Candi Cetho

Destinasi Solo Tiket Masuk Rp15,000 Adventure Level

Sejarah Singkat

Candi Cetho, sebuah candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, menawarkan pesona sejarah dan alam yang memukau. Dibangun pada abad ke-15, candi ini menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Majapahit.

Perkiraan candi ini dibangun sekitar tahun 1452-1470 pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V. Kompleks candi ini ditemukan oleh warga Belanda bernama Van Der Vlis pada tahun 1842. Dan hingga saat ini, Candi Cetho merupakan hasil pemugaran pada tahun 1970.

Candi Cetho memiliki keunikan tersendiri dibandingkan candi-candi Hindu lainnya di Jawa. Keunikan tersebut terletak pada arsitekturnya yang memadukan unsur budaya Hindu dan lokal. Hal ini terlihat dari bentuk teras berundak yang menyerupai gunung, relief-relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat Jawa, dan penggunaan batu andesit yang khas.

Candi Cetho juga memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi umat Hindu. Candi ini diyakini sebagai tempat untuk melakukan ritual keagamaan dan meditasi. Selain itu, Candi Cetho juga menjadi tempat wisata yang populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daya Tarik Wisata

Tempat ini bukan sekedar objek bersejarah, tetapi Candi Cetho masih digunakan oleh umat Hindu untuk beribadah. Sehingga diharapkan mematuhi peraturan yang ada. Daerah Candi Cetho sering terdapat kabut, hal ini menambah suasana Candi Cetho semakin sejuk dan dingin.

Jika wisatawan ingin memasuki Candi Cetho, mereka harus menggunakan kain yang sudah disediakan petugas. Wisatawan cukup membayar sukarela atas kain yang dipinjamkan.

Candi Cetho masih sangat terjaga dibuktikan dengan beberapa relief masih terlukis jelas. Terdapat beberapa penginapan di sepanjang jalur menuju Candi Cetho karena di daerah sini merupakan jalur pendakian menuju Gunung Lawu.

Tips Berkunjung

Jika ingin menuju Candi Cetho pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi terbaik, karena jalan menuju Candi Cetho tidaklah mudah dan perlu usaha lebih. Jika tidak, wisatawan dapat menyewa jasa jeep yang berada di bawah Candi Cetho. Tetapi usaha tersebut akan terbayarkan setelah sampai di Candi Cetho.

Wisatawan dapat menyewa jasa fotografer lokal, karena mereka mengetahui tempat-tempat terbaik untuk mengambil foto. Candi Cetho tempat yang cocok untuk menikmati sunset apabila cuaca sedang cerah. Siapkan perbekalan yang cukup karena jalan Candi Cetho sangat menanjak dan melelahkan.

Lokasi Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi Cetho terletak di kaki Gunung Lawu, dimana Candi Cetho juga dekat dengan pos pendakian Gunung Lawu via Cetho.

 

Tiket Masuk Candi Cetho

Harga tiket masuk ke Candi Cetho sebesar Rp.15.000,00 untuk wisatawan lokal, dan Rp.50.000,00 untuk wisatawan asing.

Fasilitas di Candi Cetho

Candi Cetho merupakan bangunan candi yang bentuknya bertingkat atau sebutannya punden berundak. Terdapat 11 tingkatan (sebelumnya 13) setelah pemugaran pada tahun 1978, dimana tiap tingkatan/teras memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Kalian dapat melihat papan informasi yang ada jika penasaran akan sejarah Candi Cetho.

Wisatawan yang memasuki Candi Cetho diharuskan mengenakan kain yang sudah disediakan oleh petugas, para wisatawan hanya perlu membayar secara sukarela untuk kain ini.

Di Candi Cetho sendiri terdapat fotografer lokal yang dapat disewa jasanya untuk mengabadikan moment kalian. Mereka juga mengetahui beberapa spot foto yang bagus untuk mengambil gambar kalian.

 

Aktivitas di Candi Cetho

Wisatawan dapat menikmati suasana candi yang berbentuk tingkatan yang masih terawat dengan baik, jika turun kabut suasana menjadi lebih sejuk dan dingin. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sekitar Candi Cetho yang terdapat perkebunan penduduk.

Candi Cetho terletak di dataran tinggi, yang artinya wisatawan harus menaiki perbukitan yang bertingkat-tingkat yang pemandangannya sangat sejuk khas dataran tinggi seperti Dieng. Selain itu karena di tempat yang tinggi, Candi Cetho merupakan tempat yang pas untuk menikmati sunset apabila suasana tidak berkabut tebal.

Jika kalian beruntung, kalian dapat melihat proses peribadatan umat Hindu di Candi Cetho ini. Karena bangunan bersejarah ini masih difungsikan sebagai tempat peribadatan oleh umat Hindu baik dari sekitar Candi Cetho maupun dari luar wilayah seperti dari Bali.

Jam Operasional 

Candi Cetho buka setiap hari dari hari senin sampai hari minggu dengan jam operasional pukul 07.30 - 16.30 WIB.

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Solo