Taman Safari Prigen

Destinasi Malang Tiket Masuk Tak Tersedia Adventure Level

Taman Safari Prigen merupakan salah satu dari tiga Taman Safari terbesar yang ada di Indonesia. Kedua Taman Safari lain adalah Bali Safari and Marine Park yang berlokasi di Bali serta Taman Safari Cisarua yang berlokasi di Bogor.

Taman Safari Prigen memiliki luas hingga 350 hektar dan lebih luas dibandingkan kedua taman tersebut.

Taman Safari Prigen memiliki sebutan lain yaitu Taman Safari Indonesia 2. Dinamakan Taman Safari Indonesia Prigen karena Taman Safari ini memiliki kawasan yang berokasi di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Di sini ada banyak aktivitas serta wahana yang bisa kamu nikmati dan kamu coba di Taman Safaro Prigen ini.

Selain melihat-lihat dan berfoto bersama satwa-satwa yang ada, kamu juga bisa menikmati berbagai atraksi dari satwa-satwa yang ada.

Bagi kamu yang ingin melepas lelah dan penat dari segala rutinitas pekerjaan dan harian, bisa juga mencoba zona waterpark serta wahana ekstrim.

Apalagi harga tiket masuk taman safari ini termasuk murah dan sebanding dengan berbagai ramag jenis satwa dan wahana yang bisa kamu nikmati di sini.

Sejarah Taman Safari Prigen

 

Taman Safari Indonesia II (TSI II) di Prigen ini sering juga disebut dengan nama Taman Safari Prigen, taman ini mulai beroperasi pada tahun 1997 serta menempati areal seluas 340 Ha, berada pada ketinggian antara 800 sampai 1.500 dpl dan berhawa sejuk.

Selama berada didalam Taman Safari, pengunjung dapat berkeliling melihat kehidupan berbagai macam satwa, mulai dari satwa yang jinak sampai satwa liar.

Didalam Taman Safari, pengunjung dapat juga melihat berbagai atraksi yang diperankan oleh berbagai satwa, serta terdapat juga tempat untuk bermain anak-anak.

Ketika memasuki area taman satwa, pengunjung diwajibkan untuk menggunakan kendaraan atau pengunjung dapat juga naik kendaraan yang telah disediakan oleh pengelola Taman Safari Indonesia II untuk berkeliling di area taman satwa.

Taman Safari Indonesia II merupakan sebuah sarana hiburan atau rekreasi bagi semua kalangan, sekaligus memberikan wawasan pengetahuan dan pendidikan tentang satwa dan kehidupannya di alam bebas.

Lokasi Taman Safari Prigen

 

Taman Safari ini berlokasi di lereng Gunung Arjuna, Desa Jatirejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur, Pulau Jawa, Indonesia.

Pengunjung yang memilih menggunakan kendaraan umum, dapat menaiki bus kota ke terminal Purabaya. Selanjutnya, dari Purabaya disambung bus ke arah Malang.

Mintalah diturunkan di Prigen depan pintu gerbang yang ada Gading Gajah-nya. Dari gerbang, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan sejauh 6 km lagi dengan ojek yang banyak mangkal di daerah tersebut.

Setelah sampai pengunjung dapat berkeliling melihat satwa dengan bus Safari yang sudah disediakan.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen

 

Terdapat berbagai macam tiket berdasarkan dengan aktivitas & atraksi yang dapat anda beli. Berikut daftar harga tiket Taman Safari Prigen.

Harga Tiket Taman Safari Prigen
Jenis Tiket Hari Biasa Akhir Pekan
Tiket Rusa Anak Rp80.000 Rp105.000
Tiket Rusa Dewasa Rp85.000 Rp110.000
Tiket Badak Rp110.000 Rp135.000
Tiket Gajah Rp135.000 Rp160.000
Paket Tabitha Renang Rp 70.000
Paket Tabitha Main Rp 70.000

 

Tiket rusa (Reguler) : sudah termasuk Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 4 Pertunjukan Satwa, Gratis Shuttle Bus Safari, pilih dolphin show atau temple of terror.

Tiket Badak (Terusan) : sudah termasuk Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 6 Pertunjukan Satwa, Gratis Shuttle Bus Safari, 22 wahana Permainan, Safari Water World.

Tiket Gajah : Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 6 Pertunjukan Edukasi Satwa, Gratis Safari Shuttle Bus, 21 Wahana Permainan, Safari Water World, Cinema 6D (Gratis 2 Film).

Paket Tabitha renang termasuk 4 pertunjukan dan safari water world. Paket Tabitha main 4 pertunjukan dan 22 wahana permainan.

Harga tiket masuk Taman Safari Prigen libur lebaran & high season dapat mengalami perubahan. Ada baiknya menghubungi pengelola untuk kunjungan pada saat libur lebaran.

Fasilitas di Taman Safari Prigen

 

Saat berkunjung ke Taman Safari Prigen ini, ada beberapa fasilitas yang tersedia di Taman Safari Prigen yang bisa kamu nikmati sebagai berikut:

  1. Masjid

Taman Safari Prigen menyediakan fasilitas berupa masjid, dimana kamu dapat melaksanakan ibadah solat 5 waktu dengan lebih khusyuk karena bersatu dengan alam.

  1. Camping Ground

Hal ini ditujukan untuk kamu yang hobi camping di alam terbuka. Di sini kamu bisa merasakan pengalaman untuk lebih dekat dengan alam, dengan melakukan camping di camping ground yang disediakan.

  1. Banteng Camp

Membuat jalan-jalan kamu makin istimewa dikarenakan dapat beristirahat di tempat yang murah namun dengan fasilitas yang memadai.

  1. Restoran

Bagi kamu yang mulai lapar selepas menikmati berbagai wahana, Taman Safari Prigen menyediakan beberapa restoran yang menyediakan berbagai menu hidangan lezat seperti Warung Deso atau Tiger Cave.

Aktivitas di Taman Safari Prigen

 

Di Taman Safari ini ada beragam aktivitas, atraksi dan beberapa wahana yang bisa kamu coba, yaitu

Animal Show

Bagi pengunjung yang ingin melihat konsep unik seperti aksi menarik beberapa satwa, maka di Taman Safari inilah tempatnya. Pengunjung dapat melihat pertunjukan harimau, lumba-lumba dan berbagai burung.

Misalnya saja aksi harimau Sumatera yang dapat memanjat pohon setinggi lebih dari 7 meter untuk berburu. Ada juga harimau putih yang dapat melompat ke dalam air dan menangkap umpan. Bagi pengunjung yang ingin berfoto bersama beberapa satwa yang ada, maka hanya membayar sebesar 10.000 rupiah.

Roller Coaster

Roller Coaster adalah salah satu wahana rekreasi di Taman Safari Prigen yang bisa dimainkan. Bagi pengunjung yang ingin mencoba area rekreasi sekaligus ekstrim, maka cobalah zona permainan ini.

Wahananya yang meliuk-liuk serta berada di ketinggian dapat membuat pengunjung berdebar-debar ketika menaikinya. Tentu saja hal tersebut akan menjadi pengalaman tidak terlupakan dalam liburan akhir pekan.

Safari Paintball

Suka permainan seru dan menantang ala film-film perang? Nah, di Taman Safari Prigen ada permainan bernama Safari Paintball yang sangat menantang. Permainan ini dapat dilakukan bersama teman-teman dan tergabung dalam sebuah team.

Sebelum memulai permainan, pengunjung harus memilih beberapa paket permainan. Sebut saja paket 3 on 3 War Games, 5 on 5 War Game atau mencoba permainan Shooting Target.

Safari Adventure

Safari Adventure adalah salah satu aktivitas di Taman Safari Prigen yang sangat populer. Bagaimana tidak? Hampir semua pengunjung yang datang ke sini akan mencoba Safari Adventure.

Alasan itu disebabkan oleh karena wilayah Taman Safari yang terlalu luas sehingga tidak akan mungkin mengelilinginya dengan berjalan. Oleh karena itu, wahana ini menyediakan mobil atau shuttle bus agar dapat melihat satwa secara langsung.

Amusement Park

Tak hanya rekreasi bersama satwa, di kebun binatang ini juga menyajikan area wahana permainan yang luas.

Didalamnya pengunjung dapat mencoba segala jenis zona permainan, misalnya saja Sepeda Layang, Puri Misteri dan Bom Bom Car.

Pengunjung juga bisa menikmati sensasi berbeda di Rio Bravo, Roller Coaster hingga Puri Misteri.

Baby Zoo

Suka dengan satwa-satwa mungil yang menggemaskan? Maka di Baby Zoo-lah pengunjung harus pergi dalam Taman Safari Prigen. Pengunjung dapat mengabadikan momen-momen terbaik bersama beberapa satwa.

Tentu saja satwa yang diperlihatkan adalah bayi-bayi lucu satwa yang menggemaskan. Beberapa diantaranya adalah bayi Orang Utan, bayi Harimau, bayi Buaya, bayi Singa, Penguin Humboldt, dan satwa cantik lainnya.

Safari Water World

Bagi pengunjung yang sudah lelah mengelilingi Taman Safari, dapat mencoba bermain air di Safari Water World. Ada banyak wahana permainan seru dan menarik yang bisa dicoba di sini, misalnya saja Gigantic Water Slide. Ada juga zona-zona permaiann seperti Crocodile Cave Lazy River, Pirate Ship Park dan Angkor Wat.

Penimbangan Gajah

Salah satu diantara satwa yang ada dan dilindungi di kebun binatang ini, diantaranya Gajah Sumatera yang langka. Oleh karena statusnya yang hampir punah, Taman Safari Prigen selalu memonitor kesehatan gajah.

Salah satu diantara cara pemeriksaan itu adalah memonitor berat badan gajah. Pengunjung dapat melihat secara langsung bagaimana gajah-gajah tersebut dituntun oleh keeper ke area penimbangan.

Melihat Sapi Jaliteng

Bagi yang tidak tahu apa itu Sapi Jaliteng, mungkin harus melihat langsung bagaimana sapi tersebut ke sini. Sebagai informasi, Jaliteng adalah salah satu spesies sapi baru hasil persilangan banteng Jawa jantan dan sapi betina Bali. Perkawinan keduanya dilakukan dengan cara inseminasi buatan serta cara tradisional.

Pemuliabiakan satwa ini dilakukan demi menguatkan ketahanan penyakit, meningkatkan produktivitas hingga memperbaiki genetik sapi. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin melihat langsung hasil pembiakan dua spesies hewan tersebut, wajib sekali berkunjung ke sini.

Journey to the Temple of the Terror

Salah satu aktivitas yang wajib dinikmati selama berada di sini adalah pertunjukan Journey to the Temple of the Terror. Pertunjukan ini tak kalah dengan pertunjukan sejenis seperti Water World di Singapura. Pengunjung dapat melihat aksi para tokoh yang profesional serta binatang-binatang yang juga terlatih.

Tidak lupa juga penataan panggung yang tidak biasa juga membuat pertunjukan ini menjadi semakin menarik. Oleh karena itu, jikalau ingin mendapatkan pengalaman rekreasi yang anti-mainstream, maka cobalah ke kebun binatang ini.

Jam Operasional Taman Safari Prigen

 

Jam Buka Taman Safari Prigen
Senin – Jumat 08.30 – 16.30
Sabtu, Minggu & Hari Libur 08:30 – 16:45

 

Kesimpulan

 

Untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan di Taman Safari Prigen ini kamu perlu memastikan beberapa hal sebelumnya, yaitu

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, pastikan bahwa kondisi kendaraan dalam konsidi yang fit, karena jalanan menuju ke lokasi Taman Safari Prigen ini cukup menanjak.

Dan juga karena letak Taman Safari ini berada di pegunungan, kamu harus bisa mengantisipasi apabila suatu hal terjadi nanti.

Selain itu, segala peraturan sudah tercantum di brosur. Brosur ini bisa kamu dapatkan saat pertama kali registrasi.

Taman Safari ini memang menjamin keamanan pengunjung, dengan syarat pengunjung juga menaati semua peraturan yang ada.

Nah, jadi bagaimana, sudah semakin tertarik untuk mengunjungi Taman Safari Prigen ini bukan? Jangan lupa berkunjung saat kamu berlibur ke Malang atau sekitarnya ya. Selamat berlibur.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang