Jatim Park 2

Destinasi Malang Tiket Masuk Rp120.000 Adventure Level

Salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang menarik dan wajib kamu kunjungi yakni Jatim Park 2. Jawa Timur Park 2 atau Jatim Park 2 merupakan tempat wisata edukasi yang menawarkan berbagai wahana menyenangkan untuk dicoba.

Bahkan, di tempat wisata ini tidak kurang ada 35 wahana yang bisa kamu kunjungi dan nikmati saat berlibur ke sini.

Berbeda dengan Jatim Park 1 yang menggunakan konsep hiburan, Jatim Park 2 lebih menggunakan konsep edukasi, belajar ilmu alam, biologi serta pembelajaran satwa alam yang desain dengan latar belakang sesuai habitatnya.

Hal ini terbukti dengan 3 zona utama yang berada di dalamnya, yakni Secret Zoo, Eco Green Park, dan Museum Satwa.

Di tempat ini kamu bisa menikmati wisata edukasi yang menyenangkan dan tidak membosankan, bahkan cenderung membuatmu merasakan pengalaman baru yang berkesan.

Pelayanan di Jatim Park 2 ini juga begitu prima, bagi wisatawan yang tidak mampu berjalan jauh, di sini kamu menggunakan e-bike untuk membantu berkeliling di sejumlah wahana yang ada.

 

Sejarah Jatim Park 2

Menempati lahan seluas 2 hektar, meski merupakan pengembangan dari Jatim Park 1, tapi konsep yang diusung Jatim Park 2 sedikit berbeda yaitu lebih menitik beratkan pada konsep eduwisata terutama tentang lingkungan dan ilmu pengetahuan alam.

Karena itulah, untuk membangun konten – konten yang ada di Jatim Park 2, pihak Jatim Park Group menggandeng Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bahkan Jatim Park Group juga bekerja sama secara resmi dengan LIP (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk menyesuaikan sistem pengumpulan dan pengelolaan data dari koleksi flora dan fauna yang ada di masing-masing taman.

Meski sudah dibangun sejak tahun 2008 dan diresmikan serta di buka untuk umum pada tahun 2010 oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, tapi upaya pengembangan Jatim Park 2 masih terus dilakukan hingga sekarang.

Salah satunya adalah rencana pembangunan infrastruktur transportasi, untuk meningkatkan kualitas layanan.

Jenis transportasi yang akan dibangun tersebut berupa kereta monorail yang menghubungkan ketiga objek wisata yang ada di Jatim Park 2 dan objek wisata lainnya yang berada di bawah manajemen Jatim Park Group.

Karena sisi pelayanan itulah yang menjadi modal utama dari Jatim Park Group sehingga bisa sukses dalam mengembangkan 12 objek wisata dan 4 hotel serta resort di Jawa Timur.

Dengan pelayanan prima yang diberikan itulah sejumlah penghargaan bisa diraih oleh Jatim Park 2. Di antaranya adalah terpilihnya Batu Secret Zoo sebagai Kebun Binatang Terbaik Se-Asia pada tahun 2014 versi Tripadvisor.

Kemudian Situs Tujuan Wisata Terbaik Se-Asia tahun 2015, dan meraih Certificate of Excellence Service di tahun 2016.

Lokasi Jatim Park 2

Lokasi Jatim Park 2 dekat dengan Wisata Jatim Park 1 dan Wisata BNS, yaitu di Oro-Oro Ombo No 9 Kota Batu, berada kurang lebih 20 km barat Kota Malang. Jatim Park saat ini menjadi salah satu ikon wisata Jawa Timur.

Rute menuju Jatim Park 2 dari Surabaya, Malang Kota, Kediri, Jombang atau Blitar sangatlah mudah. Karena kota Batu terletak di jalan utama perbatasan Malang – Kediri atau Malang – Jombang.

 

Harga Tiket Masuk Jatim Park 2

Hari

Harga Tiket Masuk

Weekday Museum satwa dan secret zoo

Rp75.000

Weekday Museum satwa, secret zoo dan eco green park

Rp95.000

Weekend Museum satwa dan secret zoo

Rp105.000

Weekend Museum satwa, secret zoo dan eco green park

Rp125.000

 

Promo Tiket Masuk Jatim Park 2

Promo Tiket

Harga Tiket Masuk

Ketentuan

Buy 10 Get 1 Free Sesuai stkamur Hanya berlaku untuk sekolah yang membeli ketika event Edufan Fest Jawa Pos di Grand Atrium Pakuwon Mall

Berlaku mulai 20-23 September 2028

3. Wajib menggunakan KTP dan kartu guru

Promo BNI Diskon 20% Hanya berlaku untuk hari reguler Senin-Minggu, namun tidak untuk hari libur nasional

2. Berlaku mulai 5 Mei 2015- 31 Maret 2019

Promo Mandiri Diskon 25% Berlaku setelah melakukan transaksi minimal Rp. 300.000

Hanya berlaku untuk hari reguler Senin-Minggu, namun tidak untuk hari libur nasional

3. Berlaku mulai 5 Mei 2015- 31 Maret 2019

 

 

Fasilitas di Jatim Park 2

Dengan harga tiket masuk Jatim Park 2 yang lumayan, pihak pengelola tidak hanya mementingkan wahananya saja yang lengkap, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan yakni:

Rumah makan di sekitar area Secret Zoo dan Eco Green Park, bisa kamu gunakan untuk menikmati sajian kuliner khas nusantara.

Area parkir sangat luas, jadi jika kamu berkunjung ke sini dengan menggunakan kendaraan bermuatan banyak, tidak perlu khawatir kesusahan mencari parkir.

