orang terkasih.

Jam Operasional Coban Rais

 

Kawasan Coban Rais untuk menikmati air terjunnya ini tidak memiliki jam operasional tetapnya. Sehingga kamu bisa mengunjungi air terjunnya kapan saja.

Karena akan selalu buka setiap hari dan selama 24 jam. Namun, dengan kepentingan keamanan dan keselamatan, disarankan untuk tidak mengunjungi kawasan wisata ini bila hari sudah menjelang petang.

Kesimpulan

 

Kawasan wisata Coban Rais memang menyuguhkan sebuah pemandangan yang begitu menghipnotis dan suasana yang begitu membuat nyaman sehingga tidak ingin pulang.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang