Pantai Tiga Warna

Destinasi Malang Tiket Masuk Rp15.000 Adventure Level

Indonesia memang kayak akan wisata keindahan alam dan baharinya. Salah satu wisata alam yang terkenal adalah wisata pantai.

Pantai-pantai banyak tersebar diseluruh pulau di Indonesia, dan selama ini yang paling terkenal terletak di Bali dan Lombok.

Tapi, siapa sangka jika di pulau Jawa juga terdapat daerah dengan potensi wisata pantai yang sangat besar, yaitu Malang.

Malang memiliki berbagai macam pantai yang tidak kalah indahnya dengan Bali dan Lombok. Contohnya adalah Pantai Tiga Warna yang memang sudah cukup terkenal.

Pantai Tiga Warna ini bisa mencuri hati para wisatawan tidak terlepas dari keunikan yang dimiliki pantai ini.

Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna memiliki 3 warna air yang berbeda sesuai dengan kedalamannya.

Saat berkunjung ke pantai ini, kamu akan disuguhkan dengan perpaduan tiga warna di satu pantai yang sangat cantik. Menarik bukan?

Sejarah Pantai Tiga Warna

 

Pantai Tiga Warna ini resmi dibuka untuk kawasan wisata pada tahun 2014. Hingga saat ini pantai ini sudah dikelola dengan sangat baik.

Seperti namnya, pantai ini memiliki 3 warna yang berbeda, yaitu perpaduan warna merah, hijau dan biru. Untuk warna merah yang berada di Pantai Tiga Warna ini dikarenakan oleh adanya pembiasan cahaya matahari.

Seperti yang diketahui, cahaya matahari terdiri dari 7 warna yang berbeda. Masing-masing warna mempunyai panjang gelombang yang berbeda pula.

Semakin panjang gelombang, maka semakin kecil pula kekuatan warna untuk menembus air, begitu juga sebaliknya.

Oleh sebab itu, warna merah di Pantai Tiga Warna ini hanya berada di kedalaman yang tidak lebih dari 20 meter.

Selain warna merah, di Pantai Tiga Warna terdapat warna hijau. Warna hijau ini disebabkan oleh beberapa hal seperti lumpur dasar laut hingga plankton-plankton dalam jumlah yang besar.

Kemudian warna terakhir, adalah warna biru. Warna biru ini seperti yang diketahui merupakan warna yang menjadi warna laut biasanya.

 

 

 

Lokasi Pantai Tiga Warna

 

Pantai Tiga Warna berlokasi di Desa Tambak Rejo, tepatnya di wilayah konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Untuk masuk ke kawasan Pantai ini harus seizin Clungup Mangrove Coservation, karena Pantai ini terletak di dalam wilayah konservasi.

Kamu bisa melakukan reservasi terlebih dahulu ke pihak pengelola atau petugas konservasi dengan menghubungi  0812-3333-9889.

Untuk menuju ke Pantai Tiga Warna, kamu harus melalui rute ke Pantai Goa Cina. Rute ini merupakan rute yang paling sering digunakan wisatawan.

Dari kota Malang, ambil jalan ke arah Gadang, lalu ke Turen. Kemudian ikuti jalan yang menuju ke Pantai Sendang Biru.

Setelah kira-kira 2 jam, kamu akan melihat persimpangan ke dua Pantai, Goa Cina dan Sendang Biru.

Kemudian ambil jalan ke Pantai Goa Cina, kemudian ikuti jalan yang lurus hingga 2 kilometer sampai di sebuah persimpangan. Kemudian belok kiri ke Tempat Pelelangan Ikan atau TPI.

Nantinya kamu akan memasuki perkampungan Warna dan di sini ambillah jalan ke Clungup Mangrove Conservation, sebelum bank BRI.

Jadi untuk sampai ke Pantai Tiga Warna, patokannya adalah kamu harus lewat Pantai Clungup dan Clungup Mangrove Conservation. Nah, di daerah Clungup Mangrove Conservation ini kamu sudah bisa melihat pintu masuk ke kawasan Pantai Tiga Warna.

Dari daerah konservasi ini, jalannya agak sempit yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Mobil harus diparkir terlebih dahulu di tempat parkir 1 kilometer sebelum Manrove Conservation dan kamu akan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

 

Pantai Tiga Warna ini sudah dikelola dengan baik oleh pengelola, sehingga kamu harus membeli tiket masuk terlebih dahulu jika ingin masuk dan menikmati keindahan alamnya.

Tidak perlu mahal-mahal, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.5000 saja untuk satu orang. Untuk biaya guide, kamu perlu membayar sebesar Rp.100.000 per 10 orang untuk 34 jam. Jadi jika kamu datang sendirian, kamu akan dimasukkan ke kelompok lain.

Nah, uniknya, para wisatawan yang datang dibatasi jumlahnya. Jika kuota wisatawannya sudah penuh, otomatis kamu harus menunggu hingga kelompok yang sudah ada di lokasi kembali terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan Pantai. Jadi kebayang dong betapa bersihnya Pantai yang satu ini.

Sedikit tips, disarankan untuk membawa bekal sendiri karena tidak ada warung di Pantai ini. Lalu jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan karena kamu akan dikenakan denda.

Fasilitas di Pantai Tiga Warna

 

Karena Pantai Tiga Warna ini merupakan kawasan konservasi, tidak banyak fasilitas yang bisa kamu temui di sini.

Kamu hanya bisa menemukan fasilitas umum seperti toilet dan kamar mandi untuk bilas dang anti baju.

Bahkan di sini jika kamu membawa sampah, kamu harus membawa kembali sampahitu bersama denganmu.

Kamu juga tidak diperbolehkan untuk menginap atau camping di Pantai Tiga Wana ini. kamu hanya diperbolehkan untuk mendirikan tenda di pantai lain yang tidak masuk area Pantai Tiga Warna.

Tapi saat kamu di sini kamu wajib menggunakan jasa tour guide. Besaran biayanya adalah Rp 75.000. tour guide ini akan menemanimu dan menjadi teladan kamu selama berada di Pantai Tiga Warna ini.

Nantinya tour guide ini juga akan mengingatkan saat para wisatawan melakukan hal-hal yang bisa merusak kelestarian alam di Pantai Tiga Warna ini.

Aktivitas di Pantai Tiga Warna

 

Saat berkunjung ke Pantai Tiga Warna ini, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, dari bersantai hingga melakukan kegiatan dibawah laut. Lebih lengkapnya sebagai berikut

Menikmati keindahan pantai yang masih sangat asri

Seperti yang disebutkan di atas, untuk masuk saja ada kuota jumlah pengunjungnya. Sudah bisa dipastikan kalau Pantai ini sangat terjaga kebersihannya. Di Pantai ini kamu bisa menikmati pasir yang putih dengan air laut jernih yang memiliki Tiga warna berbeda. Kamu bisa bermain di air yang indah ini di bibir Pantainya.

Berenang

Di Pantai ini para pengunjung bisa berenang. Bahkan kamu juga bisa melakukan snorkeling. Jika tidak membawa alat snorkeling, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp.15.000 per orang.

Selama snorkeling, kamu akan menikmati pemkamungan bawah laut dengan terumbu karang yang indah lengkap dengan biota lautnya.

Tapi tentu yang lebih uniknya lagi adalah menyaksikan Tiga warna berbeda air lautnya. Bahkan dengan mata telanjang sekalipun perbedaan warna air ini terlihat jelas.

Berkemah

Karena harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke sini, tentu sangat disayangkan kalau tidak bermalam di Pantai ini. Para pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda di Pantai Tiga Warna.

Jika lupa membawa tenda pribadimu, kamu bisa menyewanya di lokasi dengan harga Rp.25.000 permalam dan menambah Rp.25.000 lagi untuk sewa lahan.

Trekking

Seperti yang disebutkan tadi, kamu akan dikenakan biaya Rp.100.000 untuk menyewa guide. Nantinya, guide ini akan berguna untuk menuntun kamu penjelajahi kawasan Pantai Tiga Warna dan juga kawasan konservasi hutan mangrove.

Ubur-ubur

Selain itu, di Pantai ini juga terdapat ubur-ubur yang berkeliaran. Jangan lupa mengabadikan biota laut yang satu ini dengan kamera tahan airmu dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena ubur-ubur bisa menyengat.

Jam Operasional Pantai Tiga Warna

 

Dari bulan September tahun 2015 lalu, pengelola Pantai Tiga Warna memberlakkan sebuah sistem libur, sehari dalam seminggu.

Hari yang dipilih adalah hari Kamis. Sehingga jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Tiga Warna ini, jangan memilih hari Kamis.

Kemudian untuk waktu kunjungan sendiri, kamu bisa mengunjungi pantai ini dari pukul 05.00 hingga 14.00 WIB.

Itupun setiap rombongan hanya diberi waktu selama 2 jam untuk menikmati keindahan panorama di Pantai Tiga Warna ini.

Pihak tour guide nantinya akan memngingatkanmu jika waktu kunjungan mu dan rombonganmu akan segera habis.

Kesimpulan

 

Karena jumlah pengunjung yang di batasi, maka kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke Pantai Tiga Warna ini.

Kemudian tentukan waktu kunjungan saat air laut sedang berada dalam kondisi normal, karena pasang surut air laut akan sangat berpengaruh untuk kegiatan snorkeling.

Dengan mengunjungi Pantai Tiga Warna ini selain kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam pemandnagn pantai yang begitu indah dan dikelilingi dengan pegunungan yang cantik dan hijau, kamu juga bisa mandi di Pantai.

Mandi di Pantai Tiga Warna ini memiliki berbagai macam manfaat seperti bisa untuk olahraga, hingga bisa mendapatkan kuliy yang awet muda.

Nah, itu dia keseruan dan keunikan yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung di Pantai Tiga Warna ini. Bagaimana, manarik bukan?

Berlibur di Pantai Tiga Warna ini akan menjadikan liburanmu menjadi sebuah perjalanan yang berkesan dan tidak akan terlupakan.

Jadi, saat kamu berlibur ke Malang, jangan lupa untuk mampir berkunjung di Pantai Tiga Warna ya. Selamat berlibur.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang