Masjid Tiban Turen Malang

Destinasi Malang Tiket Masuk Rp5,000 Adventure Level

Masjid Tiban Turen Malang - Masjid merupakan tempat peribadatan umat beragama muslim yang biasa di sebut rumah Allah untuk beribadah kepada-Nya. Dengan melaksanakan iabdah seperti solat lima waktu dan solat sunnah lainnya biasanya umat beragam muslim juga melengkapi fasiltas pendukung agar jamaah yang melaksanakan ibadah dapat nyaman dan khusyuk dalam menjalankan kewajibannya.

 

Seperti daerah lainnya Malang yang kerap di sapa kota terdingin ini memiliki masjid yang memiliki keunikan dalam design bangunannya dan tak jarang pengunjung berbondong-bondong untuk datang dan beribadah di salah satu masjid ini.

 

Masjid yang terkenal dengan aritekturnya dan ornamen masjid yang merupakan perpaduan gaya timur tengah, india, eropa dan tionghoa ini biasa disebut dengan Masjid Tiban Turen karena nama tiban sendiri diambil dari bahasa jawa yang berarti “jatuh” dan diartikan lagi karena masjid ini tiba-tiba ada tanpa masyarakat Turen tahu proses pembangunannya. Wah makin penasaran ni, yuk simak dibawah.

 

Sejarah

Masjid Tiban Turen Malang ini kabarnya memicu polemik masyarakat setempat dikarena masjid ini muncul secara tiba-tiba dan masyakarakat mempercayai bahwa masjid tersebut di bangun dengan bantuan jin dalam waktu semalam. Dan cerita tersebut langsung tersebar cepat hingga masyarakat luar daerah dan semua sebutan dari masjid ini menunjuk pada kabar angin adanya kekuatan gaib dalam proses pembangunan Masjid Tiban Turen.

 

Masjid ini sebenarnya milik Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah atau biasa disebut Bi Ba’a Fadlrah yang diasuh oleh K.H. Ahmad Bahru Mafdlauddin Shaleh. Pondok pesantren ini di bangun masjid ini dirintis pada tahun 1963 oleh Romo Kyai Ahmad, dan wialyah turen dipilih karena atas pertimbangannya yang telah melakukan solat istikharah. Dan kemudian pada tahun 1987, masjid ini barulah mulai dibangun secara bertahap hingga memasuki tahun 1992. Walaupun pembangunan ini belum memiliki surat izin mendirikan bangunan tetapi oleh santri putra diteruskan.

 

Desas-desus masyarakat setempat dengan isu masjid ini dibangun sangat cepat padahal tidak, dengan kenyataan sebenarnya masjid ini dibangun karena tertutup oleh pohon kelapa yang menjulang sangat tinggi dan rimbun sehingga proses pembangunannya tidak terlihat oleh mata telanjang.

 

Keunikan dari masjid ini memiliki 10 lantai yang sangat tinggi dan pastinya memiliki kegunaan masing-masing seperti halnya lantai 1-4 digunakan untuk tempat ibadah dan kegiatan harian para santri, kemudian lantai 5-6 terdapat ruang keluarga atau aula, lalu di lantai 7-8 digunakan sebagai pertokoan yang menjual kebutuhan para santri dan dikelola langsung oleh santriwati. Dan sisanya lantai 9 masih pada tahap finishing dan sementara untuk lantai 10 digunakan sebagai roof top yang saat ini dijadikan tempat atau spot selfie oleh para pengunjung yang datang. dan untuk memudahkan mobilitas kamu, disini juga tersedia nya lift atau tangga.

 

Fungsi Masjid

Masjid Tiban Turen yang sangat megah ini memiliki banyak fungsi loh dari semua kalangan dapat menggunakan masjid ini sebagai media untuk belajar hingga peribadatan. seperti : 

  • Tempat beribadah
  • Tempat pendidikan
  • Tempat pembinaan jenazah
  • Pusat dakwah dan kebudayaan
  • Pusat kaderisasi umat
  • Tempat berkumpul
  • Media pariwisata halal

 

Fasilitas masjid

Untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi pengunjung berbagau fasilitas juga disediakan seperti halnya 

  • Area parkir yang luas.
  • Toilet dan kamar mandi yang bersih dan representatif.
  • Ruang ibadah utama yang luas dan indah.
  • Toko-toko yang menjual barang kebutuhan harian dan suvenir.
  • Warung-warung penjaja makanan dan minuman.
  • Spot foto yang aesthetic.

Lokasi

Masjid Tiban Turen terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia yang beralamat di Jl. Anggur No.7, Sananrejo, Kec. Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65175, Indonesia.

 

Tiket

Tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi Masjid Tiban. Pengunjung biasanya hanya diminta untuk menjaga kebersihan dan kesopanan selama berada di area masjid. Namun, kebijakan ini bisa berubah, jadi sebaiknya periksa informasi terbaru atau hubungi pihak pengelola masjid sebelum berkunjung.

Fasilitas

Ruang Sholat: Tersedia ruang sholat yang luas dan nyaman di masjid utama dan beberapa bangunan lain.
Toilet: Toilet yang bersih dan terawat tersedia di beberapa titik di area masjid.
Tempat Wudhu: Tempat wudhu yang luas dan mudah diakses tersedia di beberapa titik di area masjid.
Area Parkir: Area parkir yang luas dan memadai untuk menampung kendaraan pengunjung.
Toko Souvenir: Tersedia toko souvenir yang menjual berbagai macam cenderamata khas Malang.

 

Aktivitas

Kajian Islam: Kajian Islam rutin diadakan di masjid ini dengan menghadirkan berbagai penceramah ternama.
Pengajian Al-Quran: Pengajian Al-Quran diadakan untuk anak-anak dan dewasa.
Kegiatan Sosial: Masjid ini sering mengadakan kegiatan sosial, seperti pembagian sembako dan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Jam Operasional

Masjid Tiban di Turen, Malang, biasanya buka untuk umum setiap hari. Jam operasional umumnya adalah dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Masjid ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata religi, jadi sebaiknya periksa informasi terbaru atau hubungi pengelola masjid untuk memastikan jam operasional yang tepat sebelum berkunjung.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Malang