Kawah Ijen

Destinasi Malang Tiket Masuk Rp10,000 Adventure Level

Pernahkah kamu mendengar tentang Kawah Ijen? Sebuah kawah vulkanik yang terletak di Gunung Ijen, Jawa Timur, terkenal dengan fenomena alamnya yang luar biasa: api biru. Api biru ini muncul di malam hari, menari-nari di sekitar kawah, menciptakan pemandangan yang mistis dan memesona.

Bagi para penjelajah alam, mendaki Gunung Ijen dan menyaksikan api biru adalah pengalaman yang tak terlupakan. Mendaki di malam hari, ditemani cahaya bulan dan bintang, dan disuguhkan pemandangan api biru yang magis, adalah sensasi yang tak tergantikan. 

Namun, Kawah Ijen bukan hanya tentang api biru. Di siang hari, kawah ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indah. Danau kawah berwarna hijau toska, dikelilingi oleh tebing-tebing curam, menciptakan panorama yang menakjubkan. Ditambah lagi, aktivitas para penambang belerang yang bekerja di kawah, menambah daya tarik dan keunikan Kawah Ijen.

 

Daya Tarik Kawah Ijen

Fenomena Api Biru: Keunikan utama Kawah Ijen terletak pada fenomena Api Biru, sebuah fenomena alam langka yang hanya ada dua di dunia. Api Biru muncul di malam hari, di mana gas belerang yang terbakar menghasilkan api berwarna biru yang menawan. Pengalaman melihat Api Biru di tengah malam akan menjadi momen tak terlupakan bagi para wisatawan.

Solfana Kawah yang Unik: Kawah Ijen juga memiliki solfatara, area di sekitar kawah yang kaya akan gas belerang. Solfatara menghasilkan asap belerang yang tebal dan beracun, namun juga menciptakan pemandangan yang unik dan menarik. Pengunjung dapat melihat gumpalan asap belerang berwarna kuning dan putih yang mengepul di sekitar kawah, menghasilkan suasana yang magis dan misterius.

Pengalaman Wisata Petualangan: Pendakian Gunung Ijen untuk mencapai kawah merupakan bagian dari daya tarik wisata petualangan. Pengunjung dapat merasakan sensasi mendaki gunung di malam hari, ditemani cahaya bulan dan bintang. Pemandangan matahari terbit dari puncak gunung juga menjadi salah satu momen yang dinanti-nantikan oleh para pendaki.

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Tempat Istirahat
  • Jalur Pendakian yang Baik
  • Pos Pengamatan
  • Camping Ground
  • Ojek dan Jeep
  • Jasa Pemandu Perjalanan

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Kawah Ijen

Harga tiket masuk Kawah Ijen terbagi menjadi dua kategori, yaitu wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk wisatawan lokal, harga tiket masuk di hari biasa adalah Rp 5.000, sedangkan di hari libur naik menjadi Rp 7.500. Sementara itu, wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 100.000 di hari biasa dan Rp 150.000 di hari libur.

Fasilitas

Bagi kamu yang ingin menjelajahi Kawah Ijen, tersedia berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisata kamu. Jalur pendakian yang cukup baik dengan jarak sekitar 3 kilometer dan waktu tempuh 2-3 jam, dilengkapi dengan tangga dan penerangan, memudahkan pendakian di malam hari untuk melihat api biru. Pos pengamatan di sekitar kawah memungkinkan kamu menikmati pemandangan kawah belerang yang luas dan aktivitas penambangan belerang. Di sana, kamu juga akan menemukan warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan.

Fasilitas toilet dan tempat istirahat tersedia di beberapa titik di sepanjang jalur pendakian dan di sekitar kawah. Camping ground yang luas dan nyaman pun tersedia bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman bermalam di bawah bintang-bintang. Bagi kamu yang tidak ingin mendaki, tersedia ojek dan jeep yang dapat mengantarkan kamu ke Paltuding, pos terakhir sebelum pendakian ke puncak. Kawah Ijen siap menyambut kamu dengan berbagai fasilitas yang tersedia untuk menikmati pesona mistis api biru dan keindahan alam yang memukau.

 

Aktivitas

Menikmati Pemandangan Kawah Hijau Tosca

Salah satu aktivitas favorit wisatawan di Kawah Ijen Banyuwangi adalah Menikmati Pemandangan Kawah Hijau Tosca. Keindahan kawah ini begitu memukau dengan airnya yang berwarna hijau tosca dan dikelilingi oleh tebing-tebing belerang berwarna kuning. Pemandangan ini semakin sempurna dengan asap belerang yang mengepul di sekitar kawah, menciptakan suasana yang magis dan unik.

Mendaki dengan Jalur yang Lebih Menantang

Bagi para pendaki yang menginginkan tantangan lebih, Kawah Ijen menawarkan jalur pendakian alternatif yang lebih menantang dibandingkan jalur Paltuding yang biasa dilalui. Jalur ini menawarkan medan yang lebih terjal dengan tanjakan curam dan bebatuan terjal, memberikan sensasi pendakian yang lebih seru dan memacu adrenalin. Meskipun lebih menantang, jalur ini tetap aman dilalui dengan persiapan yang matang.

Menikmati Pemandangan Sunrise yang Indah

Di antara berbagai aktivitas menarik di Kawah Ijen Banyuwangi, menikmati pemandangan sunrise adalah salah satu yang paling diminati. Pendakian dimulai dini hari, sekitar pukul 1 atau 2 pagi, untuk mencapai puncak sebelum matahari terbit. Perjalanan mendaki di malam hari ditemani udara dingin dan pemandangan langit yang penuh bintang, menambah atmosfer magis pendakian.

Jam Operasional

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Kawah Ijen, kamu perlu memperhatikan jam operasionalnya. Pintu Pos Paltuding, pintu masuk utama pendakian Kawah Ijen, buka 24 jam, 7 hari seminggu. Pendakian ke Kawah Ijen diizinkan mulai pukul 02.00 WIB hingga 12.00 WIB. Jika kamu ingin melihat fenomena api biru yang ikonik, waktu terbaik untuk mendaki adalah antara pukul 01.00 hingga 04.00 WIB. 

Perlu diingat bahwa jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung pada kondisi cuaca dan aktivitas vulkanik Gunung Ijen. Pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, sebelum berwisata ke Kawah Ijen, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik. Gunakan pakaian yang hangat dan nyaman, bawalah masker dan senter, serta siapkan fisik yang prima karena pendakian ke Kawah Ijen cukup melelahkan. 

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Malang