Toilet yang bersih dan dapat ditemukan di beberapa titik, sehingga kamu tidak akan kesulitan mencarinya, meski kamu sedang berada di zona yang cukup jauh.

Mushola, di sini bagi pengunjung yang beragama Islam juga akan dengan mudah melakukan ibadahnya, sehingga tidak terburu-buru dikejar waktu untuk mencari tempat ibadah.

Untuk pengunjung yang ingin menghabiskan malam setelah mengunjungi wisata BNS bisa menginap di Tree Inn Hotel atau Hotel Pohon INN.

Hotel unik yang mempunyai bentuk bangunan seperti sebuah pohon raksasa. Jadi akan sangat berkesan bagi wisatawan.

Hotel Pohon Inn tersedia berbagai sarana, di antaranya kamarnya ada 28 superior , 35 deluxe, 8 eksekutif yang dilengkapi dengan jungle fast food “Restauran Berputar” dengan suasana satwa hutan.

Kemudian ada dua executive meeting rooms, free hot spot internet access, free parking, dan drug store. Hotel ini memang di bangun untuk melengkapi konsep dari wisata Jatim Park 2 Batu Malang.

 

Aktivitas di Jatim Park 2

Ada beberapa wahana menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Jatim Park 2 ini, beberapa di antaranya adalah:

Batu Secret Zoo

Mengusung konsep Kebun Binatang Modern, zona Batu Secret Zoo ini akan membuat pengunjung yang sering melihat berbagai macam satwa di kebun binatang lain, dijamin tidak akan bosan saat berada di sini.

Kebun binatang ala Jatim Park 2 ini tidak hanya memamerkan koleksi berbagai jenis binatang yang menarik dan langka, tapi juga melakukan penataan area pedestrian yang unik, bersih dan nyaman.

Dilengkapi dengan area Fantasy Land dan Adventure yang berisi berbagai macam wahana bermain anak-anak bernuansa modern.

Di sini kamu tidak hanya sekedar menyaksikan tingkah pola binatang yang menarik, tapi juga bisa mempelajari seluruh binatang yang menjadi koleksi dengan membaca informasi masing-masing binatang melalui papan edukasi yang tersedia.

Batu Secret Zoo ini bahkan konon lebih bagus dan lebih menarik dibanding Singapore Zoo. Memiliki 6 area yang masing-masing menempati lahan yang cukup luas dan memiliki koleksi binatang mulai dari belasan hingga puluhan jenis.

Beberapa area yang ada di Batu Secret Zoo antara lain area reptil, area aquarium, area savana, area pasar afrika, area fantasy land dan adventure land, dan area tiger land.

Setiap area memiliki aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan dan pastinya tidak akan membosankan, karena selain banyak pilihan, beragam aktivitasnya pun menarik dan membuatmu memiliki pengalaman baru yang berkesan.

Museum Satwa

Museum satwa ini akan mengingatkanmu dengan latar belakang film Night at The Museum. Karena bagian depan gedung yang ditempati museum ini mirip dengan gedung museum yang ada di film tersebut, dengan bentuk menyerupai istana Presiden Amerika, Gedung Putih.

Tidak hanya bagian luarnya saja, tapi juga bagian dalamnya dengan patung replika kerangka Tyranosaurus yang tinggi dan besar, Trceraptoe dan beberapa dinosaurus lainnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Diorama fosil binatang purba ini menarik untuk dilihat karena ditata sedemikian artistik dengan landscape sinar rembulan.

Berdekatan dengan replika fosil binatang purba, bisa kamu jumpai juga sebuah sangkar burung berukuran raksasa yang di dalamnya berisi taman beserta beberapa ekor burung yang telah diawetkan.

Tidak hanya kedua objek itu saja yang bisa kamu nikmati, tapi masih banyak lagi objek lainnya dalam bentuk diorama yang memiliki ukuran sesuai dengan aslinya saat kamu berkunjung ke zona museum satwa ini.

Eco Green Park

Menempati area seluas 5 hektar, Eco Green Park menyuguhkan nilai-nilai edukasi dalam mengenalkan budaya nusantara dan menanamkan rasa cinta terhadap alam dan lingkungan, melalui upaya go green atau pelestarian alam.

Karena itu Eco Green Park ini sangat cocok untuk dijadikan objek study tour bagi rombongan pelajar, sekaligus menarik untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Di zona ini terdapat sebanyak 35 wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola, beberapa di antaranya miniature candi, insectarium, music plaza, eco journey, animal farm, hydroponic, world of parrot, duck kingdom, jungle adventure, rumah terbalik, dome multimedia, dan water track.

Jam Operasional Jatim Park 2

Jika ingin datang ke tempat wisata di Malang ini, maka bisa datang setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WIB. Dan khusus Eco Green Park tutup pukul 16.00 WIB.

 

Kesimpulan

Setelah mengetahui informasi lengkap beserta keseruannya, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Jatim Park 2 ini, bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar liburanmu menjadi liburan seru yang semakin berkesan.

Pertama, jika kamu ingin berkunjung ke Jatim Park 2, pastikan berkunjung lebih awal. Dan jika ingin menginap, maka lakukan reservasi secara awal atau datang lebih awal.

Karena biasanya jika kamu datang di akhiran maka sudah banyak yang memakainya atau bahkan penuh.

Kemudian, karena Eco Green tutup lebih awal, maka objek tersebut disarankan untuk dikunjungi pertama kali sebelum mengunjungi tempat wisata lainnya.

Dan yang terakhir, saat berkunjung ke Jatim Park 2 ini jangan lupa untuk selalu awasi terus anak agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, dan jangan lupa, pastikan kamu datang bersama keluarga atau teman agar liburan semakin menyenangkan.

Selamat berlibur.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang